Seberapa Sering Frekuensi Ejakulasi yang Ideal?

(0)
31 Aug 2020|Azelia Trifiana
Frekuensi ejakulasi yang baikTak ada aturan baku seberapa sering Anda harus ejakulasi
Tidak ada aturan baku seberapa sering seorang laki-laki butuh mengalami ejakulasi setiap periode waktu tertentu. Anggapan yang populer adalah seorang laki-laki sebaiknya ejakulasi 21 kali setiap bulannya untuk mencegah risiko menderita kanker prostat. Namun lagi-lagi, ini bukan aturan baku.Dengarkan sinyal dari tubuh berapa kali sebaiknya melakukan ejakulasi yang paling realistis. Jangan sampai keharusan melakukan ejakulasi sekian kali dalam periode satu bulan justru menyebabkan tertekan. Lakukan ejakulasi sealami mungkin. Lihat bagaimana respons tubuh setelah mengalami ejakulasi.

Benarkah harus ejakulasi 21 kali sebulan?

Salah satu klaim paling populer adalah bahwa seorang laki-laki idealnya mengalami ejakulasi 21 kali dalam sebulan. Berdasarkan penelitian di tahun 2016 terhadap hampir 32.000 laki-laki ditemukan bahwa peningkatan frekuensi ejakulasi dapat menurunkan risiko kanker prostat.Meski demikian, masih perlu penelitian lebih jauh untuk menjelaskan keterkaitan kedua hal ini. Bisa saja, jawaban dari partisipan kurang objektif karena lupa atau tidak sadar betul dengan pengalaman ejakulasinya sebulan terakhir.Faktor lain seperti usia, pengalaman berganti pasangan, dan kondisi kesehatan tiap individu juga perlu diperhitungkan untuk menggambarkan kaitan antara ejakulasi dan risiko kanker prostat.

Lalu apa manfaat ejakulasi?

Jika manfaat ejakulasi dalam menurunkan risiko seseorang mengalami kanker prostat masih perlu penelitian lebih komprehensif, lalu apa manfaat dari mengalami ejakulasi?Di lain sisi, rasa terangsang yang muncul ketika melakukan seks enak sangat berkaitan erat dengan melimpahnya produksi oksitosin dan dopamin. Oksitosin menimbulkan emosi positif yang dapat menurunkan kadar stres seseorang.Sementara dopamin juga sama-sama merupakan emosi positif. Naiknya kadar dopamin seseorang membuatnya merasa bahagia dan nyaman. Bahkan, dopamin bisa menjadi sumber motivasi seseorang agar lebih produktif.Beberapa manfaat ejakulasi lainnya adalah:Seberapa seringnya seseorang ejakulasi, tidak akan menyebabkan sperma habis. Bahkan faktanya, setiap detik seorang pria sehat dapat memproduksi 1.500 sperma. Artinya, dalam sehari akan ada jutaan sperma yang diproduksi!Apakah seseorang mencapai ejakulasi atau tidak, tak memberi pengaruh terhadap fertilitas atau gairah seksual seseorang. Sel sperma yang tidak dikeluarkan akan kembali terserap oleh tubuh atau keluar saat mengalami mimpi basah.Menarik juga mengulik bagaimana anggota komunitas yang menjalani gaya hidup NoFap sebenarnya tidak serta merta berarti lebih sehat. Orang yang mengikuti gaya hidup ini tidak melakukan masturbasi dan melihat konten pornografi sama sekali. Namun, belum ada studi klinis yang mendukung gaya hidup ini dapat berdampak positif pada level testosteron seseorang.Jadi, sebaiknya dengarkan bagaimana sinyal tubuh setiap mengalami ejakulasi. Ada yang merasa lebih bertenaga hingga termotivasi, di sisi lain ada yang merasa lemas seperti akan sakit. Jika ini yang terjadi, perhatikan apa yang salah.Hal terpenting adalah melakukan semuanya sealami mungkin. Jangan jadikan ejakulasi sebagai target seseorang yang terkadang bisa terasa kurang realistis. Idealnya, ejakulasi adalah hal yang menyenangkan. Maka, tak perlu menambahkan sederet aturan yang bisa mengurangi kenikmatannya.
kesehatan organ intimkesehatan priapola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/how-often-should-a-man-ejaculate
Diakses pada 17 Agustus 2020
Daily Mail. https://www.dailymail.co.uk/health/article-4666798/Ejaculating-significantly-reduces-risk-cancer.html
Diakses pada 17 Agustus 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0302283816003778
Diakses pada 17 Agustus 2020
National Geographic. https://www.nationalgeographic.com/news/2010/3/100318-men-sperm-1500-stem-cells-second-male-birth-control/
Diakses pada 17 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait