Sebelum Terlambat, Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Sering buang air kecil dan urine berdarah dapat menjadi ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal
Mengenali ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

Ketika mendengar kata gagal ginjal, artinya kerusakan ginjal yang dialami seseorang telah masuk ke stadium paling akhir. Ginjal tak lagi bisa membuang racun dalam darah atau mengendalikan kadar cairan tubuh. Apakah mungkin kita mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal?

Mendeteksi penyakit ginjal sejak dini tentu lebih berpeluang besar untuk menyembuhkannya. Kabar baiknya, ketika seseorang menderita sakit ginjal, belum tentu dia akan mengalami gagal ginjal.

Biasanya, penderita sakit ginjal merasakan ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal namun mengaitkannya dengan penyakit lain. Akibatnya, penderitanya kerap tidak menyadari ciri-ciri ini hingga ginjalnya 90% tak berfungsi. Gagal ginjal pun sudah di depan mata.

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal

Seperti yang disebutkan di atas, penderita sakit ginjal bisa saja tidak merasakan apapun di tahap awal. Bahkan, mereka bisa saja baru merasa ada gangguan ketika 90 persen fungsi ginjalnya telah rusak.

Dengarkan tubuh Anda dan ketahui apakah ada ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal seperti:

  • Kerap ingin buang air kecil

Kenali ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal ketika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari. Ketika ginjal tak bisa menyaring dengan baik, frekuensi ingin buang air kecil akan meningkat.

  • Urine berbusa dan berdarah

Adanya busa dalam urine – bahkan Anda harus flush berkali-kali baru bisa benar-benar hilang – mengindikasikan ada kelebihan protein dalam urine. Bentuknya serupa dengan busa yang terlihat ketika membuat telur orak-arik karena jenis proteinnya pun sama: albumin. Kadang darah juga bisa terdeteksi pada urine. 

  • Area sekitar mata terus menerus membengkak

Saat ginjal tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, artinya protein albumin bisa bocor ke luar jaringan. Area di sekitar mata yang membengkak bisa jadi indikasi ada kebocoran protein yang seharusnya tersimpan di bagian-bagian tubuh kendor, seperti pada area mata.

  • Betis dan kaki membengkak

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal berikutnya adalah betis dan kaki membengkak akibat penumpukan sodium. 

  • Mudah lelah dan sulit fokus

Ini adalah tanda ketika ada penumpukan racun dan darah yang tidak jernih dalam tubuh. Akibatnya, seseorang mudah merasa sakit, lemah, dan sulit fokus. 

  • Sulit tidur

Saat ginjal tak bisa menyaring racun dengan baik, racun akan tetap berada dalam darah. Racun tidak terbuang lewat urine. Akibatnya, penderitanya akan merasa sulit tidur.

  • Kulit kering dan gatal

Begitu pentingnya peran ginjal, mereka bisa menghilangkan racun dan kelebihan cairan dalam tubuh. Bahkan ginjal, juga menghasilkan sel darah merah dan memastikan asupan mineral dalam dosis yang tepat dalam darah.

Kulit yang gatal dan kering bisa jadi tanda bahwa mineral dalam darah sangat sedikit. Ditambah lagi, nutrisi dalam darah juga kian terbatas.

  • Nafsu makan buruk

Memburuknya nafsu makan bisa terjadi karena berbagai penyakit, namun penumpukan racun akibat ginjal yang tak berfungsi sempurna bisa jadi salah satu pemicunya.

  • Otot terasa kram

Fungsi ginjal yang tidak maksimal bisa menyebabkan otot terasa kram. Hal ini terjadi karena ada ketidakseimbangan elektrolit seperti rendahnya kalsium atau fosfor.

Mendeteksi ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal bisa menjadi cara untuk mengambil langkah cepat dalam menyembuhkannya. Dengarkan setiap alarm tubuh – sekecil apapun itu – sebelum ginjal benar-benar gagal berfungsi.

National Kidney Foundation. https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease
Diakses pada 31 Mei 2019

Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/kidney-failure
Diakses pada 31 Mei 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/kidney_failure/article.htm
Diakses pada 31 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed