Dari Banyak Obat Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

(0)
11 Dec 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibirAda beberapa jenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi luka di sudut bibir
Mengalami luka di sudut bibir atau berengan, tentu sangat tidak nyaman. Selain menimbulkan rasa gatal dan perih, luka ini terlihat begitu jelas di wajah karena membuat ujung bibir menjadi kering dan sesekali berdarah. Beruntung, ada salep untuk berengan di bibir yang dapat digunakan sebagai perawatan.Ada beberapa jenis obat berengan yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit yang dalam bahasa medis disebut angular cheilitis ini. Semuanya tergantung dari penyebab timbulnya luka. Karena itu, sebelum memahami lebih jauh tentang pengobatan luka di sudut bibir, ada baiknya mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab munculnya berengan atau luka di sudut bibir

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan timbulnya luka di sudut bibir. Namun umumnya, kondisi ini disebabkan oleh jamur yang ada di air liur kita.Anda mungkin pernah melihat adanya tumpukan air liur pada ujung bibir seseorang. Tumpukan air liur tersebut, jika terus dibiarkan bisa membuat bibir menjadi pecah-pecah.Bibir yang pecah-pecah tersebut bisa membuat bibir terasa kering. Akibatnya, orang yang mengalaminya, secara refleks akan mencoba membasahi bibir menggunakan lidah. Namun ternyata, hal tersebut justru akan semakin memperparah kondisi ini, karena akan membuat semakin banyak air liur menempel di bibir.Air liur yang menempel di ujung bibir merupakan area ideal untuk tumbuhnya jamur, karena suhunya hangat. Selain jamur, virus dan bakteri juga dapat menyebabkan luka di sudut bibir.Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami berengan, seperti:
  • Daya tahan tubuh yang lemah, seperti yang dialami pasien HIV atau yang sedang menjalani kemoterapi
  • Kelainan genetik seperti Down’s syndrome
  • Masalah nutrisi seperti anemia
  • Infeksi jamur di mulut
  • Penggunaan gigi palsu yang tidak pas
  • Gangguan di gusi seperti radang gusi
  • Infeksi virus di area dekat mulut seperti herpes

Jenis obat berengan di bibir yang dinilai ampuh

Umumnya, dokter akan memberikan obat berbentuk salep untuk mengatasi berengan di bibir. Namun, tidak semua kondisi luka di sudut bibir dapat diobati dengan penggunaan salep. Dokter akan menentukan penyebabnya terlebih dahulu, sebelum merekomendasikan perawatan. Apabila kondisi berengan dipicu oleh anemia, maka perawatan yang paling tepat adalah dengan pemberian makanan maupun suplemen zat besi.Untuk berengan yang disebabkan oleh jamur, salep yang digunakan biasanya mengandung obat antijamur seperti:
  • Nistatin
  • Ketoconazole
  • Clotrimazole
  • Miconazole
Sementara itu, untuk berengan yang diakibatkan oleh bakteri, dokter dapat memberikan salep yang berbeda, salah satunya yang merupakan campuran dari asam fusidat dan hidrokortison krim.Bagi luka di sudut bibir yang bukan disebabkan oleh bakteri maupun jamur, maka dokter akan menginstruksikan Anda untuk mengoleskan gel petroleum di area yang meradang. Gel ini akan mempercepat proses penyembuhan.Anda juga akan diinstruksikan untuk menghilangkan kebiasaan menjilat bibir karena akan memperlambat proses penyembuhan. 

Segera mulai pengobatan apabila gejala sudah mulai muncul

Selain luka di sudut bibir, angular cheilits juga bisa menimbulkan beberapa gejala lain seperti:
  • Bengkak
  • Kemerahan
  • Gatal
  • Nyeri
  • Muncul lepuhan atau benjolan berisi cairan
  • Bersisik
Gejala lain yang dapat muncul pada kondisi angular cheilitis di antaranya:

Luka di sudut bibir tidak berbahaya

Angular cheilitis bukanlah penyakit yang berbahaya. Meski begitu, jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa berkembang menjadi infeksi yang lebih parah.Jika menderita luka di sudut bibir, Anda sebaiknya memeriksakannya ke dokter agar penyebab awal kondisi ini bisa diketahui. Semakin cepat perawatan dimulai, maka risiko kondisi ini berkembang menjadi parah akan berkurang.Anda juga sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter apabila luka muncul disertai dengan nyeri di bibir, bibir terasa panas seperti terbakar, dan muncul bintik-bintik biru atau merah di area luka.

Catatan dari SehatQ

Luka di sudut bibir atau angular cheilitis bukanlah kondisi yang berbahaya dan dapat diatasi dengan cukup mudah. Kondisi ini biasanya akan membaik beberapa hari setelah dimulainya perawatan. Pada beberapa orang, luka di sudut bibir bisa muncul sebagai kondisi kambuhan.Luka di sudut bibir bisa diobati dengan menggunakan salep antijamur dan antibakteri, maupun perawatan lain yang sesuai dengan penyebabnya. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya rutin menggunakan pelembap bibir dan selalu jaga kebersihan rongga mulut.
sariawangigi palsubibir keringair liur
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/angular-cheilitis#2
Diakses pada 10 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/angular-cheilitis
Diakses pada 10 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320053.php
Diakses pada 10 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1949217/
Diakses pada 10 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait