logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Sedang Galau? Coba Santap Makanan Mood Booster untuk Mengembalikan Semangat

open-summary

Dark chocolate dan buah beri merupakan pilihan makanan mood booster yang menyehatkan. Mengonsumsi makanan tersebut secara rutin dipercaya dapat membantu mengurangi kesedihan.


close-summary

17 Mar 2021

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Mengonsumsi makanan mood bosster seperti dark chocolate diklaim dapat meningkatkan suasana hati

Rasa, tekstur, dan aroma cokelat terbukti membuat banyak orang lebih bahagia

Table of Content

  • Pilihan makanan mood booster
  • Catatan dari SehatQ

Banyak cara untuk menghilangkan kesedihan dan kegalauan yang melanda. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah makan. Anda hanya cukup memilih makanan mood booster terbaik untuk dinikmati.

Advertisement

Berbagai sajian kue dengan rasa yang manis memang selalu menjadi pilihan. Makanan tersebut bisa mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik dalam waktu singkat. Sayangnya, kalori berlebih dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, makanan yang dipilih tentu juga harus menyehatkan.

Pilihan makanan mood booster

Sebuah studi menyebutkan, salah satu penyebab perubahan mood yang sangat drastis adalah kurangnya waktu tidur. Meskipun begitu, masih ada hal lain yang sering mengganggu suasana hati Anda, termasuk salah satunya kekurangan nutrisi. 

Jadi, pastikan Anda mendapatkan asupan makanan yang baik untuk mengembalikan kesedihan dan kecemasan yang datang.

Berikut rekomendasi makanan mood booster yang enak dan sehat:

1. Makanan yang mengandung omega-3

Jika menyebut omega-3, nama yang akan sering muncul adalah salmon dan tuna. Dua jenis ikan ini akan memenuhi kebutuhan omega-3 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Meskipun tidak ada takaran yang disarankan, banyak pendapat menyebutkan bahwa Anda membutuhkan 250—500 mg EPA dan DHA per harinya.

Menurut penelitian, omega-3 sangat berperan untuk perkembangan sel otak. Selain itu, mengonsumsi nutrisi ini juga bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengidap depresi. Ikan-ikan yang mengandung lemak ini juga baik sebagai makanan sehat untuk menjaga berat badan.

2. Makanan yang difermentasi

Kimchi dan yogurt merupakan makanan mood booster
Saat perasaan sedang galau, Anda dapat menyantap kimchi, kefir, maupun yogurt

Anda bisa langsung menyantap yogurt saat perasaan sedang galau. Makanan atau minuman yang melalui proses fermentasi akan memiliki bakteri yang akan mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Nantinya, makanan yang difermentasi ini akan mendukung bakteri baik di dalam usus untuk mencerna makanan dan memproduksi serotonin.

Sebanyak 90% serotonin dalam tubuh diproduksi oleh bakteri yang ada di usus. Senyawa ini akan memengaruhi suasana hati, nafsu makan, dorongan seks, hingga kadar stres.

Namun, ada baiknya Anda memilih makanan fermentasi yang benar-benar baik untuk pencernaan. Misalnya kimchi, kefir, tempe, miso, dan asinan sayur. Hindari makanan fermentasi seperti bir, wine, dan beberapa jenis roti karena sudah melalui proses tambahan yang menghilangkan bakteri baik.

3. Dark chocolate

Cokelat juga sangat disenangi karena bisa langsung mengubah mood menjadi lebih baik. Di dalam cokelat terkandung kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine dan sering dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Di samping itu, dark chocolate mengandung flavonoid yang tinggi untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah penelitan juga menyebutkan bahwa rasa, tekstur, dan aroma yang dimiliki oleh cokelat terbukti membuat banyak orang lebih bahagia.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat tinggi dan nutrisi ini bagus untuk kesehatan otak. Salah satunya adalah vitamin B12 yang membantu mengatur suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, jenis makanan ini juga menjadi sumber lemak sehat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi kacang-kacangan juga merupakan makanan diet yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Sebuah studi yang dilakukan kepada 15.980 orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara cukup mampu menurunkan risiko depresi hingga 23%.

5. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, dan edamame, mengandung asam folat yang sangat tinggi. Nutrisi ini bisa membantu metabolisme tubuh untuk meningkatkan kadar serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang penting untuk mood booster. Lebih dari itu, mengonsumsi sayuran juga dipercaya baik untuk menurunkan risiko depresi.

6. Buah beri

Salah satu makanan mood booster adalah buah beri
Buah beri dapat mencegah peradangan tubuh yang memengaruhi gangguan mood

Menyantap makanan dengan antioksidan tinggi juga sering dikaitkan pencegahan depresi secara umum. Sebuah pendapat menyebutkan bahwa antioksidan ini akan mencegah peradangan dalam tubuh yang memengaruhi gangguan mood.

Buah beri berwarna ungu dan biru memiliki kadar antosianin yang sangat tinggi. Kandungan ini juga dipercaya untuk menurunkan risiko depresi hingga 39%. Terlebih lagi, Anda bisa menyantap buah beri dengan berbagai cara, seperti mencampurkannya dalam oatmeal, menambahkan ke dalam susu, atau dimakan langsung.

7. Kopi

Kopi memang selalu dikaitkan dengan mood, khususnya untuk mereka yang ingin memulai hari yang berat. Kandungan yang dianggap sebagai “dewa” dalam secangkir kopi adalah kafein. Senyawa inilah yang membantu melepaskan dopamin dan norepinefrin dalam tubuh sehingga membuat Anda lebih bersemangat.

Namun, jumlah asupan kopi harian juga harus dibatasi. Anda hanya disarankan mengonsumsi 400 ml atau sekitar 2/3 cangkir kopi setiap harinya. Terlalu banyak asupan kafein dalam tubuh juga tidak baik karena akan menimbulkan kecemasan.

Kafein juga bisa menimbulkan efek yang berbeda pada setiap orang. Sebagian orang malah bisa sangat gelisah, mudah tersinggung, hingga sulit tidur jika mengonsumsi kopi. Jika itu juga terjadi pada Anda, sebaiknya hindari kopi sebagai makanan mood booster.

Baca Juga

  • Biasa Ditemukan Dalam Capcay, Ini Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Tubuh
  • Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit
  • Berkenalan dengan Buah Mentega yang Beraroma Tajam Tapi Kaya Manfaat

Catatan dari SehatQ

Setiap orang memiliki makanan mood booster sendiri yang bisa dimanfaatkan saat sedang mengalami kegalauan. Namun, sebaiknya memilih makanan sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan pengubah suasana hati, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehatnutrisimakanan mengandung omega 3

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved