Saus Marinara, Saus Berbahan Tomat yang Punya Banyak Khasiat Menjanjikan


Wajib hukumnya menggunakan saus marinara, utamanya ketika sedang membuat pasta atau pizza. Hanya cukup sedikit saja, saus yang satu ini sudah memperkuat rasa dari masakan. Dalam setengah cangkir takarannya, kalori saus marinara adalah sekitar 66.

0,0
15 Oct 2021|Azelia Trifiana
Saus marinaraSaus marinara
Wajib hukumnya menggunakan saus marinara, utamanya ketika sedang membuat pasta atau pizza. Hanya cukup sedikit saja, saus yang satu ini sudah memperkuat rasa dari masakan. Dalam setengah cangkir takarannya, kalori saus marinara adalah sekitar 66.
Meski demikian, perlu digarisbawahi saus marinara mengandung sodium cukup tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi sewajarnya agar tidak membuat Anda konsumsi terlalu banyak sodium penyebab darah tinggi.

Kandungan nutrisi saus marinara

Salah satu bahan baku saus marinara adalah tomat. Artinya, Anda bisa menghitung saus yang satu ini sebagai sayuran. Tapi, apakah bumbu masakan ini termasuk pilihan bernutrisi?Dalam setengah cangkir atau 132 gram saus marinara, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 66
  • Lemak: 2 gram
  • Sodium: 577 miligram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Gula: 6,5 gram
  • Protein: 2 gram
Lebih dari separuh total karbohidrat saus marinara adalah gula. Jumlahnya sekitar 6,5 gram hanya dalam setengah cangkir saus ini. Sumber gula ini datang dari fruktosa yang secara alami memang ada di tomat.Sekitar 61% kalori saus marinara datang dari karbohidrat ini. Sementara sisanya berupa protein dan lemak.Selain itu, tak kalah penting melihat berapa kadar sodium dalam saus marinara. Dalam setengah cangkir saja, terdapat 566 miligram sodium. Ini sangat tinggi, mengingat rekomendasi batas asupan sodium harian adalah 2.300 miligram.Artinya, satu porsi saus marinara saja sudah mencakup 25% batas asupan sodium harian. Alternatifnya, di luar sana terdapat juga varian saus marinara rendah sodium yang hanya mengandung 40 miligram sodium.

Manfaat saus marinara untuk kesehatan

Kelebihan saus marinara adalah di dalamnya terdapat vitamin dan mineral esensial. Satu porsinya saja telah memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin A dan vitamin E. Selain itu, saus marinara juga merupakan sumber vitamin K, vitamin B6, niacin, tembaga, dan potasium.Lalu, bagaimana dengan manfaat saus marinara untuk kesehatan?
  • Potensi melindungi dari kanker

Dalam saus marinara, terdapat antioksidan jenis likopen. Ini adalah bagian dari karoten yang membuat tomat berwarna merah. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dan sel-sel di dalamnya dari kerusakan oksidatifBahkan, bisa melindungi dari kanker dengan cara membunuh sel kanker agar tidak terus bertumbuh.Bahkan, ada beberapa bukti dari American Institute for Cancer Research bahwa mengonsumsi tomat bisa menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, dan usus. Bahkan, diet kaya likopen juga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker.Meski hasil temuan ini menjanjikan, perlu lebih banyak lagi penelitian sebelum mengonfirmasi klaimnya.
  • Potensi menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tomat seperti saus marinara bisa menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Lagi-lagi, ini berkat kandungan likopen di dalamnya. Selain itu, likopen juga dapat menurunkan risiko mengalami stroke.
  • Potensi memperkuat tulang

Bukan hanya kalsium, tulang juga perlu vitamin K dan likopen untuk mencegah penurunan massa tulang. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan karoten dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Artinya, risiko osteoporosis pun bisa berkurang.Menariknya, studi pada Januari 2020 ini menemukan bahwa konsumsi saus kaya likopen dapat mencegah pengeroposan tulang pada perempuan menopause.
  • Potensi menyehatkan kulit

Ingin memberikan perlindungan tambahan untuk kulit? Maka konsumsilah makanan kaya likopen dan betakaroten. Saus marinara, salah satunya. Sebab, kedua jenis karoten ini dapat menjaga kulit agar tidak rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.
  • Potensi mencegah diabetes

Konsumsi makanan tinggi likopen juga bisa mencegah diabetes. Sebab, kandungan antioksidan dan anti-peradangan di dalamnya dapat mencegah dari penyakit kronis satu ini. Bahkan, bisa juga mencegah obesitas.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak hal menjanjikan dari manfaat saus marinara. Hal yang perlu diperhatikan adalah meski kalori saus marinara tidak terlalu banyak, sodiumnya cukup tinggi. Jadi, sebaiknya konsumsi sewajarnya saja.Selain itu, di pasaran juga tersedia banyak saus marinara dengan pilihan kadar sodium lebih rendah. Bijak memilih jenis saus marinara, agar tak perlu khawatir dengan efek samping seperti sodium berlebih.Bahkan bonusnya, ada banyak potensi menjanjikan dari konsumsi saus marinara untuk kesehatan. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar sumber makanan kaya likopen, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/marinara-sauce-nutrition-facts-and-health-benefits-5200550
Diakses pada 1 Oktober 2021
American Institute for Cancer Research. https://www.aicr.org/cancer-prevention/food-facts/tomatoes/
Diakses pada 1 Oktober 2021
Journal of Translational Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6990577/
Diakses pada 1 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait