Savasana Yoga, Bukan Hanya Sekadar Berbaring tapi juga Banyak Manfaat


Savasana adalah pose yoga yang mengharuskan Anda berbaring dan mengosongkan pikiran selama 5-10 menit. Pose ini bermanfaat untuk memaksimalkan efek olahraga hingga meredakan stres.

0,0
11 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Savasana yoga adalah posisi berbaring sambil mengosongkan pikiran selama 5-10 menitSavasana yoga bisa membuat pikiran lebih tenang dan manfaat olahraga lebih terasa
Savasana yoga adalah pose yoga yang membuat Anda hanya perlu berbaring di atas matras yoga dengan posisi rileks dan badan, kaki, serta tangan yang lurus menyentuh matras. Posisi ini disebut juga dengan pose mayat.Pose savasana dilakukan selama 5-10 menit setelah selesai yoga. Namun, Anda juga bisa melakukannya setelah berolahraga jenis lain, mulai dari bersepeda hingga jogging.

Manfaat savasana yoga

Savasana yoga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks
Manfaat savasana yoga bisa meredakan stres
Melakukan istirahat setelah berolahraga dengan pose savasana bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini:

1. Manfaat olahraga lebih maksimal

Savasana yoga mampu membuat tubuh menyerap maksimal manfaat dari olahraga yang baru saja dilakukan. Savasana membuat kita menjadi lebih fokus, sehingga secara tidak langsung, kita jadi bisa lebih memanfaatkan kebaikan yang baru saja didapat dari olahraga.

2. Meredakan stres setelah olahraga

Stres setelah olahraga tentu berbeda dengan stres akibat pekerjaan ataupun stimulus lainnya. Stres setelah olahraga adalah reaksi biologis yang terjadi karena kegiatan fisik membuat detak jantung lebih cepat, berkeringat, dan tersengal-sengal.Melakukan yoga savasana setelah olahraga akan membantu mengembalikan fungsi tubuh kembali ke titik normal. Cara ini juga bisa membuat pikiran lebih tenang. Dalam jangka panjang, melakukan teknik relaksasi seperti ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi paru, dan meredakan stres serta gangguan kecemasan.

3. Membantu untuk rutin berolahraga

Salah satu mekanisme yang paling berhasil untuk membuat manusia bertahan dalam suatu tantangan adalah reward dan punishment, alias hadiah dan hukuman. Dengan adanya reward, manusia jadi bisa bertahan lebih lama dalam menjalani suatu tantangan.Hal yang sama juga berlaku pada saat berolahraga. Pose savasana bisa dirasakan sebagai reward setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, sehingga untuk melakukan olahraga di kemudian hari, Anda bisa lebih semangat.

4. Memperpanjang post workout high

Post workout high adalah kondisi setelah olahraga yang membuat suasana hati meningkat dan Anda jadi lebih bersemangat. Tubuh pun akan terasa jauh lebih rileks. Dengan melakukan savasana, efek ini akan bertahan lebih lama, bahkan hingga keesokan harinya.

5. Lebih tangguh menjalani aktivitas sehari-hari

Yoga savasana adalah relaksasi yang juga bisa jadi ajang mendisiplinkan pikiran. Untuk bisa fokus dan mengosongkan pikiran selama 5-10 menit bukanlah hal yang mudah. Jika Anda berhasil melakukannya saat savasana, pikiran akan terbiasa untuk fokus dan disiplin.Ini akan membuat kita jadi lebih tahan banting saat pikiran atau situasi negatif datang dari luar saat beraktivitas. Dengan pikiran yang terlatih, Anda akan bisa bertindak lebih bijaksana saat menghadapi masalah.

Cara melakukan savasana yoga

Posisi savasana yoga
Posisi savasana yoga
Dibanding pose yoga lain, pose savasana memang terlihat sederhana. Namun, untuk melakukannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa memaksimalkan manfaatnya. Berikut ini tahapan melakukan savasana yoga yang benar:
  • Posisikan tubuh telentang di atas matras yoga
  • Bukalah kaki sedikit, tetap rileks tak perlu terlalu lurus
  • Posisi tangan berada di samping badan, rileks
  • Hadapkan telapak tangan ke atas, tapi tak perlu sengaja membuatnya tetap terbuka. Tak apa bila jari-jari sedikit menekuk ke arah telapak tangan.
  • Posisi bahu rileks, menempel ke matras
  • Buat seluruh tubuh menjadi rileks, termasuk wajah. Rasakan berat tubuh perlahan-lahan turun ke matras
  • Bernapaslah seperti biasa dan fokuskan pikiran lewat satu tarikan napas panjang
  • Tetap berada di posisi ini selama 5-10 menit.
  • Jika sudah selesai, mulai kembalikan kesadaran dengan menggerakkan jari kaki dan tangan
  • Lakukan peregangan dengan membawa lengan ke atas kepala dan tekuk lutut lalu berguling ke samping sambil menutup mata. Ini disebut sebagai posisi janin.
  • Saat melakukan posisi janin, sanggah kepala menggunakan lengan atas dan bernapaslah beberapa kali secara teratur.
  • Jika sudah selesai, bisa kembali ke posisi duduk secara perlahan.

Kesalahan yang sering dilakukan pada savasana yoga

Percaya atau tidak, banyak orang yang bilang savasana adalah salah satu pose yoga yang paling sulit dilakukan.Meski secara fisik tidak banyak gerakan, tantangan agar berhasil melakukan savasana adalah menjaga pikiran tetap tenang.Tidak melakukan apa-apa secara fisik maupun mental selama 10 menit, bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Saat diharuskan mengosongkan pikiran, kita kadang cenderung malah semakin banyak berpikir.Ini adalah tantangan terbesar saat melakukan savasana yoga. Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar savasana yoga maupun jenis yoga lain dan manfaatnya untuk kesehatan, Anda bisa berdiskusi secara langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store maupun Google Play.
tips olahragayoga
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-savasana-after-any-workout
Diakses pada 31 Agustus 2021
Very Well Mind. https://www.verywellfit.com/corpse-pose-savasana-3567112
Diakses pada 31 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait