Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami
Olahraga bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid yang aman

Mengalami menstruasi yang tidak normal dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan bagi wanita. Mulai dari rasa tidak nyaman ketika haid hingga infertilitas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan cara melancarkan haid secara alami maupun menggunakan obat memperlancar haid dari dokter.

Siklus menstruasi bisa berbeda-beda antara satu wanita dengan yang lain. Seorang wanita bahkan dapat mengalami siklus haid yang berbeda-beda setiap bulannya. 

Menstruasi Anda tergolong tidak normal jika siklus haid kurang dari 24 hari atau lebih dari 38 hari. Selain itu, Anda juga bisa kehilangan lebih banyak atau lebih sedikit darah, sehingga durasi haid pun menjadi tidak beraturan.

Bagaimana cara melancarkan haid secara alami?

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, Anda sebetulnya harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Meski demikian, Anda tetap dapat melakukan cara melancarkan haid secara alami berikut karena langkah-langkah ini cenderung minim efek samping:

1. Olahraga teratur

Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak lancar akibat kegemukan atau mengidap sindrom polikistik ovarium (PCOS), olahraga teratur bisa menjadi salah satu solusinya. Olahraga dan menjaga berat badan ideal dapat membantu menurunkan kadar hormon androgen yang berperan dalam terjadinya PCOS.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat mengurangi gejala dismenorea. Dismenorea adalah kelainan menstruasi berupa nyeri haid yang tak tertahankan. 

2. Melakukan yoga

Olahraga yang dapat dilakukan sebagai cara melancarkan haid secara alami tidak harus olahraga berat. Anda dapat melakukan yoga level pemula atau mengikuti instruksi dari video tutorial yang ada di situs berbagi video, demi membuat tubuh lebih aktif bergerak.

Berdasarkan sebuah penelitian, yoga terbukti dapat melancarkan haid asal dijalankan selama 30-45 menit per hari dan rutin dalam lima hari seminggu, selama enam bulan beruntun.

Yoga juga dapat meredakan nyeri haid dan kelabilan emosi akibat datang bulan. Misalnya, rasa cemas maupun depresi.

3. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Memiliki badan yang terlalu gemuk atau terlampau kurus bukan hanya tidak indah secara estetika, tapi juga menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya gangguan menstruasi.

Jika Anda mencurigai masalah berat badan tersebut sebagai pangkal dari menstruasi tidak teratur, konsultasikan dengan dokter untuk menemukan langkah tepat guna menaikkan atau menurunkan berat badan secara aman.

4. Mengonsumsi jahe, cuka apel, kayu manis, dan nanas 

Cara melancarkan menstruasi secara alami lainnya adalah lewat makanan. Terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mengatasi masalah datang bulan. Contohnya, jahe, cuka apel, nanas, dan kayu manis.

Jahe terbukti dapat mengurangi volume darah yang berlebihan saat Anda menstruasi. Anda sebaiknya mulai rutin mengonsumsi jahe selama tiga hingga empat hari sebelum haid untuk mengurangi nyeri datang bulan, atau tujuh hari sebelum menstruasi untuk meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS).

Sedangkan kayu manis dipercaya mampu melancarkan siklus menstruasi bagi Anda yang terkena PCOS. Rempah ini juga dapat meringankan nyeri dan pendarahan saat haid, serta meredakan rasa mual pada penderita dismenorea.

Sementara menurut penelitian tertentu, mengonsumsi cuka apel sebanyak 15 ml per hari merupakan cara melancarkan menstruasi secara alami yang ampuh. Cara ini bukan hanya mengembalikan proses ovulasi, tapi juga mampu menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah.

Terakhir adalah nanas. Berkat kandungan bromelain yang dapat melunakkan dinding rahim, mengonsumsi buar berdaging kuning ini dapat membuat menstruasi Anda berjalan lebih reguler.

Namun buah nanas ini harus dikonsumsi dalam jumlah banyak agar hasilnya bisa Anda rasakan. Anda perlu makan buah nanas sekitar 400 gram per hari untuk memetik khasiatnya dalam melancarakan menstruasi.

5. Mengonsumsi vitamin D dan B

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan Anda menderita menstruasi yang tidak teratur. Untuk itu, Anda dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari agar haid kembali lancar.

Di samping itu, Anda juga bisa minum suplemen vitamin B untuk meringankan gejala premenstruation syndrome dan mengurangi nyeri haid.

Jika cara melancarkan menstruasi secara alami tersebut tidak efektif untuk mengatasi masalah haid Anda, konsultasikanlah dengan dokter kandungan. Dokter akan meresepkan obat memperlancar haid yang mesti dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Obat memperlancar haid yang aman dikonsumsi

Pada dasarnya, Anda tidak perlu mengonsumsi obat memperlancar haid jika hanya mengalami ketidakteraturan ringan dalam siklus menstruasi atau masih dalam masa pubertas

Sebaliknya, Anda justru dianjurkan untuk memeriksakan haid yang tak teratur bila mengalaminya ketika masih berusia di bawah 45 tahun atau sedang menjalani program hamil.

Jika memang ada masalah tertentu yang memicu menstruasi tidak lancar, dokter dapat memberi berbagai obat memperlancar haid. Jenisnya tergantung pada penyebab gangguan haid tersebut.

Dokter dapat meresepkan metformin jika penyebab tidak lancarnya menstruasi Anda adalah diabetes tipe 2. Obat ini berfungsi menurunkan kadar insulin dalam darah, sehingga dapat membantu ovulasi dan melancarkan menstruasi.

Anda juga dapat diberi pil KB kombinasi estrogen dan progesteron, untuk mengurangi produksi hormon androgen yang menyebabkan menstruasi tidak normal.

Lalu, alternatif terakhir ialah konsumsi hormon progesteron. Konsumsi obat memperlancar haid ini umumnya dilakukan selama 10-14 hari setiap bulan demi mendapatkan masa menstruasi yang lebih reguler.

Apapun langkah pelancar haid yang Anda pilih, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dengan ini, cara melancarkan secara alami atau obat memperlancar haid yang Anda gunakan pun akan sesuai dengan kondisi gangguan menstruasi yang Anda alami.

WebMD. https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random
Diakses pada 22 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies
Diakses pada 22 Oktober 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/irregular-periods/
Diakses pada 22 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/178635.php
Diakses pada 22 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed