9 Sayuran untuk Penderita Diabetes: dari Wortel hingga Brokoli

(0)
18 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran untuk penderita diabetes sangat mudah dicari baik di pasar ataupun swalayan.Sayuran untuk penderita diabetes ada banyak macamnya, dari wortel hingga selada!
Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan enak? Buktinya, ada banyak sayuran untuk penderita diabetes yang aman, lezat, dan sehat untuk dikonsumsi.Sayuran memiliki serat dan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk penderita diabetes. Beberapa jenis sayuran juga rendah akan gula sehingga diabetes dapat dikontrol dan kesehatan tubuh terjaga.Oleh karena itu, mari kenali berbagai macam sayuran untuk penderita diabetes yang aman dan baik untuk dikonsumsi.

Kriteria sayuran untuk penderita diabetes

Tidak semua sayuran aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Dengan mengenal beberapa kriteria berikut, para penderita diabetes dapat memilih sayuran apa yang paling baik untuk mereka.
  • Indeks glikemik rendah

Pertama, sayuran untuk diabetes harus tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah. Itu artinya, makanan yang dikonsumsi tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh. Sebab, tidak semua sayuran tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah.
  • Mengandung nitrat

Sayuran untuk diabetes harus mengandung nitrat alami karena senyawa ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.Perlu diketahui, penyakit diabetes erat hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Sebab, diabetes bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis.
  • Mengandung protein

Makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, mereka tidak akan makan berlebihan dan kadar gula darahnya terjaga.
  • Mengandung serat

Serat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan penderita diabetes karena dapat mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan yang terpenting adalah menjaga berat badan.Setelah mengetahui sederet kriteria sayuran untuk diabetes di atas, sekarang saatnya Anda berkenalan dengan berbagai sayuran untuk diabetes yang aman dan baik untuk dikonsumsi.

Sayuran untuk penderita diabetes, apa saja?

Tidak sulit untuk menemukan berbagai sayuran yang memenuhi kriteria di atas. Sayuran untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi ini mudah ditemui di pasar maupun swalayan terdekat dari rumah Anda.

1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang baik untuk penderita diabetes. Sebab, serat yang dikandungnya akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terjaga.

2. Brokoli

Selain lezat, brokoli termasuk dalam sayuran untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Serat yang dikandung brokoli dapat bertindak sebagai prebiotik, yang mampu menjaga kadar gula darah dan metabolisme kolesterol

3. Timun Jepang (zucchini)

Timun Jepang alias zucchini mengandung banyak karotenoid, yakni komponen yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam kanker.Selain itu, timun Jepang juga rendah kalori dan mengandung banyak serat. Berbagai alasan ini menjadikan timun Jepang sebagai sayuran yang ideal untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4. Kubis

Kubis mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sah saja jika disebut sebagai sayuran yang baik untuk diabetes.Selain itu, kubis juga tinggi akan serat yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah dapat dijaga.

5. Bayam

bayam adalah sayuran untuk penderita diabetes yang lezat
Bayam, sayuran untuk penderita diabetes yang lezat!
Pada penderita diabetes, kadar gula darah tinggi yang sudah menahun dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi, diharapkan sirkulasi darah akan menjadi lancar.Bayam mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori.

6. Tomat

Seiring berjalannya waktu, tingginya kadar gula darah akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. Itulah mengapa para penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi banyak sayur.Tomat juga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes karena sayuran ini mengandung likopen, yakni senyawa antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

7. Mentimun

Tidak hanya mengandung banyak air, ternyata mentimun juga bisa membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebih. Ditambah lagi, sebuah penelitian membuktikan kalau mentimun dapat menurunkan dan menjaga kestabilan gula darah.

8. Selada

Selada terbagi dalam beberapa jenis, tetapi semua jenis selada dipercaya mengandung serat dan air yang tinggi. Selain itu, selada juga mengandung vitamin K, yaitu nutrisi yang sangat baik untuk proses pembekuan darah.Maka tidak heran kalau selada dipercaya sebagai salah satu sayuran untuk diabetes yang baik untuk dikonsumsi.

9. Jamur

Jamur bisa menjadi sayuran untuk penderita diabetes
Jamur, sayuran untuk penderita diabetes yang "mungil"
Dalam sebuah penelitian, para ahli melihat bahwa mengonsumsi obat-obatan diabetes, misalnya metformin, dipercaya dapat menyebabkan kekurangan vitamin B di dalam tubuh.Untuk mengatasinya, sejumlah jenis jamur dapat dicoba sebagai sayuran untuk diabetes. Selain kaya akan nutrisi, jamur juga lezat untuk dilahap.

Catatan dari SehatQ:

Jangan menjadikan sayuran untuk diabetes di atas sebagai pengobatan utama diabetes. Sebab, obat-obatan medis yang diresepkan dokter sangatlah dibutuhkan untuk mengatasi diabetes yang Anda idap.Namun jangan lupa juga untuk memasukkan sayuran untuk diabetes di atas ke dalam pola makan sehari-hari Anda, guna membantu proses pengobatan sekaligus menjaga kestabilan gula darah sehingga diabetes dapat dikontrol.
diabetesmakanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/healthbeat/8-principles-of-low-glycemic-eating
Diakses pada 2 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317225#best-vegetables
Diakses pada 2 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diabetes/high-blood-pressure#:~:text=Diabetes%20damages%20arteries%20and%20makes,heart%20attack%2C%20and%20kidney%20failure.
Diakses pada 2 September 2020
Eating Well. http://www.eatingwell.com/article/7763406/best-vegetables-for-diabetes/
Diakses pada 2 September 2020
Diabetes. https://www.diabetes.co.uk/diabetes-complications/poor-blood-circulation.html#:~:text=How%20is%20poor%20circulation%20linked,of%20blood%20to%20neighbouring%20cells.
Diakses pada 2 September 2020
NIDDK. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/preventing-problems/heart-disease-stroke#
Diakses pada 2 September 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait