Sebabkan Kantuk, Kira-Kira Apa Saja Kandungan Kangkung?

Kandungan kangkung yang kaya mineral memang dapat menyebabkan kantuk
Kangkung biasanya dinikmati dengan cara ditumis dengan citarasa yang gurih

Sejak dulu, selalu ada mitos seputar makanan dan dampaknya pada tubuh. Contohnya makan kambing membuat perut panas, atau makan kangkung membuat seseorang mengantuk. Bisa jadi hal ini benar, karena kandungan kangkung menimbulkan efek rileks pada tubuh.

Ada yang menyebut kangkung menyebabkan kantuk adalah mitos, ada juga yang meyakininya. Menurut pakar kesehatan, hal ini tentu tak lepas dari kandungan kangkung yang kaya mineral dan juga substansi lainnya.

Apa saja kandungan kangkung?

Sayur kangkung mudah ditemukan di Indonesia dan biasanya diolah dengan cara ditumis. Rasanya adalah perpaduan manis dan gurih yang cocok menjadi pendamping saat makan.

Setiap 100 gram kangkung mengandung nutrisi:

  • Energi: 19 kcal
  • Karbohidrat: 3,14 gram
  • Protein: 2,6 gram
  • Lemak total: 0,2 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Natrium: 113 mg
  • Kalium: 312 mg
  • Kalsium: 77 mg
  • Zat besi: 1,67 gram
  • Magnesium: 71 mg
  • Fosfor: 39 mg

Dari daftar kandungan kangkung di atas, memang ada beberapa yang punya khasiat mengurangi tekanan darah. Contohnya kandungan kalium dalam kangkung yang mencapai 312 mg bisa membuat seseorang merasa lebih rileks karena tekanan darah menurun.

Pada beberapa orang, kondisi ini bisa terasa seperti rasa kantuk. Namun sebenarnya, tidak selamanya kandungan kangkung serta-merta menyebabkan kantuk.

Bisa saja, pemicu seseorang merasa mengantuk justru perpaduan menu yang dikonsumsinya bersama kangkung. Misalnya, sepiring penuh nasi putih dan juga lauk protein hewani dengan porsi yang juga banyak.

Tentu konsumsi sebanyak itu akan membuat sistem pencernaan bekerja keras sehingga tubuh seakan meminta “istirahat” sejenak.

Manfaat konsumsi sayur kangkung

Terlepas dari mitos tentang kandungan kangkung yang menyebabkan kantuk, tetap saja nutrisinya baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat konsumsi sayur kangkung di antaranya:

  • Sumber zat besi

Bagi mereka yang masih kekurangan zat besi atau ibu hamil yang perlu asupan zat besi lebih banyak dari biasanya, kangkung bisa jadi pilihan sayur yang lezat. Kandungan kangkung meliputi sumber zat besi yang bisa membantu proses pembentukan hemoglobin.

  • Kaya serat

Kandungan kangkung juga mengandung banyak serat sehingga dapat mengatasi masalah pada pencernaan. Contohnya apabila ada yang merasakan masalah pencernaan seperti konstipasi, coba konsumsi sayur kangkung untuk mengatasinya.

  • Mengurangi kolesterol

Konsumsi sayur menurut pedoman gizi seimbang seharusnya lebih banyak daripada porsi lauk pauk. Meski demikian, umumnya masyarakat masih menjadikan sayuran sebagai “pendamping” dengan porsi yang lebih sedikit.

Padahal, manfaat kandungan kangkung dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Pada penelitian pada tikus, mereka yang diberi asupan water spinach mengalami penurunan kolesterol.

  • Sumber antioksidan

Sayuran berdaun hijau memang dikenal dengan khasiatnya sebagai antioksidan, termasuk kandungan kangkung. Adanya vitamin A dan C berkonsentrasi tinggi dalam kangkung membuatnya sebagai sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Tak hanya itu, mengonsumsi cukup sayuran juga membantu mencegah risiko penyumbatan pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol. Jika dibiarkan, hal ini bisa saja menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.

Jadi, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan kangkung tanpa harus dibayangi mitos merasa mengantuk setelah mengonsumsinya, padukan dengan porsi yang tepat. Jangan mendominasi menu di piring Anda dengan karbohidrat dan protein, tapi perbanyak porsi untuk sayuran.

Hal ini berlaku tak hanya untuk kangkung, tapi juga jenis sayuran lainnya. Semakin sering membiasakan tubuh mengonsumsi sayuran, tentu akan semakin positif dampaknya untuk tubuh.

Nutrition and You. https://www.nutrition-and-you.com/kangkong.html
Diakses 30 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270609.php
Diakses 30 Januari 2020

Check Your Food. https://www.checkyourfood.com/ingredients/ingredient/1935/kangkong-morning-glory-water-spinach
Diakses 30 Januari 2020

Artikel Terkait