Sebagai Antioksidan, Manfaat Astaxanthin Ini Bantu Sehatkan Badan


Astaxanthin adalah pigmen karotenoid dalam tumbuhan dan seafood. Beberapa manfaat astaxanthin yang banyak dicari orang, termasuk melawan stres oksidatif, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara kesehatan jantung.

(0)
13 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Astaxanthin adalah pigmen karotenoid dalam tumbuhan dan seafoodAstaxanthin dapat ditemukan pada seafood maupun buah-buahan berry
Astaxanthin adalah salah satu pigmen karotenoid yang tak hanya ditemukan dalam tumbuhan, namun juga dalam panganan laut seperti salmon. Sebagai salah satu karotenoid, astaxanthin pun menawarkan beberapa manfaat sehingga banyak dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Apa saja manfaat astaxanthin?

Ragam potensi manfaat astaxanthin untuk kesehatan

Inilah manfaat astaxanthin yang ditawarkan untuk tubuh sehat:

1. Melawan stres oksidatif

Jika Anda mencintai praktik hidup sehat, Anda mungkin sudah familiar dengan zat-zat antioksidan. Zat antioksidan membantu mengendalikan radikal bebas dan melawan stres oksidatif – kondisi yang dapat berbahaya bagi tubuh jika tak terkendali.Salah satu klaim dan potensi manfaat astaxanthin yang utama adalah aktivitas antioksidannya. Sifat antioksidan dalam astaxanthin dikaitkan dengan melancarkan aliran darah serta menurunkan stres oksidatif di kalangan perokok dan orang dengan berat badan berlebih.Astaxanthin dan karotenoid lain dilaporkan memiliki efek antioksidan paling tinggi untuk menangkal radikal bebas.  

2. Menjaga kesehatan kulit

Astaxanthin juga populer di kalangan pemerhati kesehatan kulit. Pasalnya, karotenoid ini berpotensi untuk memelihara kesehatan kulit dengan mengoleskannya secara topikal.Sebuah riset tahun 2012 melaporkan, kombinasi penggunaan oral dan topikal astaxanthin dapat mengurangi penampakan kerutan, mengecilkan bintik usia, serta menjaga kelembapan kulit. Studi ini menunjukkan hasil yang positif untuk wanita maupun pria. Namun, temuan manfaat astaxanthin untuk kulit memerlukan riset lebih lanjut.

3. Memelihara kesehatan jantung

Klaim manfaat astaxanthin lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah studi pada tikus tahun 2006, disimpulkan bahwa astaxanthin dapat meningkatkan kadar elastin dan ketebalan dinding arteri pada hewan yang mengalami hipertensi. Ada pula klaim manfaat astaxanthin yang menyebutkan bahwa karotenoid dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Namun, bukti terkait manfaat ini masih belum kuat sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut lagi.

4. Memperbaiki kesuburan pria

Astaxanthin juga memiliki potensi manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria. Sebuah riset dalam Asian Journal of Andrology menyimpulkan, astaxanthin memberikan efek positif terhadap jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak). Responden yang menerima dosis tinggi astaxanthin dalam riset tersebut juga menunjukkan peningkatan kesuburan. Karena riset ini relatif berskala kecil, studi lanjutan tentu diperlukan untuk mengonfirmasikan manfaat astaxanthin tersebut.

5. Meningkatkan performa fisik

Astaxanthin dipercaya dapat meningkatkan performa fisik saat olahraga
Astaxanthin berpotensi mencegah kerusakan otot saat berolahraga
Potensi manfaat astaxanthin juga membuatnya dikonsumsi sebagai suplemen olahraga. Riset pada hewan menunjukkan bahwa astaxanthin dapat mengoptimalkan penggunaan asam lemak oleh tubuh. Efek ini membantu meningkatkan ketahanan dan mencegah kerusakan otot dan rangka. Namun, walau menarik, klaim manfaat astaxanthin ini masih memberikan hasil yang belum dapat dikonfirmasikan. Pasalnya, satu studi pada manusia tidak menemukan manfaat suplemen astaxanthin untuk mengurangi cedera otot. 

6. Berpotensi untuk menangani kanker

Karena karotenoid memiliki efek antioksidan, banyak riset yang mulai mengkaji terkait potensi manfaat astaxanthin untuk menangani berbagai jenis kanker. Salah satu temuan ilmiah menyebutkan bahwa penggunaan astaxanthin berpotensi untuk menangani kanker payudara – termasuk mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker payudara.Riset lanjutan tentu diperlukan untuk menguatkan temuan di atas.

7. Berpotensi untuk meredakan nyeri sendi

Potensi manfaat astaxanthin yang juga menarik untuk diketahui adalah meredakan nyeri sendi – termasuk berpotensi untuk menangani rheumatoid arthritis. Namun sayangnya, temuan riset terkait manfaat ini masih membutuhkan studi lanjutan. 

Tips mendapatkan manfaat astaxanthin

Sebagai salah satu zat antioksidan, manfaat astaxanthin di atas tentu tak ada salahnya untuk Anda coba. Salah satu sumber astaxanthin yang bisa dikonsumsi adalah salmon. Anda bisa mengonsumsi salmon satu hingga dua kali dalam satu minggu. Astaxanthin juga tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba astaxanthin dari suplemen.

Catatan dari SehatQ

Manfaat astaxanthin cukup beragam, termasuk melawan stres oksidatif, memelihara kesehatan kulit, hingga menjaga kesehatan jantung. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait manfaat astaxanthin, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
streskesehatan kulitmeningkatkan kesuburanantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/health/health-claims-astaxanthin
Diakses pada 30 Oktober 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3917265
Diakses pada 30 Oktober 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16286671
Diakses pada 30 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait