Sarapan, Cara Mengatasi Mual saat Hamil di Pagi Hari

Cara mengatasi mual saat hamil dapat dilakukan dengan memilih menu sarapan yang tepat
Mual saat hamil biasanya terjadi pada pagi hari

Ibu hamil yang mengalami mual, atau yang juga dikenal sebagai morning sicknessbiasanya kurang berselera menyantap sarapan. Morning sickness merupakan kondisi mual saat hamil muda dan biasanya terjadi saat pagi hari.

Lebih dari setengah ibu hamil mengalami mual terutama selama trimester pertama. Pada tingkat yang lebih parah, morning sickness bisa membahayakan kehamilan seseorang. Kondisi ini disebut dengan hiperemesis gravidarum, yaitu bentuk ekstrim dari morning sickness yang menyebabkan mual dan muntah parah.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil di Pagi Hari

Semua masalah pasti ada solusinya. Begitu juga dengan masalah mual saat hamil alias morning sickness ini. Salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang paling mudah adalah dengan memilih sarapan pagi yang tepat.

Berikut adalah pilihan menu sarapan yang bisa Anda coba sebagai cara mengatasi rasa mual saat hamil di pagi hari:

Smoothie Alpukat

Rasa haus selama kehamilan jika dibiarkan, bisa memperburuk kondisi mual. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengganti menu kopi di pagi hari dengan minuman smoothie alpukat, untuk menghidrasi tubuh. Tambahkan jahe dalam minuman Anda, untuk meredakan mual. Ikuti resep ini untuk membuat smoothie alpukat yang lezat sebagai cara mengatasi mual saat hamil.

  • Siapkan setengah buah alpukat, 1 buah pisang, serta segenggam raspberry
  • Siapkan 120 gram yoghurt alami, jahe parut secukupnya, dan 1 sendok makan kacang almond yang sudah diblender
  • Haluskan semua bahan bersama-sama dengan blender

Muesli

Anda bisa membuat makanan ini di malam hari, lalu menyimpannya di kulkas. Selain mengandung protein dan vitamin B6, muesli juga meningkatkan energi dalam tubuh dan menangkal berbagai penyakit. Bahkan berdasarkan penelitian, biji chia dapat menyerap 10 kali berat badan yang merupakan penyebab rasa mual. Berikut ini cara pembuatannya:

  • Campur 3 sendok makan oat giling dengan 3 sendok makan quinoa
  • Tuang 120 ml susu almond
  • Masukkan 1 sendok makan biji chia, setengah sendok kayu manis, dan 1 sendok makan pistachio cincang
  • Bila langkah di atas sudah selesai, parut setengah apel kemudian taruh irisan setengah jeruk di atasnya. Aduk rata.

Roti Gandum Isi Telur

Ibu hamil wajib mengonsumsi telur matang agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Hal ini juga bisa meredakan morning sickness. Tak hanya membutuhkan zat besi yang banyak, ibu hamil juga memerlukan asupan mineral yang cukup sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Berikut ini cara pembuatannya:       

  • Panaskan 1 sendok makan minyak kelapa di atas wajan, kemudian masukkan 2 butir telur (Anda bisa mengganti minyak kelapa dengan minyak kenari)
  • Setelah itu, panggang 2 irisan roti gandum
  • Begitu putih telur matang, balik telur tersebut. Kemudian panaskan bagian kuning telur selama 20 detik. Sajikan bersama roti panggang

Bubur Gandum dan Buah

Sarapan pagi yang sangat bergizi ini bisa memberikan cukup energi. Selain tinggi kandungan vitamin B6, bubur oat yang mengandung kayu manis bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  • Tambahkan setengah cangkir bubur gandum ke dalam setengah cangkir susu
  • Didihkan campuran tersebut selama 4 menit
  • Jangan lupa tambahkan sedikit lebih banyak susu agar bisa mencapai konsistensi yang diinginkan
  • Bila sudah selesai, nikmati bubur tersebut dengan sedikit kayu manis dan segenggam rasberi

Kacang dan Biji-bijian

Bila merasa terlalu mual untuk makan, Anda bisa mengonsumsi menu sarapan yang satu ini. Cobalah mengonsumsi segenggam kacang serta biji-bijian. Dengan begitu, rasa mual bisa teratasi.

Banner Telemed