6 Sayuran yang Mengandung Zat Besi, Selain Lezat juga Bikin Sehat

(0)
01 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran yang mengandung zat besi sangatlah beragam, salah satunya bayam yang lezat itu.Sayuran yang mengandung zat besi sangat diperlukan oleh vegetarian yang tak memakan daging.
Sayuran yang mengandung zat besi ternyata sangat mudah untuk didapat. Tidak hanya itu, jika dimasak dengan resep yang tepat, sayuran yang mengandung zat besi ini juga sangat lezat.Terutama untuk para vegetarian yang kesulitan memenuhi asupan zat besinya. Sebagian dari mereka berpikir bahwa daging saja yang mengandung zat besi. Padahal, ada banyak sayuran yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan mereka akan zat mineral yang penting ini!

Sayuran yang mengandung zat besi

Sebelum mengetahui berbagai jenis sayuran yang mengandung zat besi, ketahuilah bahwa zat besi yang dikandung oleh sayuran akan lebih sulit dicerna oleh tubuh, ketimbang zat besi yang ada pada daging.Namun tenang saja, sayuran yang mengandung zat besi ini juga mengandung vitamin C, yang bisa membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Sudah penasaran dengan sayuran yang mengandung zat besi itu? Mari kenali satu per satu.

1. Jamur

Beberapa jenis jamur ternyata mengandung banyak zat besi. Contohnya,jamur putih, yang mengandung 2,7 miligram zat besi setelah dimasak. Dengan kandungan zat besi sebanyak itu, sayuran yang mengandung zat besi ini sudah bisa memenuhi 15% kebutuhan harian zat besi Anda.Selain itu, jamur tiram juga memiliki zat besi. Bahkan, kandungan zat besinya bisa dua kali lipat dari jamur putih.

2. Kentang

Kentang
Kentang, sayurang yang mengandung zat besi
Sayuran yang mengandung zat besi ini sering dijadikan pengganti nasi. Namun tidak banyak yang tahu bahwa kentang memiliki banyak zat besi!Namun ingat, kandungan zat besi pada kentang akan lebih maksimal jika Anda mengonsumsinya bersama dengan kulitnya, ya.Satu kentang besar yang tidak dikupas (295 gram) mengandung 3,2 miligram zat besi atau setara dengan 18% kebutuhan harian zat besi.Ditambah lagi, kentang mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

3. Saus tomat

Tomat
Si asam yang mengandung zat besi
Saat masih dalam berbentuk sayur, tomat memang tidak mengandung zat besi yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Namun, saat sudah dikeringkan atau “disulap” menjadi saus, ternyata kandungan zat besinya cukup tinggi.Dalam satu cangkir (118 ml) saus tomat yang murni tanpa bahan tambahan lain, terdapat 3,9 miligram zat besi atau setara dengan 22% kebutuhan harian zat besi.Tomat yang sudah dikeringkan pun juga memiliki kandungan zat besi yang banyak, yakni sekitar 1,3-2,5 miligram per cangkirnya.Tomat juga mengandung vitamin C, yang artinya bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

4. Bayam

Sayuran yang mengandung zat besi ini datang dari keluarga sayuran berdaun hijau, yaitu bayam. Sayur ini ternyata mengandung 0,81 gram zat besi per satu cangkirnya.Namun Anda disarankan untuk mengonsumsi bayam dengan sayuran yang mengandung vitamin C lainnya, supaya tubuh lebih bisa menyerap zat besi dengan baik.Bayangkan saja, 100 gram bayam ternyata mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan daging merah dan daging ikan salmon.

5. Kale

Kale adalah sayuran yang mengandung zat besi dan masih “satu keluarga” dengan bayam. Per cangkirnya, kale bisa mengandung 2,5-6,4 miligram zat besi!

6. Jantung pohon kelapa sawit

Mungkin sayuran yang mengandung zat besi ini tidak terdengar familiar di kuping Anda. Namun, rasanya sangat lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.Jantung pohon kelapa sawit diambil dari pohon kelapa sawit. Biasanya, jantung pohon kelapa sawit dapat dimakan tanpa bumbu apapun. Namun, banyak juga orang yang mengonsumsinya dengan tambahan garam.Per porsinya (satu cangkir), jantung pohon kelapa sawit mengandung 4,6 miligram zat besi atau setara dengan 26% kebutuhan zat besi harian Anda, lho.Selain itu, sayuran yang mengandung zat besi ini juga memiliki folat, mangan, kalium, dan vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Catatan dari SehatQ:

Mengonsumsi berbagai sayuran yang mengandung zat besi di atas memang sangat baik untuk kesehatan, terutama jika Anda seorang vegetarian yang sedang mencari sumber zat besi dari sayuran.Namun ingat, jangan lupakan berbagai sayuran lainnya, karena masih ada banyak sayuran yang bisa mengoptimalkan kesehatan tubuh Anda.
makanan sehatzat besibuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/iron-rich-plant-foods#section3
Diakses pada 18 Mei 2020
PETA. https://www.peta.org/living/food/pan-seared-hearts-palm/
Diakses pada 18 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270609
Diakses pada 18 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait