Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Ibu Hamil dan 7 Jenis Makanan Lainnya

(0)
Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamilSayuran hijau merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi saat hamil tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil adalah dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis-jenis makanan lainnya.

Apa penyebab tekanan darah tinggi saat hamil?

Ibu hamil dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi apabila hasilnya menunjukkan 130/80 mmHg atau lebih tinggi. Kondisi ini tergolong cukup serius bagi ibu hamil yang mengalaminya.Beberapa hal yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil, meliputi:
  • Hamil pertama kali
  • Kelelahan karena hamil sambil mengasuh anak lainnya
  • Kehamilan kembar
  • Riwayat anggota keluarga yang mengalami hipertensi saat hamil
  • Usia ibu lebih dari 35 tahun
  • Menjalani teknologi reproduksi terbantu, seperti program bayi tabung
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes atau penyakit autoimun lainnya
  • Mengalami berat badan berlebih atau obesitas
  • Jarang berolahraga
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
Ada berbagai jenis hipertensi yang mungkin dialami oleh ibu hamil, yakni riwayat tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelum masa kehamilan, hipertensi yang berkembang selama kehamilan atau hipertensi gestasional, dan preeklampsia.Jika Anda salah satu ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil, yaitu dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil, terutama yang berasal dari sayur-sayuran.

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil

Cara menurunkan hipertensi saat hamil dengan makan berbagai sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil nyatanya bukan tanpa alasan.Pasalnya, sayuran penurun darah tinggi kaya akan berbagai mineral, seperti kalium dan magnesium, serta menjadi sumber serat yang baik. Selain itu, sayuran penurun darah tinggi memiliki kandungan natrium yang rendah.Fungsi kalium dapat membantu kerja ginjal untuk menyingkirkan lebih banyak natrium melalui urine. Dengan ini, tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat menurun.Beberapa jenis sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang mengandung tinggi magnesium sebagian besar berasal dari sayur-sayuran hijau. Misalnya:
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kale
  • Sawi hijau
  • Bit hijau
Selain itu, sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil lainnya, termasuk:
  • Tomat
  • Wortel
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Asparagus
  • Seledri
  • Labu

Makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil lainnya

Tak hanya sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi saat hamil, melainkan ada berbagai jenis makanan penurun darah tinggi lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.Apa sajakah? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Ikan

Selain sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil, salmon juga penting untuk menurunkan darah tinggi
Salmon adalah makanan laut sumber asam lemak esensial
Ikan ternyata menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition mengemukakan bahwa makan ikan berlemak, seperti salmon, sebanyak tiga kali dalam seminggu memiliki korelasi terhadap penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu.Sejumlah riset sebelumnya juga menyimpulkan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung dalam makanan berbahan dasar ikan memiliki efek penurun tekanan darah tinggi.Selain bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil, salmon juga merupakan makanan laut sumber asam lemak esensial yang baik bagi ibu dan janin dalam kandungan.Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal dengan nama Docosahexanoic acid (DHA). DHA sangat penting bagi perkembangan sistem saraf bayi.Akan tetapi, ibu hamil perlu menghindari penambahan garam dalam memasak ikan. Sebab, hal tersebut justru dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

2. Gandum utuh

Makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil berikutnya adalah gandum utuh.Gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa mencegah penyempitan pembuluh darah dan berpotensi menurunkan tekanan darah saat hamil.Beberapa jenis gandum utuh yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain oatmeal, tepung gandum, dan nasi merah. Anda dapat mengonsumsi ¾ porsi setiap harinya.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil
Oatmeal bisa jadi pilihan camilan sehat untuk bumil yang mengalami hipertensi
Oatmeal adalah sumber makanan rendah natrium dan lemak serta mengandung tinggi serat sehingga cocok sebagai pilihan makanan penurun tekanan darah tinggi untuk ibu hamil.Oatmeal merupakan jenis makanan yang mudah disiapkan dan disantap saat sarapan di pagi hari.Anda juga bisa mengolah makanan satu ini sebagai camilan di antara waktu makan dengan menambahkan potongan buah penurun darah tinggi, seperti buah bit atau pisang, yang segar.

4. Makanan yang mengandung vitamin D

Tekanan darah tinggi saat hamil bisa saja terjadi akibat ibu hamil mengalami kekurangan asupan vitamin D. Maka dari itu, makanan yang mengandung vitamin D juga dapat menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi.Makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang mengandung vitamin D, meliputi keju (cheddar, parmesan, dan mozarella), kuning telur, hati sapi, salmon, ikan tuna, yogurt, dan susu skim.Baik yogurt dan susu skim mengandung kalsium yang tinggi dan rendah lemak sehingga dapat Anda jadikan sebagai makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil.Selain kalsium yang mempunyai peran penting dalam menurunkan tekanan darah, mungkin juga ada komponen lain dalam susu yang diyakini juga berperan, seperti senyawa peptida dari susu.

5. Biji-bijian

sayuran penurun darah tinggi lainnya adalah chia seed
Chia seed dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada ibu hamil
Beberapa jenis biji-bijian ada yang mengandung kalium, magnesium, dan jenis mineral lainnya untuk mengurangi tekanan darah.Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, seperti biji bunga matahari, biji labu, flaxseed, atau chia seed, sebagai makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil di antara waktu makan.

6. Kacang pistachio

Makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil lainnya, yakni kacang pistachio. Sebuah hasil studi mengemukakan bahwa rutin mengonsumsi kacang pistachio dapat mencegah penyempitan pembuluh darah.Dengan mengonsumsi kacang pistachio satu porsi sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi selain sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil
Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat menurunkan hipertensi
Minyak zaitun adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan asam lemak esensial yang baik bagi tubuh. Minyak zaitun mengandung polifenol, yakni suatu zat antiradang yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.Tidak hanya minyak zaitun, beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak esensial lainnya, yaitu minyak flaxseed, minyak kelapa, chia seed, hingga alpukat.Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil adalah dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis-jenis makanan lainnya.Jika Anda masih merasa bingung atau sulit menemukan sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan makanan penurun darah tinggi saat hamil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi menu makanan yang tepat.
hamilkehamilantekanan darah tinggi
Healthline. https://www.healthline.com/health/foods-good-for-high-blood-pressure#foods-to-try
Diakses pada 9 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/during-pregnancy#causes
Diakses pada 9 Juli 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22665124/
Diakses pada 9 Juli 2020
Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19487105
Diakses pada 9 Juli 2020
University of California. https://www.berkeleywellness.com/healthy-eating/food/lists/foods-that-lower-blood-pressure/slideid_1392
Diakses pada 9 Juli 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/diet-recommendations-to-reduce-high-blood-pressure-in-pregnancy/
Diakses pada 9 Juli 2020
Royal College of Obstetricians Gynaecologists. https://www.rcog.org.uk/en/news/a-diet-rich-in-vegetables-and-fish-linked-to-lower-risk-of-high-blood-pressure-during-pregnancy/
Diakses pada 9 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait