Sebaiknya Pakai Softlens Berapa Jam dalam Sehari?


Sebaiknya pakai softlens berapa jam dalam sehari? Jawabannya tergantung pada jenis softlens yang digunakan. Rata-rata pemakaian softlens yang aman dan nyaman adalah 14-16 jam per hari

0,0
17 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sebaiknya pakai softlens berapa jam dalam sehariBatas waktu pemakaian softlens dapat bergantung pada jenisnya
Sebaiknya pakai softlens berapa jam dalam sehari? Pertanyaan ini kerap diajukan oleh banyak penggunanya. Pada dasarnya, batas pemakaian softlens atau lensa kontak bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis lensa kontak yang digunakan.
Beberapa jenis softlens dibuat agar dapat dipakai dalam jangka waktu lama. Sementara itu, sebagian jenis  lainnya mungkin harus segera dilepas setelah beberapa jam pemakaian.Berdasarkan masa pakainya, softlens dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sekali pakai, harian, hingga bulanan. Oleh karena itu, beberapa softlens memang dapat digunakan terus-menerus dalam jangka waktu lama.Meskipun demikian, penting untuk dipahami bahwa semakin lama Anda memakai softlens maka semakin tinggi risiko terjadinya infeksi pada mata.

Batas pemakaian softlens yang aman

Lantas, perlu pakai softlens berapa jam per hari untuk memastikan keamanannya? Umumnya, batas pemakaian softlens yang aman dan nyaman bagi kebanyakan orang adalah 14-16 jam per hari.Anda juga perlu membukanya sebelum tidur untuk memberikan mata kesempatan bernapas tanpa lensa buatan. Beberapa orang yang memiliki gangguan mata, khususnya penderita mata kering kronis, tidak bisa memakai softlens dalam waktu lama.Jika Anda memiliki kondisi mata kering kronis, batas pemakaian softlens yang disarankan mungkin hanya beberapa jam dalam sehari. Jika softlens mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya lepaskan lebih awal.Sementara itu, untuk lensa kontak yang dapat digunakan dalam jangka panjang, batas pemakaian maksimum adalah 30 hari. Anda tidak boleh memakainya lebih lama dari itu. Sebaiknya lepas lensa kontak sesering mungkin saat Anda ingin tidur.

Bahaya softlens yang dipakai terlalu lama

Melewati batas pemakaian softlens dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mata. Berikut adalah bahaya softlens yang dipakai terlalu lama yang perlu Anda waspadai.
  • Penggunaan softlens dalam jangka panjang berisiko menyebabkan ulkus kornea, yakni luka terbuka di lapisan luar kornea.
  • Bahaya softlens terlalu lama dipakai juga dapat menyebabkan hipoksia kornea, yaitu kondisi kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal ke dalam kornea.
  • Ada pula kemungkinan terjadinya kerusakan sel induk kornea. Sel ini diperlukan untuk menjaga kebersihan kornea sehingga kondisi penglihatan tetap baik.
  • Bahaya softlens lainnya adalah menyebabkan peradangan kronis pada mata. Kondisi ini berisiko menyebabkan intoleransi lensa kontak.

Tips menggunakan softlens dengan aman

Keamanan menggunakan kontak lensa tidak hanya tergantung dengan pakai softlens berapa jam saja. Menurut CDC, antara 40-90 persen pemakai softlens tidak merawat lensa kontaknya dengan benar. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi mata yang parah.Masalahnya bukan pada lensa kontak itu sendiri atau batas pemakaian softlens saja. Pada dasarnya, softlens bisa menjadi alternatif yang aman untuk memperbaiki penglihatan. Selama pemakaian dan perawatannya dilakukan dengan benar.Beberapa tips di bawah ini dapat Anda aplikasikan untuk menjaga softlens senantiasa aman dan mengurangi risiko infeksi.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk yang tidak berbulu sebelum menyentuh softlens.
  • Ikuti petunjuk pada label produk untuk membersihkan, membilas, dan disinfeksi lensa saat melepasnya.
  • Hanya bersihkan lensa dengan larutan steril untuk softlens Anda. Jangan gunakan air biasa pada lensa karena dapat menjadi sumber mikroorganisme.
  • Jangan memakai lensa kontak semalaman, kecuali jika telah diresepkan dokter untuk penggunaan tersebut.
  • Selalu bersihkan kotak penyimpanan lensa kontak secara rutin. Ikuti arahan dokter mengenai jangka waktu pemakaian softlens dan kotak penyimpanannya.
  • Jangan pernah memakai softlens setelah kedaluwarsa dan ikuti petunjuk berapa jam pemakaian softlens yang disarankan.
Itulah informasi mengenai pakai softlens berapa jam dan tips perawatannya. Jika terjadi iritasi dan infeksi mata selama pemakaian lensa kontak, segera periksakan ke dokter mata yang telah meresepkan kepada Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan matagangguan mata
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/contacts/faq/contacts-wear-time/
Diakses 4 Oktober 2021
1800 Contacts. https://www.1800contacts.com/eyesociety/how-long-can-you-wear-contacts/
Diakses 4 Oktober 2021
Medical Eye Center. https://www.medicaleyecenter.com/2020/03/31/how-long-should-i-wear-my-contacts/
Diakses 4 Oktober 2021
Piedmont. https://www.piedmont.org/living-better/how-long-can-you-safely-wear-contacts
Diakses 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait