7 Sayuran Berwarna Merah yang Menyehatkan dan Sumber Antioksidan


Ada banyak sayuran berwarna merah menyehatkan yang bisa Anda coba di rumah. Kandungan phytonutrient di dalam sayuran merah memberikan suplai antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

(0)
22 Dec 2020|Azelia Trifiana
Sayuran berwarna merah yang menyehatkanCabai hingga tomat merah, sayuran merah yang menyehatkan
Warna sayuran yang menyehatkan bukan hanya hijau. Ada banyak sayuran berwarna merah menyehatkan yang bisa Anda coba di rumah. Kandungan phytonutrient di dalam sayuran merah memberikan suplai antioksidan, vitamin, dan juga mineral.Tak hanya itu, dalam sayuran berwarna merah juga terdapat likopen dan anthocyanin. Keduanya merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan melindungi kesehatan mata.

Sayuran berwarna merah yang menyehatkan

Beberapa jenis sayuran berwarna merah yang menyehatkan di antaranya:

1. Tomat

tomat
Tomat merah
Tomat merupakan sumber vitamin C, likopen, dan juga potasium yang menyehatkan tubuh. Utamanya kandungan likopen yang dapat menurunkan risiko terkena infeksi, melindungi mata, dan menjaga kesehatan jantung.Tak hanya itu, mengonsumsi tomat secara berkala juga dapat melindungi dari kerusakan akibat asap rokok. Menariknya lagi, mengolah tomat dengan sedikit minyak membuat tubuh lebih mudah menyerap likopen.

2. Paprika merah

Sayuran dengan rasa manis ini mengandung nutrisi berupa vitamin A dan juga vitamin C. Bonusnya, di dalamnya hanya terdapat 30 kalori. Ini membuat paprika ini menjadi pilihan tepat untuk menjaga sistem imun serta menjaga kesehatan kulit.Konsentrasi paling tinggi dalam paprika merah adalah vitamin C. Nutrisi ini dapat melindungi dari infeksi. Tak hanya itu, paprika juga mengandung vitamin B6, vitamin E, dan juga folat.

3. Lobak merah

Lobak merah
Termasuk dalam sayuran kubis-kubisan, lobak merah merupakan sumber vitamin C, folat, dan juga potasium. Kalorinya pun sangat rendah sehingga cocok dijadikan pilihan camilan sehat.Tak hanya itu, kandungan serat dari lobak merah akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Bonusnya, ada kandungan antioksidan, vitamin, dan juga mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Cabai merah

cabai merah
Cabai merah
Bagi pecinta pedas, sudah tahukah apa manfaat mengonsumsinya? Kandungan capsaicin dalam cabai dapat membantu melawan peradangan bahkan mengurangi rasa nyeri. Para peneliti juga terus mencari tahu lebih jauh manfaat capsaicin untuk melawan kanker.Dalam 1 ons cabai merah saja, sudah memenuhi 2/3 kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, di dalamnya juga terdapat magnesium, copper, dan juga vitamin A.

5. Selada merah

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, selada dengan daun merah merupakan sayuran yang bisa melindungi dari kanker. Di saat yang sama, sayuran merah ini juga dapat menunda penuaan.Jika dibandingkan dengan selada berwarna hijau terang, jenis dengan warna merah atau hijau gelap mengandung antioksidan lebih tinggi. Tak hanya itu, kadar vitamin B6 di dalamnya juga lebih banyak. Mengonsumsi selada merah juga hampir memenuhi separuh kebutuhan harian vitamin A dan vitamin K.

6. Bawang merah

Di dalam bawang merah terdapat zat organosulfur, sama seperti yang ada di bawang putih, daun bawang, serta bawang bombai. Zat semacam ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan produksi kolesterol, serta menyehatkan liver orang yang mengonsumsinya.Selain itu, kandungan allyl sulfides juga dapat melawan kanker serta penyakit jantung. Bonusnya, serat dalam bawang merah juga sangat baik untuk sistem pencernaan.

7. Kentang merah

Meski tak sepopuler kentang biasanya, kentang berwarna merah kaya akan potasium, vitamin C, thiamin, dan juga vitamin B6. Sebisa mungkin, tetap konsumsi kulitnya karena kaya serat dan mengandung banyak sumber vitamin. Tapi, pastikan telah mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Sayuran merah mendapatkan warna mencoloknya dari phytonutrient di dalamnya. Semakin gelap warna sayuran, artinya kandungan antioksidan, vitamin, dan juga mineralnya pun lebih tinggi. Kombinasi zat ini membantu mencegah kanker, melawan penyakit kronis, serta memperkuat sistem imun seseorang.Penelitian juga terus mengembangkan potensi perlindungan sayuran berwarna merah untuk melawan kanker prostat serta jenis tumor lainnya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat sayuran berwarna merah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/red-vegetables
Diakses pada 5 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/red-foods-the-new-health-powerhouses
Diakses pada 5 Desember 2020
Fresh Baby. https://www.freshbaby.com/red-fruits-and-vegetables/
Diakses pada 5 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait