10 Sayuran Sehat di Dunia yang Wajib Dimakan

(0)
21 Jul 2020|Azelia Trifiana
Bayam adalah salah satu sayuran sehat yang wajib dimakanSayuran sehat wajib dikonsumsi untuk hidup sehat
Jangan bosan dulu jika sejak kecil selalu diingatkan untuk mengonsumsi sayuran sehat. Bukannya berlebihan karena memang sayuran mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, dan juga serat yang diperlukan tubuh. Namun jika dibuat peringkat sayuran tersehat di dunia, bayam adalah juaranya.

Daftar sayuran sehat

Meskipun tidak mutlak dan mungkin bisa berbeda kandungan nutrisinya bergantung pada cara pengolahannya, ini daftar 10 besar sayuran sehat di seluruh dunia. Kita mulai dari peringkat 10:
  • Kubis merah

Warnanya yang merah tentu menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi. Tak heran, dalam 89 gram kubis merah terdapat anthocyanin, serat, bahkan memenuhi 85% AKG vitamin C dalam sehari.Dalam sebuah uji laboratorium terhadap binatang, diketahui bahwa ekstrak kubis merah bisa mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Bahkan, bisa melindungi jantung dan liver dari kerusakan.
  • Jahe

Mungkin lebih banyak orang mengenal jahe sebagai bagian dari rempah-rempah. Meski demikian, rupanya jahe juga termasuk sayuran sehat paling bernutrisi di dunia. Jahe termasuk makanan anti-inflamasi dan sangat baik dikonsumsi penderita arthritis, lupus, atau asam urat.Dalam sebuah penelitian, penderita osteoarthritis yang mengonsumsi ekstrak jahe merasakan kondisinya membaik, terutama pada nyeri lutut yang dialaminya. Menariknya lagi, jahe juga disebut bermanfaat dalam rangkaian pengobatan untuk mengatasi diabetes.
  • Collard greens

Sekilas terlihat mirip seperti kale, collard greens juga termasuk sayuran sehat yang baik dikonsumsi. Di dalamnya, terdapat serat, protein, dan juga kalsium yang tinggi. Sayuran ini termasuk dalam jajaran makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium.
  • Kacang polong

Rupanya, kacang polong yang mengandung karbohidrat dan kalori tinggi dibandingkan dengan sayuran lain juga termasuk daftar sayuran rekomendasi. Dalam 160 gram sajian kacang polong, terdapat serat, thiamin, niacin, riboflavin, folat, serta vitamin A, C, dan K.Mengingat kandungan seratnya cukup tinggi, kacang polong dapat memberi makanan bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan, sekaligus menjadi cara mengatasi BAB keras.
  • Kale

Sama seperti sayuran hijau lainnya, kale tak hanya termasuk makanan nutrisi tinggi tapi juga sayuran yang menyehatkan. Di dalamnya, terdapat banyak potasium, kalsium, copper, dan juga vitamin. Belum lagi antioksidan yang dapat menyehatkan jantung.
  • Taoge

Selain manfaat taoge untuk pria yang tersohor, sayuran yang satu ini juga mengandung antioksidan bernama kaempfreol yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Mengonsumsi taoge juga dapat membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi. Dalam sebuah penelitian, konsumsi taoge secara berkala dapat meningkatkan produksi enzim untuk detoks hingga 15-30%.
  • Bawang putih

Kandungan allicin dalam bawang putih sangat berkhasiat untuk banyak hal. Mulai dari mengendalikan kadar gula darah, menyehatkan jantung, mengoptimalkan sensitivitas insulin, juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan, bawang putih juga berpotensi mencegah kanker.
  • Brokoli

Sayuran kaya sulfur ini terbukti punya khasiat melindungi dari penyakit kanker. Tak hanya kanker, brokoli juga termasuk sayuran sehat yang bisa mencegah seseorang terinfeksi penyakit kronis. Seperti pada penelitian tahun 2010, mengonsumsi brokoli dapat melindungi jantung dari stres oksidatif.Terkait kandungan nutrisinya, 91 gram brokoli sudah memenuhi 116% AKG vitamin K, 135% AKG vitamin C, folat, mangan, dan juga potasium yang sangat diperlukan tubuh.
  • Wortel

Dalam 128 gram sajian wortel, sudah memenuhi 428% AKG vitamin A. Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat antioksidan betakaroten yang berpotensi mencegah kanker paru-paru hingga prostat. Kandungan di dalamnya juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan juga potasium.
  • Bayam

Peringkat pertama sayuran sehat jatuh kepada bayam, berkat kandungan nutrisinya yang menakjubkan. Hanya dengan 7 kalori dalam tiap sajiannya, sudah memenuhi 56% kebutuhan vitamin A dan vitamin K. Lebih jauh lagi, bayam juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi dari penyakit kronis.Selain daftar di atas, asparagus, ubi, swiss chard, dan kohlrabi yang bentuknya menyerupai lobak juga termasuk dalam daftar sayuran sehat. Tentu selain daftar di atas, masih ada banyak lagi sayuran dengan khasiat dan potensi yang tak kalah luar biasa. Semakin beragam sayuran sehat yang dikonsumsi, akan semakin positif pula dampaknya untuk kesehatan.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/14-healthiest-vegetables-on-earth
Diakses pada 6 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323319
Diakses pada 6 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-powerhouse-vegetables
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait