6 Sayuran Berwarna Ungu, Kaya Antioksidan dan Menyehatkan


Sayuran berwarna ungu kaya antioksidan anthocyanin yang dapat mencegah terkena penyakit kronis. Mencari sayuran ungu tidak susah, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional maupun supermarket.

(0)
20 Dec 2020|Azelia Trifiana
daftar sayuran berwarna ungu yang menyehatkanUbi ungu dan wortel ungu adalah sayuran yang menyehatkan
Agar menu makanan Anda lebih sehat dan menarik, tak ada salahnya membuatnya lebih berwarna. Caranya? Ambil saja sayuran ungu.Ada anggapan bahwa sayuran sehat dengan warna gelap berarti kandungan antioksidannya lebih tinggi. Ternyata hal ini memang terbukti valid.Mencari sayuran ungu tidak susah, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional maupun supermarket. Apa saja jenisnya?

Jenis sayuran ungu menyehatkan

Bagi yang sedang ingin mengisi stok sayuran di kulkas, berikut ini beberapa rekomendasi sayuran ungu sehat yang bisa dipilih:

1. Terong

terong ungu
Terong ungu
Mudah ditemukan dan harganya terjangkau, terong ungu termasuk sayur yang populer. Di dalamnya terdapat antioksidan serta mangan. Ini adalah jenis mineral yang penting untuk kesehatan tulang serta metabolisme tubuh.Kulit ungu dari terong mengandung anthocyanin nasunin. Ini merupakan zat yang dapat mencegah peradangan. Tak hanya itu, khasiat lain dari terong dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Kol ungu

Kol ungu
Termasuk dalam kelompok cruciferous vegetable, kembang kol ungu mengandung anthocyanin jauh lebih banyak dibandingkan dengan kol hijau. Warnanya begitu mencolok secara visual sehingga kerap dimasukkan dalam salad.Manfaat dari konsumsi kol ungu adalah mencegah peradangan, melindungi dari kanker usus, serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, kubis dengan warna gelap ini juga mengandung serat, vitamin A, dan vitamin C. 

3. Kale ungu

Apabila melihat kale dengan warna ungu, tak ada salahnya mencobanya. Varietas ini mengandung 47 zat bermanfaat mulai dari kampferol, quercetin, dan p-coumaric acid. Tentunya, kandungan ini membuatnya sangat baik untuk tubuh. Cara mengonsumsinya sama seperti kale dan sayuran hijau lainnya.

4. Buah bit

buah bit
Buah bit
Warnanya yang ungu kemerahan membuat buah bit memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di dalamnya terdapat nitrogen inorganik yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Caranya adalah dengan menurunkan tekanan darah serta meningkatkan pembentukan oksida nitrat.Dalam sebuah studi, konsumsi bit berbentuk jus dapat menurunkan tekanan darah hingga 3-10 mmHg hanya dalam waktu beberapa jam. Zat di dalam buah bit membuat pembuluh darah melebar dan menjadi lebih rileks.

5. Wortel ungu

wortel ungu
Wortel ungu
Meski tidak sepopuler wortel berwarna oranye, ini adalah sayuran dengan rasa manis dan tekstur renyah. Di dalamnya terdapat beragam jenis antioksidan seperti anthocyanin, cinnamic acid, dan chlorogenic acid. Dibandingkan dengan jenis wortel lainnya, jumlah antioksidan polifenol wortel ungu lebih banyak. Dalam penelitian, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya polifenol secara berkala lebih rendah risikonya mengalami penyakit jantung, obesitas, dan juga diabetes.

7. Ubi ungu

ubi ungu
Ubi ungu
Rasanya manis dan mengenyangkan, ubi ungu juga layak menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan. Di dalamnya lagi-lagi terdapat anthocanin yang menyehatkan kesehatan jantung dan juga mata. Tak hanya itu, ubi ungu dapat menurunkan risiko menderita penyakit kronis.Tak hanya ungu, menu makanan bergizi adalah yang mengandung berbagai warna. Semakin warna-warni piring seseorang, akan jauh lebih banyak nutrisi yang diperoleh.Jadi, tak ada salahnya memasukkan sayuran dan buah tak biasa seperti yang berwarna ungu untuk memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi mencukupi.

Catatan dari SehatQ

Kandungan antioksidan anthocyanin yang memberikan warna ungu pada tiap sayuran tadi sangat baik untuk dikonsumsi.Penasaran ingin tahu apa saja jenis buah dan sayuran ungu lainnya yang menyehatkan? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
makanan sehatmakanan dietpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/purple-foods
Diakses pada 4 Desember 2020
BMC Plant Biology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5941660/
Diakses pada 4 Desember 2020
World Journal of Gastroenterology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5941660/
Diakses pada 4 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24470093/
Diakses pada 4 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait