10 Sayuran yang Mengandung Vitamin A

(0)
21 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran yang mengandung vitamin A sangat beragam, mulai dari wortel hingga bayam.Sayuran yang mengandung vitamin A tak sulit dicari.
Sayuran yang mengandung vitamin A tentunya sangat dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan kesehatan. Untungnya, berbagai sayuran yang mengandung vitamin A tidak sulit ditemukan di pasar tradisional maupun di pasar swalayan. Bahkan, kini Anda pun bisa membelinya secara online.Kehebatan vitamin A dalam mengoptimalkan fungsi organ penting tubuh seperti jantung, paru-paru, hingga ginjal menjadikannya salah satu nutrisi paling esensial.Sayangilah tubuh Anda dengan rajin mengonsumsi berbagai sayuran yang mengandung vitamin A ini.

Sayuran yang mengandung vitamin A

Selain mengoptimalkan fungsi organ penting, vitamin A juga memegang peran krusial dalam menjaga indra penglihatan, pertumbuhan tubuh, memperkuat sistem imun, hingga menjaga kesehatan organ reproduksi.Mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A secara rutin bisa mencegah berbagai gejala kekurangan vitamin A seperti rambut rontok, masalah kulit, mata kering, sampai infeksi.Sebelum mengetahui berbagai sayuran yang mengandung vitamin A, pahamilah bahwa vitamin A yang ada di dalam sayuran masih berbentuk karotenoid (beta-karoten dan alpha-karoten). Saat masuk ke dalam tubuh, mereka akan diubah menjadi vitamin A.Maka dari itu, kenalilah segudang sayuran yang mengandung vitamin A ini!

1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung vitamin A dengan kadar cukup tinggi. Setengah cangkir wortel mentah saja sudah mengandung 459 mikrogram vitamin A atau setara dengan 184% rekomendasi asupan harian (RAH).Hebatnya lagi, wortel juga mengandung serat tinggi, sehingga sembelit dan masalah pencernaan lainnya dapat diatasi.

2. Ubi

Ubi
Ubi, sayuran yang mengandung vitamin A
Ubi ternyata tidak kalah hebatnya dengan wortel! Sayuran yang mengandung vitamin A ini, jika dikukus bersama dengan kulitnya, mengandung 1.403 mikrogram vitamin A atau setara dengan 561% RAH.Ditambah lagi, ubi sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak, menjadikannya sebagai salah satu makanan ringan yang menyehatkan!

3. Kale

Kale atau daun kubis adalah sayuran berdaun hijau yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Siapa sangka kalau kale juga terdaftar sebagai sayuran yang mengandung vitamin A?Satu cangkir kale yang sudah dimasak mengandung 885 mikrogram vitamin A atau setara dengan 98% RAH!

4. Paprika merah

Selain rendah kalori, paprika merah juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi di kelasnya. Setengah cangkir paprika merah mentah saja sudah mengandung 117 mikrogram vitamin A atau setara dengan 47% kebutuhan harian Anda.

5. Bayam

Bayam
Bayam, sayuran yang mengandung vitamin A
Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam juga mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A. Sayuran yang mengandung vitamin A ini juga sangat “akrab” dengan lidah masyarakat Indonesia.Setengah cangkir bayam yang sudah matang mengandung 573 mikrogram vitamin A atau setara dengan 229% kebutuhan harian Anda.

6. Collard

Masih dari keluarga sayuran hijau, kini ada collard! Collard yang memiliki nama ilmiah Brassica oleracea var. viridis merupakan sayuran yang mengandung vitamin A tinggi.Satu cangkir collard matang saja sudah mengandung 722 mikrogram vitamin A atau setara dengan 80% kebutuhan harian Anda.

7. Brokoli

Menyandang predikat superfood, kehebatan brokoli untuk kesehatan memang tak perlu dipertanyakan lagi. Apalagi, brokoli juga masuk dalam golongan sayuran yang mengandung vitamin A.Setengah cangkir brokoli saja sudah mengandung 60 mikrogram vitamin A atau setara dengan 24% kebutuhan harian.Selain vitamin A, brokoli juga menawarkan vitamin K dan C yang sangat baik untuk kesehatan.

8. Lobak hijau

Sayuran yang mengandung vitamin A selanjutnya ialah lobak hijau. Dalam satu cangkir lobak hijau matang, terdapat 549 mikrogram vitamin A atau setara dengan 61% kebutuhan harian Anda.

9. Selada

Dibandingkan dengan sayuran yang mengandung vitamin A lainnya, selada mungkin tidak mengandung vitamin A yang terlalu tinggi. Bagaimanapun juga, selada sangat menyehatkan dan tidak boleh diremehkan.Satu helai daun selada besar mengandung 122 mikrogram vitamin A atau setara dengan 14% kebutuhan harian.

10. Labu

Labu dikenal sebagai sayuran yang mengandung berbagai macam nutrisi, terutama vitamin A. Bayangkan saja, selain mengandung kalium, vitamin C, zat besi dan vitamin E, labu bahkan mampu memenuhi 245% kebutuhan harian vitamin A! Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A ini, ya!

Kebutuhan harian vitamin A berdasarkan jenis kelamin dan usia

Kebutuhan harian vitamin A setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan usianya. Kenalilah kebutuhan harian vitamin A Anda, supaya tidak “overdosis” vitamin A.
  • Anak 1-3 tahun: 300 mikrogram per hari
  • Anak 4-8 tahun: 400 mikrogram per hari
  • Anak 9-13 tahun: 600 mikrogram per hari
  • Laki-laki 14 tahun ke atas: 900 mikrogram per hari
  • Perempuan 14 tahun ke atas: 700 mikrogram per hari
  • Wanita hamil 19-50 tahun: 770 mikrogram per hari
  • Wanita menyusui 19-50 tahun: 1.300 mikrogram per hari
Dengan memenuhi kebutuhan harian vitamin A, maka kesehatan tubuh akan terjaga dengan optimal. Konsumsilah berbagai sayuran yang mengandung vitamin A di atas, ataupun sumber vitamin A lainnya.

Catatan dari SehatQ:

Dibandingkan mengonsumsi vitamin A lewat suplemen, Anda lebih disarankan untuk memperoleh manfaat vitamin A lewat sumber alaminya. Sebab, mengonsumsi berbagai sayuran yang mengandung vitamin A juga akan memberikan Anda nutrisi lainnya juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219486
Diakses pada 7 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-a
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait