10 Sayuran yang Mengandung Vitamin C

(0)
20 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran yang mengandung vitamin C sangatlah beragam, salah satunya brokoli!Sayuran yang mengandung vitamin C sangatlah banyak, mulai dari brokoli hingga kubis brussel.
Sayuran yang mengandung vitamin C menjadi bukti bahwa buah bukanlah satu-satunya asupan sehat yang mengandung nutrisi hebat itu.Faktanya, ada banyak sayuran yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi. Jika Anda ingin menambah daftar sumber vitamin C dalam pola makan sehari-hari, kenali dulu berbagai sayuran dengan kandungan tersebut!

Sayuran yang mengandung vitamin C

Vitamin C yang juga dikenal dengan sebutan asam askorbat sangatlah penting untuk perkembangan dan pertumbuhan setiap jaringan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam setiap fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, hingga sistem imun tubuh.Pentingnya beragam manfaat vitamin C di atas menjadi pengingat untuk kita agar lebih rajin lagi dalam mengonsumsinya lewat berbagai sayuran berikut ini.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin C berkadar tinggi. Bayangkan saja, dalam satu cangkir brokoli matang, terdapat 51 miligram vitamin C. Itu artinya, kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C sudah terpenuhi setengahnya.Berbagai penelitian juga menunjukkan, mengonsumsi vitamin C dari sayuran seperti brokoli bisa menurunkan kadar stres oksidatif, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga mencegah kanker dan penyakit jantung.

2. Kale

Sama seperti brokoli, kale yang berasal dari keluarga sayuran cruciferous merupakan sumber vitamin C tinggi. Satu cangkir kale mentah mengandung 80 miligram vitamin C. Bisa Anda bayangkan, kebutuhan harian Anda akan vitamin C hampir terpenuhi hanya dengan mengonsumsi satu cangkir kale mentah.Sementara itu, satu cangkir kale yang sudah matang mengalami penurunan kadar vitamin C, yakni 53 miligram. Meski demikian, sayuran yang mengandung vitamin C ini patut Anda coba!

3. Cabai

Cabe merah
Cabai merah, sayuran yang mengandung vitamin C
Bagi pecinta pedas, sayuran yang mengandung vitamin C ini patut dicoba. Ya, termasuk cabai hijau yang kerap dijadikan bumbu masakan berbagai hidangan khas Indonesia.Satu cabai hijau sudah mengandung 109 miligram vitamin C, atau setara dengan 121% rekomendasi asupan harian (RAH).Sebagai perbandingan, satu cabai merah mengandung 65 miligram vitamin C atau setara dengan 72% RAH.

4. Paprika kuning

Sayuran yang mengandung vitamin C ini terbilang unik. Sebab, kandungan vitamin C pada paprika kuning akan meningkat saat sudah matang!Satu cangkir (75 gram) paprika kuning sudah “mengantongi” 137 miligram vitamin C atau 152% RAH. Luar biasa, bukan?

5. Peterseli (parsley)

Sering dipercaya sebagai penyedap steak, ternyata peterseli atau parsley merupakan sayuran yang mengandung vitamin C.Si hijau yang harumnya khas ini mengandung 10 miligram vitamin C dalam setiap dua sendok makannya (8 gram).

6. Bayam jepang

Dikenal juga dengan sebutan bayam mustard, bayam jepang adalah sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Bayangkan saja, dalam satu cangkir bayam jepang terdapat 195 miligram vitamin C atau setara dengan 217% RAH.Saat memasaknya, panas dari api akan menurunkan kadar vitamin C bayam jepang menjadi 117 miligram. Bukan masalah yang besar, bukan?

7. Kubis brussel

Setengah cangkir kubis brussel sudah mengandung 49 miligram vitamin C atau setara dengan 54% RAH. Layaknya sayuran cruciferous lainnya, kubis brussel juga menjadi sumber serat, vitamin K, folat, vitamin A, mangan, dan kalium yang tinggi!

8. Timi

Sama seperti parsley, timi atau thyme juga seringkali digunakan untuk memasak steak. Persamaan timi dan parsley tidak hanya itu. Kkeduanya juga menjadi sayuran yang mengandung vitamin C!Bahkan, timi segar yang baru dipetik memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar daripada buah jeruk. Satu ons (28 gram) timi memilki 45 miligram vitamin C. Kecil-kecil cabai rawit menjadi kalimat yang sangat menggambarkan timi!

9. Seledri

Jus seledri
Jus seledri, sayuran yang mengandung vitamin C
Seledri adalah jenis sayuran yang sering dijadikan jus. Faktanya, satu cangkir jus seledri saja sudah mengandung 14 miligram vitamin C atau setara dengan 19% RAH.

10. Kembang kol

Masyarakat Indonesia tentu sangat akrab dengan kembang kol. Namun, mungkin tidak semua masyarakat tahu kalau ternyata kembang kol adalah sayuran yang mengandung vitamin C.Dalam satu cangkir (128 gram) kembang kol, terdapat 77% RAH vitamin C di dalamnya.

Kebutuhan vitamin C berdasarkan usia dan jenis kelamin

Jangan main-main, kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, lho. Selain itu, mengonsumsi vitamin C terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.Maka dari itu, supaya Anda tidak salah langkah, kenali dulu kebutuhan vitamin C berdasarkan usia dan jenis kelamin ini.
  • Anak-anak 1-3 tahun: 15 miligram
  • Anak-anak 4-8 tahun: 25 miligram
  • Anak-anak 9-13 tahun: 45 miligram
  • Remaja 14-18 tahun: 65-75 miligram
  • Remaja perempuan 19 tahun ke atas: 75 miligram
  • Remaja laki-laki: 90 miligram
  • Ibu hamil 19 tahun ke atas: 85 miligram
  • Ibu menyusui 19 tahun ke atas: 120 miligram
Jika Anda memang ingin mengonsumsi berbagai sayuran yang mengandung vitamin C di atas, ada baiknya ketahui dulu kebutuhan vitamin C harian dengan cermat. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko akibat kelebihan vitamin C di dalam tubuh.

Catatan dari SehatQ:

Selain berbagai sayuran yang mengandung vitamin C di atas, masih banyak sumber vitamin C lain seperti buah-buahan yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Intinya, cobalah penuhi kebutuhan harian nutrisi Anda demi tubuh yang lebih sehat.
makanan sehatvitamin chidup sehatbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
Diakses pada 6 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods#section13
Diakses pada 6 Juli 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/celery-juice-nutrition-facts-4169601
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait