Seberapa Efektif Terapi Reiki untuk Kesehatan Tubuh?

Terapi reiki bermanfaat merilekskan pikiran
Terapi reiki dapat memberikan rasa rileks pada tubuh dan pikiran

Terapi reiki dikenal sebagai terapi penyembuhan energi dan pertama kalinya muncul di Jepang pada tahun 1800-an. Terapi reiki dipercaya dapat mengatasi berbagai gejala gangguan fisik atau mental yang menghinggapi.

Terapi reiki meliputi pemindahan energi dari alam melalui tangan terapis menuju ke tubuh pasien. Meskipun dipercaya dapat menyembuhkan, tetapi apakah terapi reiki memang benar adanya?

Mengenal terapi reiki

Sebelum membahas mengenai efektivitas dari terapi reiki, Anda perlu mengetahui latar belakang dari terapi unik ini. Kata ‘reiki’ sendiri berasal dari kata ‘rei’ yang berarti alam dan ‘ki’ yang berarti energi kehidupan.

Oleh karenanya, terapi reiki meliputi pelancaran energi yang berada dalam tubuh. Dasar dari terapi alternatif ini adalah untuk melepaskan energi yang terhambat di tubuh dengan energi dari alam yang disalurkan melalui tangan terapis.

Terapi reiki dipercaya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat yang diklaim dapat dirasakan ketika menjalani terapi reiki.

  • Mengurangi gejala dari kondisi medis tertentu

Saat seseorang menderita kondisi medis tertentu, beberapa gejala, seperti mual, rasa tegang, sakit kepala, dan insomnia dapat menghantui kehidupan sehari-hari. Terapi reiki dapat menjadi alternatif untuk mengurangi gejala-gejala tersebut.

  • Memperbaiki mood

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menjalani terapi reiki selama 30 menit selama dua sampai delapan minggu memiliki suasana hati atau mood yang lebih baik daripada orang yang tidak menjalani reiki.

  • Mengatasi depresi

Depresi menimbulkan berbagai gejala fisik dan mengganggu suasana hati. Terapi reiki dipercaya dapat memberikan rasa rileks, meningkatkan keinginan penderita untuk mengatur diri, dan memperbaiki suasana hati.

  • Meredakan rasa nyeri, kelelahan, dan kecemasan

Terapi reiki diyakini dapat mengurangi rasa sakit, kecemasan, dan kelelahan pada tubuh tanpa detak jantung dan tekanan darah, khususnya pada orang-orang yang menderita kondisi medis tertentu.

Terapi reiki juga   dapat mengurangi nyeri di punggung bagian bawah akibat gangguan pada lempengan ruas tulang belakang seefektif fisioterapi.

  • Meningkatkan kualitas hidup

Secara garis besar, terapi alternatif ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, khususnya pada penderita kondisi medis tertentu, seperti kanker. Hal ini karena terapi reiki dapat menimbulkan rasa rileks dan tenang.

Apakah terapi reiki efektif?

Meskipun ada banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa dipercaya dengan melakukan terapi reiki, tetapi masih dibutuhkan beragam penelitian untuk memastikan khasiat terapi alternatif ini untuk kesehatan.

Namun, tidak ada salahnya mencoba terapi reiki jika Anda tertarik untuk menjalaninya sebagai terapi alternatif. Meskipun belum terbukti secara nyata efektivitasnya, tetapi terapi reiki tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Perlu diingat jika Anda menderita penyakit tertentu, jangan meninggalkan pengobatan dari dokter ya.

Apa yang terjadi saat terapi reiki?

Bila Anda tertarik mencoba terapi reiki, Anda bisa mengunjungi terapis reiki profesional yang sudah terpercaya. Sebaiknya gunakan baju yang longgar dan nyaman dan tinggalkan perhiasan atau aksesoris di rumah.

Terapis akan menanyakan keluhan-keluhan yang ingin diatasi sebelum memulai sesi terapi. Terapi reiki akan berlangsung sekitar 20 sampai 90 menit. Anda akan diminta untuk berbaring di tikar atau tempat tidur khusus.

Setelahnya, terapis akan menyelimuti Anda dengan selimut dan memutar lagu pelan yang menenangkan. Terapis akan menggerakkan tangan di atas tubuh Anda dan mungkin dapat menyentuh daerah yang nyeri secara pelan.

Beberapa terapis dapat menggunakan alat-alat khusus, seperti kristal. Selama sesi berlangsung, Anda dapat memberitahukan terapis apa yang dirasakan.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya mencoba terapi reiki sebagai terapi alternatif untuk memperbaiki suasana hati atau membuat diri menjadi rileks. Saat ingin mengikuti terapi reiki, selalu pastikan bahwa terapis memang terpercaya dan profesional

Healthline. https://www.healthline.com/health/reiki#1
Diakses pada 26 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/308772

Diakses pada 26 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29536776
Diakses pada 26 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26163604
Diakses pada 26 Februari 2020

Artikel Terkait