7 Sayuran Akar yang Bernutrisi dan Baik untuk Tubuh


Sayuran akar adalah jenis sayuran yang akarnya dimanfaatkan, yaitu dari kelompok umbi. Contoh yang cukup populer adalah kentang dan wortel. Di dalam sayuran akar terdapat kandungan serat, vitamin, dan juga mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

(0)
23 Dec 2020|Azelia Trifiana
Jenis sayuran akar yang menyehatkan bagi tubuhUbi merupakan sayuran akar yang menyehatkan untuk dikonsumsi
Sayuran akar adalah jenis sayuran yang akarnya dimanfaatkan, yaitu dari kelompok umbi. Contoh yang cukup populer adalah kentang dan wortel. Di dalam sayuran akar terdapat kandungan serat, vitamin, dan juga mineral yang bermanfaat untuk tubuh.Tak hanya itu, beberapa jenis umbi juga mengandung antioksidan. Manfaat ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat paparan zat radikal bebas.

Sayuran akar yang menyehatkan

Beberapa jenis sayuran akar yang sebaiknya sering dimasukkan dalam daftar menu Anda sehari-hari adalah:

1. Ubi

ubi
Jenis sayuran ini kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, dan juga mangan. Selain itu, ubi juga merupakan sumber antioksidan seperti betakaroten, asam klorogenik, dan anthocyanin.Dalam ulasan 3 studi, mengonsumsi 4 gram ekstrak ubi selama 12 pekan dapat memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes. Ubi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari gangguan kesehatan mata.

2. Jahe

jahe
Rempah yang satu ini kaya akan antioksidan yaitu gingerol dengan segudang manfaat. Dalam sebuah studi terhadap 1.278 ibu hamil, diketahui bahwa konsumsi jahe bisa mengurangi rasa mual dan morning sickness.Jahe juga bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Bahkan, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa jahe bisa meredakan kram perut saat haid.

3. Buah bit

buah bit
Di antara jenis sayuran akar, buah bit adalah yang paling bernutrisi. Di dalamnya terdapat serat, folat, dan mangan. Tak hanya itu, ada juga kandungan nitrat yang melebarkan pembuluh darah serta berpotensi menurunkan tekanan darah. Bit juga diketahui dapat meningkatkan performa saat olah raga dan meningkatkan aliran darah ke otak.

4. Lobak

lobak
Rendah kalori dan karbohidrat, lobak adalah sayuran yang kaya serat serta vitamin C. Di dalamnya juga terdapat kandungan yang bisa melindungi dari beberapa jenis jamur. Tak hanya itu, studi terhadap binatang menunjukkan bahwa lobak bisa melindungi dari masalah tukak lambung.

5. Wortel

Di dalamnya terdapat vitamin A dan juga vitamin K. Antioksidan betakaroten membuat warnanya mencolok sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam penelitian terhadap manusia dan binatang. Ada juga penelitian yang menemukan bahwa tingginya asupan karoten dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara dan prostat.Tak hanya itu, mengonsumsi sayuran juga bisa melindungi dari penyakit degenerasi makula atau penurunan kesehatan mata pada orang berusia lanjut.

6. Kentang

Mudah diolah dengan rasa yang lezat, kentang mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan juga mangan. Cukup dengan merebus kentang saja, sudah bisa menjadi makanan yang mengenyangkan. Bahkan, ini bisa mengurangi risiko kelebihan asupan kalori.Pilah bagaimana cara mengonsumsi kentang. Jika digoreng serta ditambahkan bumbu lain, bisa jadi kandungan lemak dan sodiumnya justru lebih tinggi ketimbang seratnya.

7. Bawang putih

Termasuk dalam genus Allium, bawang putih mengandung banyak nutrisi seperti mangan, vitamin B6, dan juga vitamin C. Popularitas bawang putih juga tersohor karena bisa melindungi dari berbagai penyakit. Di dalamnya terdapat allicin yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah serta kolesterol.Bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengolahnya pun mudah karena hampir setiap masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbunya.

Selain ketujuh jenis sayuran akar di atas, masih banyak lagi pilihan lainnya yang tak kalah bernutrisi. Mulai dari kunyit, seledri, dan juga bawang merah termasuk dalam sayuran akar.Untuk berdiskusi lebih lanjut jenis sayuran apa yang bisa menjadi menu makanan sehari-hari Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/root-vegetables
Diakses pada 7 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25230520/
Diakses pada 7 Desember 2020
Health Harvard Edu. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-pros-and-cons-of-root-vegetables
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait