Sariawan di Lidah Sangat Mengganggu, Mari Kenali Penyebabnya!

Sariawan di lidah dapat menjadi sangat mengganggu akibat sakit yang dirasakan saat makan atau bicara
Lidah yang tergigit dengan keras dan rasa terbakar pada lidah dapat menyebabkan sariawan.

Sariawan di lidah dapat menjadi sangat mengganggu akibat sakit yang dirasakan saat makan atau bicara. Sebagian besar sariawan yang dialami pada umumnya tidak berbahaya, namun jika sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu merupakan pertanda masalah yang lebih serius.

Penyebab Sariawan di Lidah

Lidah yang tergigit dengan keras dapat menyebabkan sariawan di lidah, juga rasa sakit dan terbakar pada lidah. Mengonsumsi makanan yang keras atau tajam juga dapat menjadi penyebab sariawan di lidah.

Kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat turut berperan dalam pembentukan sariawan di lidah. Jika hal ini yang menjadi penyebab sariawan Anda, hanya mengobati sariawan yang sedang dialami tidaklah cukup. Sariawan dapat kembali terjadi apabila Anda tidak memperbaiki pola makan dan asupan gizi yang Anda konsumsi.

Sariawan berulang pada lidah dapat dipicu oleh keadaan stres dan gelisah; perubahan hormonal (pada wanita dapat terjadi saat siklus menstruasi); alergi terhadap makanan tertentu, seperti coklat, makanan pedas, kopi, kacang-kacangan, telur, sereal, almond, stroberi, keju, dan tomat. Faktor genetik atau keturunan juga dapat memengaruhi terjadinya sariawan di lidah.

Sebagian penderita sariawan berulang di lidah memiliki riwayat serupa pada anggota keluarganya. Sariawan juga dapat diakibatkan oleh efek radioterapi atau kemoterapi dan konsumsi obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, antihipertensi (beta blocker), antibiotik jangka panjang, antihistamin, dekogestan, dan steroid.

Penyebab sariawan di lidah yang paling berbahaya adalah kanker. Beruntungnya, hanya sebagian kecil sariawan di lidah yang merupakan suatu kanker. Jika terjadi pada bagian 2/3 lidah depan, maka sariawan tersebut dapat digolongkan dalam kelompok kanker mulut, sedangkan apabila terjadi pada bagian belakang lidah, kondisi ini dapat dikelompokkan dalam kanker orofaring.

Sariawan sebagai Gejala Penyakit Tertentu

Sariawan yang Anda alami bisa tidak disertai rasa sakit pada fase awal dan cenderung mudah berdarah. Gejala lain yang dapat muncul, yaitu bercak putih atau merah yang tidak kunjung menghilang, nyeri saat mengunyah dan menelan, rasa baal di mulut, dan lidah berdarah tanpa penyebab yang jelas.

Sariawan di lidah dapat merupakan gejala dari penyakit autoimun, seperti penyakit Behcet, pemfigus vulgaris, dan sindrom Sjörgen.

1. Penyakit Behcet

Disebabkan oleh inflamasi pada pembuluh darah. Sariawan dapat berlangsung 1-3 minggu, yang disertai adanya nyeri sendi, inflamasi pada mata, dan ulkus di alat kelamin.

3. Pemfigus Vulgaris

Kondisi ini dapat menyebabkan lepuh pada rongga mulut, kulit, dan alat kelamin. Lepuh yang mudah pecah menjadi ulkus (seperti sariawan). Pengobatan yang diberikan mirip seperti jika Anda mengalami luka bakar.

3. Sindrom Sjörgen

Penyakit ini disebabkan adanya inflamasi pada kelenjar air liur dan air mata, sehingga terjadi mulut kering dan mata kering yang bersifat kronis. Pada rongga mulut yang kering, lidah juga turut menjadi kering, sehingga mudah terjadi sariawan dan infeksi.

Mengobati Sariawan di Lidah

Secara umum, sariawan di lidah akan sembuh sepenuhnya dalam 1-2 minggu dengan sendirinya. Jika Anda tidak dapat menaham sakit yang dialami, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri. Anda dapat menggunakan obat kumur klorheksidin untuk mencegah terjadinya infeksi pada rongga mulut. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan pedas yang dapat mengiritasi lidah.

Konsultasikan ke dokter apabila sariawan yang Anda alami tidak membaik dalam tiga minggu, terjadi sariawan berulang, dan sariawan menjadi semakin nyeri dan kemerahan.

O’Brien CP. Management of Stomatitis. Can Fam Physician. 2009 Sep;55(9):891–2.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/sore-tongue
Diakses pada April 2019

Nidirect. https://www.nidirect.gov.uk/conditions/sore-or-painful-tongue
Diakses pada April 2019

Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/mouth-cancer/stages-types-grades/tongue-cancer/about
Diakses pada April 2019

NHS Inform Scotland. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/mouth/mouth-ulcer
Diakses pada April 2019

MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/mouth-and-dental-disorders/symptoms-of-oral-and-dental-disorders/recurrent-aphthous-stomatitis
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed