Sebelum Membeli Baju Hamil, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Baju kehamilan mungkin diperlukan seiring perut yang semakin membesar saat hamil
Baju kehamilan mungkin dibutuhkan seiring membesarnya perut saat hamil

Ketika hamil, akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh Anda. Salah satu perubahan yang paling mudah diidentifikasi adalah perut yang semakin membesar.

Perubahan bentuk tubuh ini menyebabkan banyak ibu tidak lagi bisa menggunakan baju lamanya. Berbagai baju hamil yang memang khusus diperuntukkan untuk ibu hamil pun muncul sebagai alternatif.

Haruskah menggunakan baju hamil?

Mungkin pakaian yang biasa digunakan sebelum hamil masih bisa digunakan pada trimester pertama kehamilan. Akan tetapi, memasuki usia 4 atau 5 bulan kehamilan, keadaan perut tentunya akan semakin besar sehingga mau-tidak-mau membuat ibu hamil harus mengenakan pakaian yang lebih besar.

Banyak ibu hamil mulai menggunakan baju ibu hamil saat kehamilannya memasuki usia 6 bulan. Namun, kebutuhan akan baju ibu hamil ini tergantung pada diri Anda sendiri.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan pakaian Anda sehari-hari, sepertinya Anda membutuhkan baju hamil. Namun, jika Anda merasa nyaman dan baik-baik saja mengenakan pakaian yang sehari-hari digunakan. Mungkin Anda tidak begitu memerlukan baju hamil.

Akan tetapi, ingatlah bahwa mengenakan pakaian ketat selama kehamilan tidak direkomendasikan. Selain dapat membuat tidak nyaman, pakaian ketat juga bisa mendatangkan masalah kehamilan yang tidak diinginkan.

Tips membeli baju hamil

Tidak boleh sembarangan dalam membeli baju ibu hamil. Untuk memilih baju hamil yang sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, simak tips membeli baju ibu hamil berikut yang bisa Anda coba:

  • Mencari toko yang terpercaya

Anda dapat membeli baju hamil di berbagai toko perlengkapan khusus ibu hamil, atau toko-toko online yang menjual baju ibu hamil.

Demi kenyamanan Anda, perhatikan bahan dari baju hamil yang akan Anda beli. Sebaiknya pilih baju dengan bahan katun.

Tidak perlu juga membeli pakaian yang dapat menyembunyikan perut Anda yang membesar karena ada potensi menimbulkan masalah kehamilan yang tidak diinginkan.

  • Pilih baju hamil yang dapat mengikuti perubahan tubuh

Ingatlah bahwa kehamilan Anda akan semakin membesar. Oleh karena itu, pilihlah baju hamil yang dapat mengikuti perubahan tubuh Anda, seperti pakaian yang dapat melonggar atau merenggang ketika digunakan. 

  • Pastikan baju nyaman dikenakan

Pakaian yang ketat dan tidak nyaman dapat menyebabkan berbagai risiko, seperti menimbulkan rasa nyeri, sirkulasi darah berkurang, dan memicu infeksi jamur. Pastikan untuk memilih baju hamil yang nyaman dikenakan dan cocok dengan selera Anda.

Jangan memilih baju yang ketat, panas, dan sulit dikenakan, yang akan menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

  • Tak perlu mengubah gaya

Dalam memilih baju hamil, Anda tak perlu merubah gaya berpakaian Anda. Misalnya, jika sebelumnya Anda tak pernah memakai motif polkadot, maka tidak perlu memilih baju hamil yang memiliki motif polkadot. Sesuaikan dengan selera penampilan Anda.

Selain baju hamil, Anda juga harus memerhatikan alas kaki yang Anda kenakan. Ketika hamil, kaki dapat membengkak, dan keseimbangan tubuh juga mungkin tak sekokoh dulu karena adanya perut yang semakin membuncit.

Untuk menghindari risiko terjatuh, pilihlah alas kaki yang nyaman dan stabil untuk digunakan berjalan. Hal ini penting untuk diperhatikan demi menjaga kehamilan Anda.

Perubahan tubuh yang terjadi dalam kehamilan mungkin bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri. Sebaiknya, buanglah jauh-jauh pikiran tersebut untuk menghindari stres, yang malah akan membawa pengaruh buruk pada kehamilan Anda.

Fokuslah untuk menjaga dan merawat kehamilan Anda dengan baik, agar si Kecil dapat lahir dengan keadaan sehat dan sempurna.

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/maternity-clothes-4685940
Diakses pada 14 November 2019

Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/maternity-clothes
Diakses pada 14 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed