Bentuk tubuh wanita ada bermacam-macam, mulai dari apel hingga jam pasir
Bentuk tubuh wanita dapat dikelompokkan menjadi beragam jenis

Seringkali dalam bahasa penulisan, tubuh seorang wanita digambarkan dengan perumpamaan, seperti gitar Spanyol atau jam pasir. Namun seperti yang kita tahu, di dunia nyata ada banyak tipe bentuk tubuh wanita, mulai dari yang kurus, sedikit besar di bagian paha, atau mungkin memiliki bahu yang lebih lebar.

Kalau urusan estetika, tentu tidak ada satu bentuk yang lebih baik dari bentuk yang lain. Semua itu hanya urusan preferensi. Meski demikian tak bisa dipungkiri, cukup menyenangkan untuk mengelompokkan diri kita ke dalam ciri-ciri tertentu.

Tak hanya mencari tipe kepribadian, sekarang Anda juga bisa mulai mencocokkan bentuk tubuh wanita yang paling cocok dengan diri sendiri.

Tipe bentuk tubuh wanita berdasrkan somatotypes

Tipe bentuk tubuh wanita
Tipe bentuk tubuh wanita berdasar tipe somatotypes

Tubuh wanita ada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Itulah yang menciptakan keunikan pada setiap wanita. Jadi, jangan hanya terpaku pada bentuk tubuh kebanyakan orang atau merasa harus memiliki bentuk tubuh tertentu.

Pengelompokkan bentuk tubuh pun ada bermacam-macam. Sebagian mengelompokkannya dalam satu sistem yang disebut sebagai somatotypes, seperti di bawah ini.

1. Ectomorph

Ectomorph adalah bentuk tubuh yang ciri-cirinya identik dengan orang yang bertubuh kurus. Biasanya, orang yang masuk ke dalam kategori ini tubuhnya terlihat lebih kecil, begitu juga ukuran tulang dan jaringan lainnya seperti dada dan bokong. Contoh orang yang memiliki tipe tubuh ini adalah para atlet lari jarak jauh, model catwalk, atau balerina.

2. Endomorph

Tipe tubuh ini, biasanya memiliki lebih banyak lemak dan otot di tubuhnya dibandingkan tipe ectomorph. Selain itu, ukuran bahu mereka pun lebih sempit, tubuhnya lebih pendek, dan ukuran tulangnya lebih besar. Contoh orang yang memiliki tipe ini antara lain atlet lempar cakram atau wanita yang memiliki tubuh sedikit gemuk.

3. Mesomorph

Tubuh mesomorph adalah tipe yang bentuknya lebih atletis. Tubuhnya biasanya lebih tegap, dengan bahu lebih lebar, pinggul ramping, dan jumlah lemak di tubuhnya sedikit. Contoh orang yang memiliki tipe tubuh ini adalah para atlet lari jarak pendek atau atlet sepak bola.

Tipe bentuk tubuh wanita lainnya

Bentuk tubuh wanita berdasarkan buah dan benda lainnya
Bentuk tubuh wanita berdasarkan benda lainnya (sumber foto:healthline.com)

Selalin somatotypes, pengelompokan lain yang mengambil bentuk buah atau benda-benda sekitar mungkin lebih sering Anda dengar. Berikut ini beberapa tipe bentuk tubuh wanita lainnya. Mana yang paling cocok dengan Anda?

1. Pisang

Jika ukuran lingkar pinggang Anda hampir sama dengan ukuran lingkar pinggul dan lingkar dada, maka bentuk tubuh Anda termasuk ke dalam bentuk pisang atau persegi panjang. Untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh ini, baju dengan model off shoulder atau penambahan aksesoris ikat pinggang, cocok untuk digunakan sehari-hari.

2. Pir

Bentuk tubuh wanita yang seperti pir, sebenarnya mirip dengan bentuk segitiga. Bagian bahu dan lingkar dadanya lebih kecil dari ukuran pinggul, sehingga kecil di atas dan melebar ke bawah, seperti segitiga.

3. Apel

Seperti apel, tubuh yang berbentuk seperti apel biasanya terlihat bulat dibagian perut. Ini berarti, lemak lebih banyak menumpuk di area perut namun di bagian pinggang ke bawah terlihat ramping. Beberapa orang yang memiliki tipe tubuh ini, seringkali memiliki "beer belly"

4. Sendok

Bentuk tubuh wanita yang mirip sendok sebenarnya hampir sama dengan bentuk pir. Lingkar pinggul lebih besar daripada lingkar dada dan ukuran lengan atas serta paha terlihat berisi.

5. Jam pasir

Bentuk tubuh Anda masuk ke dalam bentuk jam pasir apabila ukuran pinggul dan dada hampir sama, tapi ukuran pinggang Anda lebih kecil dari keduanya. Bagian bahu Anda mungkin terlihat sedikit bulat.

Bentuk tubuh jam pasir ini sebenarnya dibagi lagi menjadi jam pasir atas dan bawah. Bedanya, pada jam pasir atas ukuran lingkar dada Anda sedikit lebih besar dibanding lingkar pinggul. Sebaliknya, pada jam pasir bawah, lingkar pinggul terlihat sedikit lebih besar dari lingkar dada.

Pembagian bentuk tubuh wanita
Pembagian bentuk tubuh wanita (sumber foto: healthline.com)

6. Bulat atau oval

Jika bagian dada Anda lebih besar dari bagian tubuh lainnya, bagian pinggang lebih kecil dan bagian perut cukup besar, maka Anda bisa masuk ke dalam bentuk tubuh bulat atau oval.

7. Berlian

Bentuk tubuh seperti belian ditandai dengan lingkar pinggul yang lebih besar daripada bahu, lingkar dada terhitung lebih kecil, dan lingkar pinggang sedikit besar. Wanita dengan bentuk tubuh ini, biasanya memiliki paha yang sedikit lebih besar, tapi lengannya ramping.

Bentuk tubuh wanita terkadang memang bisa menggambarkan kondisi kesehatannya. Namun, tentu itu tidak menjadi satu-satunya acuan. Bagi Anda yang memiliki tubuh gemuk dan ingin mengubah bentuk menjadi lebih ideal, tentu tidak ada salahnya. Namun, Anda harus melakukannya dengan cara yang sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/women-body-shapes
Diakses pada 20 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-body-shape-health
Diakses pada 20 Februari 2020

Artikel Terkait