Semakin tinggi nilai SPF, maka semakin luas juga perlindungan yang dapat diberikan.
SPF atau Sun Protection Factor menandakan perlindungan yang dapat diberikan oleh sunscreen untuk kulit.

Saat membeli produk sunscreen, Anda pasti sering melihat tulisan sun protection factor (SPF) di kemasannya. Banyak jenis sunscreen yang menawarkan perlindungan mulai dari SPF 15 bahkan hingga SPF 50.

Semakin tinggi angka SPF suatu produk, maka klaim perlindungannya terhadap kulit dari paparan sinar matahari pun semakin kuat. Benarkah demikian? Berikut ini penjelasan mengenai pengertian SPF dan tips memilih sunscreen yang tepat.

Selengkapnya tentang SPF

Saat kita berada di bawah paparan sinar matahari, ada dua jenis sinar ultraviolet yang bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh, yaitu sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB).

SPF adalah suatu standar ukuran perlindungan yang diberikan sunscreen untuk kulit, dari paparan sinar UVB. Semakin tinggi angka SPF, maka perlindungan yang diberikan akan semakin baik. Sebab, risiko kulit terbakar sinar UVB akan semakin berkurang.

Sebagai contoh, kulit akan memerah dalam waktu kurang lebih 10 menit, saat Anda beraktivitas di cuaca yang terik, tanpa menggunakan sunscreen. Sementara itu, dengan penggunaan sunscreen SPF 30, dibutuhkan waktu sekitar 300 menit atau 5 jam, hingga kulit mulai memerah.

Namun perlu diingat, bukan berarti semakin tinggi SPF pada sunscreen tidak menjamin perlindungan secara optimal. Pasalnya, banyak faktor lain yang memengaruhi efektivitas penggunaan sunscreen, seperti:

  • Perubahan suhu atau cuaca
  • Waktu paparan
  • Jenis kulit
  • Cara penggunaan sunscreen
  • Banyaknya sunscreen yang digunakan
  • Faktor lingkungan dan individual lainnya

Sehingga, meski sudah menggunakan sunscreen, belum tentu Anda pasti terlindung maksimal dari paparan sinar matahari. Bahkan, baru sekitar 25-50% orang yang menggunakan sunscreen dalam jumlah yang direkomendasikan.

Perlindungan yang ditawarkan sunscreen dapat berbeda, tergantung nilai SPFnya, seperti di bawah ini:

  • SPF 15 melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB
  • SPF 30 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB
  • SPF 50 melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB

Baca Juga 
Kenali Perbedaan Sunscreen dengan Sunblock 

Sunscreen, SPF, dan sinar UV

Nilai SPF yang ada pada kemasan sunscreen memang hanya menggambarkan kemampuan perlindungannya dari sinar UVB. Sebab pada awal kemunculannya, UVB dinilai sebagai paparan sinar UV yang perlu lebih diwaspadai, jika dibandingkan dengan UVA.

Panjang gelombang UVB memang lebih pendek. Hal ini mempercepat paparannya terhadap kulit. Namun pada kenyataannya, UVA pun tetap dapat menimbulkan gangguan di kulit.

Jika paparan UVB berlebih dapat membuat kulit terbakar, maka paparan sinar UVA dapat menyebabkan timbulnya kerutan, bintik-bintik hitam di kulit, serta penuaan dini. Kedua sinar ini juga merupakan cikal bakal timbulnya kanker kulit.

Sehingga, selain melihat nilai SPF, Anda juga disarankan untuk memilih sunscreen yang menawarkan perlindungan spektrum luas (broad spectrum). Sunscreen dengan spektrum luas dapat melindungi Anda dari paparan sinar UVB dan UVA sekaligus.

Selain itu, ada juga beberapa faktor lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih sunscreen yang tepat, seperti tipe kulit dan ketahanannya terhadap air.

Tips memilih sunscreen yang tepat

Selain melihat nilai SPF, ada beberapa faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin memilih sunscreen. Berikut ini tips memilih sunscreen yang tepat, agar kulit tetap sehat dan terlindungi.

1. Pertimbangkan tiga hal penting ini

Ada tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih sunscreen, yaitu:

• Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih

Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat memberikan proteksi yang tinggi untuk kulit. Selain itu, sunscreen dengan SPF kurang dari 30, seperti SPF 15 atau kurang, tidak dapat memberikan perlindungan spektrum luas.

• Dapat memberikan perlindungan spektrum luas

Perlindungan spektrum luas (perlindungan dari sinar UVA dan UVB) diperlukan, karena akibat yang dapat timbul dari paparan sinar matahari, bukan sekadar kulit yang semakin gelap.

Risiko lain seperti penuaan dini, munculnya kerutan, hingga kanker kulit juga perlu dicegah.

• Tahan air

Sunscreen yang tidak tahan air, dapat luntur atau hilang lebih cepat saat Anda berkeringat, atau berenang. Akibatnya, kulit tidak akan mendapatkan perlindungan secara maksimal.

Produk sunscreen yang memiliki label tahan air atau water resistant, dapat bertahan di kulit basah selama kurang lebih 40 menit. Sementara itu, produk yang berlabel sangat tahan air, bisa bertahan hingga 80 menit.

2. Sesuaikan dengan tipe kulit

Agar penggunaan sunscreen tidak merusak kulit, pilihlah yang sesuai dengan tipe kulit Anda, seperti berikut ini.

• Kulit yang mudah berjerawat dan berminyak

Jika kulit Anda termasuk yang mudah berjerawat, pilihlah sunscreen yang bersifat non-comedogenic atau tidak akan menyumbat pori-pori. Pastikan Anda menemukan keterangan tentang hal tersebut pada kemasan sunscreen.

• Kulit yang mudah alergi dan sensitif

Agar risiko alergi dapat berkurang, hindari sunscreen yang mengandung parfum atau pewangi, paraben, dan oxybenzone.

• Kulit kering

Untuk kulit kering, Anda dapat memilih sunscreen yang mengandung bahan pelembap di dalamnya. Pada produk ini akan tertera keterangan moisturizing atau dry skin di kemasannya.

Baca Juga 
Tips Make Up untuk Kulit Kering

Setelah mengenali lebih jauh mengenai SPF, sunscreen, dan tips memilihnya, Anda jangan lagi lalai dalam menggunakannya. Sebab, menggunakan sunscreen setiap harinya, sekitar 30 menit sebelum terpapar sinar matahari sangat penting untunk melindungi kulit dalam jangka panjang.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838.php
Diakses pada 10 September 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/sunscreen/choosing-the-right-sunscreen
Diakses pada 10 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/best-sunscreen/art-20045110
Diakses pada 10 September 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-spf-1068889
Diakses pada 10 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed