Penyakit seperti diabetes dan naiknya asam lambung bisa membuat mulut terasa pahit
Mulut terasa pahit bisa disebabkan oleh bermacam-macam kondisi, salah satunya mulut kering

Mulut terasa pahit setelah mengonsumsi makanan asam adalah hal yang normal terjadi. Namun, lain cerita jika rasa pahit terus-menerus muncul, tanpa pemicu yang jelas.

Rasa pahit di mulut yang berkelanjutan, disebut juga sebagai dysgeusia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kehamilan, kebersihan rongga mulut yang buruk, hingga sebagai efek konsumsi pengobatan.

Berbagai penyebab mulut terasa pahit

Kenali penyebab mulut terasa pahit, agar bisa menentukan perawatan yang tepat untuk kondisi Anda. Berikut ini, kondisi yang dapat menimbulkan rasa tidak enak di mulut.

Mulut kering bisa menyebabkan mulut terasa pahit

1. Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia disebabkan oleh kurangnya produksi air liur. Penurunan produksi air liur sendiri bisa terjadi sebagai bagian dari proses penuaan, efek samping konsumsi obat-obatan, penyakit autoimun, hingga dampak merokok.

2. Asam lambung naik

Naiknya asam lambung bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Pasalnya, makanan yang telah diolah di lambung, mengandung enzim dan asam untuk pencernaan, sehingga akan terasa pahit apabila terasa di mulut.

3. Masalah gigi

Kondisi rongga mulut yang kurang terawat, bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Tidak hanya itu, jika kesehatan rongga mulut kurang terjaga, maka risiko timbulnya gigi berlubang, infeksi, serta penyakit gusi pun akan meningkat.

Naik turunnya hormon pada masa kehamilan memicu munculnya rasa pahit di lidah

4. Kehamilan

Mulut terasa pahit merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil trimester pertama. Penyebabnya adalah hormon yang cenderung naik-turun selama kehamilan.

5. Menopause

Wanita yang sedang melewati masa menopause, juga dapat merasakan sensasi pahit di mulut. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kadar hormon estrogen di tubuh, yang juga dapat memicu terjadinya burning mouth syndrome. Selain itu, rasa pahit juga bisa muncul karena mulut yang terus-menerus kering.

6. Burning mouth syndrome

Seperti namanya, burning mouth syndrome bisa menyebabkan rongga mulut terasa panas, seperti terbakar. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri di sebagian maupun seluruh rongga mulut. Burning mouth syndrome juga bisa menimbulkan gejala mulut terasa pahit.

7. Infeksi jamur

Infeksi jamur di mulut akan menimbulkan bercak putih pada lidah maupun area rongga mulut lainnya, sehingga dapat timbul rasa pahit di area tersebut.

8. Stres

Stres berat dan gangguan kecemasan, dapat menstimulasi respons stres di tubuh yang seringkali menyebabkan adanya kelainan sensasi pengecapan. Gangguan kecemasan juga bisa menimbulkan mulut kering.

9. Kerusakan saraf

Indera pengecapan, berhubungan langsung dengan saraf yang ada di otak. Sehingga, jika terjadi kerusakan saraf, indra pengecapan juga bisa terpengaruh.

Mulut terasa pahit bisa menjadi salah satu efek konsumsi obat

10. Efek obat

Obat bisa menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya adalah munculnya rasa pahit di mulut. Saat ini, ada cukup banyak jenis obat yang dapat menyebabkan kondisi mulut pahit, di antaranya obat antibiotik seperti ampicilin, tetracycline, metronidazol, makrolida, kuinolon, dan obat jantung, seperti diuretik dan statin.

11. Efek perawatan kanker

Orang yang sedang menjalani perawatan kanker, bisa saja merasakan rasa pahit di mulut saat makan atau minum. Sebab, kemoterapi dan terapi radiasi yang dijalani dapat menimbulkan iritasi di indra pengecap.

12. Penyakit lainnya

Penyakit tertentu seperti infeksi sinus dan flu, bisa disertai dengan munculnya rasa pahit di mulut. Saat terinfeksi, tubuh akan mengeluarkan protein tertentu, yang akan digunakan untuk melawan penyebab infeksi. Protein ini lah yang kemudian akan memberi sensasi pahit di lidah.

Cara mengatasi mulut terasa pahit yang bisa dilakukan sendiri

Untuk mengurangi sekaligus mencegah mulut terasa pahit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Banyak minum air putih. Kebiasaan ini dapat membantu mengurangi mulut kering.
  • Mengunyah permen karet bebas gula, untuk memicu keluarnya air liur
  • Menjaga kesehatan rongga mulut, dengan memeriksakannya ke dokter gigi secara teratur, rutin menyikat gigi, dan berkumur menggunakan larutan kumur yang tepat.
  • Menghindari konsumsi makanan pedas dan berlemak, untuk mencegah naiknya asam lambung
  • Berhenti merokok

Penanganan mulut terasa pahit oleh dokter

Penanganan mulut terasa pahit oleh dokter, dilakukan untuk mengatasi keluhan ini dalam jangka panjang. Pertama, dokter akan menanyakan seputar gejala yang terjadi, melihat riwayat penyakit yang pernah atau sedang diderita, serta obat yang sedang Anda konsumsi.

Dokter juga akan memeriksa kesehatan fisik Anda. Jika terdapat tanda atau gejala penyakit tertentu, seperti diabetes melitus, dokter mungkin akan meminta Anda untuk menjalani tes laboratorium.

Perawatan oleh dokter dapat berbeda bagi setiap pasien, tergantung dari penyebab mulut terasa pahit yang dirasakan, seperti:

  • Pemberian obat antasid, jika penyebabnya adalah kenaikan asam lambung
  • Pemberian obat anti diabetes, seperti metformin, jika penyebabnya adalah diabetes melitus tipe 2
  • Merujuk ke dokter gigi, jika penyebabnya adalah gangguan di rongga mulut
  • Merujuk ke dokter spesialis penyakit dalam, jika penyebabnya penyakit seperti diabetes atau sjorgen syndrome

Setelah mengetahui cara menangani mulut terasa pahit, baik tanpa maupun dengan bantuan dokter, sebaiknya Anda tidak menunda untuk melakukannya. Semoga cepat sembuh!

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321175.php
Diakses pada 5 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/bitter-taste-in-mouth
Diakses pada 5 September 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-causes-sour-taste-in-the-mouth-1742994
Diakses pada 5 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed