Salep Gatal untuk Bayi, Apa Saja Rekomendasinya yang Aman?

(0)
Salep gatal untuk bayi digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada bayi yang disebabkan oleh eksim hingga ruam popokPilihlah salep gatal untuk bayi yang mengandung pelembap atau kortikosteroid
Bayi memiliki kulit yang halus dan lembut. Namun, terkadang ada beberapa kondisi yang dapat mengganggu kesehatan kulitnya. Akibatnya, kulit bayi menjadi gatal, merah, hingga ruam. Nah, Anda tak perlu cemas karena kondisi ini umum terjadi dan bisa disembuhkan dengan salep gatal untuk bayi.

Gatal pada kulit bayi, apa penyebabnya?

Salep gatal untuk bayi harus sesuai penyebabnya
Bercak merah di pipi bayi biasanya adalah eksim
Meski gatal pada kulit bayi merupakan hal yang umum terjadi, sebagai orangtua Anda tentu tetap merasa khawatir. Terlebih, jika melihat Si Kecil merasa tidak nyaman karena ingin terus menggaruk kulitnya sampai memerah yang disertai munculnya bintik-bintik atau bentol.Penyebab gatal pada bayi yang paling sering terjadi adalah bercak merah atau ruam kulit yang dikenal dengan dermatitis atopik atau eksim. Eksim paling sering muncul di bagian pipi, lengan, pangkal paha, atau kaki.Tak hanya itu, ruam popok juga dapat menjadi penyebab gatal pada bayi. Ini karena penggunaan popok bisa membuat kulit tertutup sehingga menjadi lembap dan menjadi tempat ideal bagi kuman atau bakteri yang menyebabkan munculnya gatal pada bayi.Untuk mengatasinya, maka diperlukan penggunaan salep gatal untuk bayi serta menghindari faktor pemicu gatal pada bayi.

Pilihan salep gatal untuk bayi sebagai cara mengatasi rasa gatal

Salep gatal untuk bayi sebaiknya mengandung steroid
Pilihlah salep untuk bayi yang lembut
Gatal pada bayi tentu membuatnya tidak nyaman. Akibatnya, ia jadi sering rewel dan ingin terus menggaruk bagian kulit tubuh yang terasa gatal. Maka dari itu, penting menggunakan salep gatal untuk bayi sebagai cara mengatasi rasa gatal.Berikut adalah pilihan salep gatal untuk bayi guna mengatasi rasa gatal yang bisa didapatkan baik dengan resep ataupun tanpa resep:

1. Salep gatal untuk bayi yang mengandung zinc oxide

Salah satu salep untuk bayi yang bisa digunakan adalah mengandung bahan zinc oxide. American Academy of Dermatology mengemukakan bahwa salep gatal untuk bayi yang mengandung zinc oxide dapat digunakan untuk mengobati gatal pada bayi yang disebabkan oleh ruam popok di pantat atau selangkangan bayi.Bahan zinc oxide dapat membentuk lapisan pertahanan pada kulit teratas bayi sekaligus menjaga kelembapan kulit bayi. Biasanya kandungan zinc oxide terdapat pada sejumlah krim salep untuk bayi dengan konsentrasi sebesar 10-40 persen.

2. Krim pelembap

Salep gatal untuk bayi berikutnya adalah krim pelembap. Krim pelembap tidak hanya berfungsi menjaga kelembapan kulit Si Kecil, melainkan juga meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh eksim.Penggunaan salep gatal untuk bayi ini disarankan setiap hari, terutama saat Anda mengganti popok dan setelah Si Kecil mandi sehingga kondisi kulitnya masih sangat lembap.Salep gatal untuk bayi juga membantu mencegah kulit bayi kering yang dapat memperburuk eksim dan menimbulkan lebih banyak peradangan.Ada banyak salep gatal untuk bayi yang mengandung pelembap di pasaran. Sebaiknya, pilih yang tidak mengandung wewangian karena berisiko memperburuk kondisi kulit Si Kecil.Jika Anda bingung mana yang tepat untuk kondisi kulit bayi, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi yang tepat.

3. Krim kortikosteroid

Krim kortikosteroid juga menjadi pilihan salep gatal untuk bayi yang disebabkan oleh eksim. Salep gatal untuk bayi ini juga bisa digunakan apabila gatal pada bayi menyebabkan peradangan akibat digigit serangga atau terpapar jenis tanaman tertentu penyebab reaksi alergi kulit.Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggunaan krim kortikosteroid sebagai salep gatal untuk bayi harus dengan resep dokter.Dengan demikian, dokter dapat meresepkan salep gatal untuk bayi dengan kandungan kortikosteroid yang tepat sesuai tingkat keparahannya.Jika membeli krim steroid secara bebas di apotek, bisa saja Anda memilih salep gatal untuk bayi yang tergolong obat keras.Penggunaan salep gatal untuk bayi yang mengandung krim kortikosteroid dalam jangka waktu lama dapat membuat kulit menjadi tipis atau kulit tampak berwarna lebih cerah.Jadi, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi penggunaan salep gatal untuk kulit bayi yang aman dan tepat.Selain itu, dokter juga akan menginformasikan cara menggunakan krim kortikosteroid sebagai salep gatal untuk bayi sesuai dengan kondisi kulit Si Kecil.

Perawatan rumahan agar salep gatal untuk bayi bisa berjalan efektif

Selain salep gatal untuk bayi, mandikan bayi dengan suhu ruang juga penting
Mandikan bayi dengan suhu ruang agar kulit tidak kering
Selain rutin menggunakan salep gatal untuk bayi, perawatan rumah juga dibutuhkan untuk mengobati gatal pada bayi. Berikut ini berbagai tips untuk mengatasi kulit bayi yang gatal.

1. Mencegah bayi menggaruk kulitnya

Salah satu cara mencegah bayi menggaruk kulitnya adalah dengan memotong kuku-kuku jari Si Kecil atau memakaikan sarung tangan. Langkah ini bertujuan agar ia tidak menggaruk-garuk kulitnya yang gatal.Menggaruk kulit yang gatal dapat menyebabkan infeksi, memperparah ruam eksim, hingga membuat kulit yang iritasi menjadi lebih tebal dan lebih kasar.

2. Pilih bahan pakaian yang tepat

Seperti apa bahan pakaian untuk bayi yang tepat? Anda dapat memilih bahan katun yang lembut dan ringan sehingga dapat menyerap keringat serta tidak membuat kulitnya iritasi dan gatal.

3. Mandikan bayi dengan suhu ruang

Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa memandikan bayi dengan suhu ruang, seperti air yang sejuk atau air suam-suam kuku. Suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit bayi semakin kering sehingga rasa gatalnya semakin menjadi.Pastikan Anda menggunakan sabun yang mengandung pelembap guna meredakan rasa gatal pada bayi.

4. Buat suhu kamar bayi terasa sejuk

Coba buat suhu rumah, terutama kamar bayi, terasa sejuk. Suhu kamar yang terlalu panas dapat menyebabkan bayi berkeringat sehingga memicu kulit terasa gatal.

5. Hindari pemicu rasa gatal pada bayi

Jika Si Kecil memiliki eksim, kulit yang sensitif, alergi, atau rentan mengalami gatal, jauhi bayi dari hal-hal apa saja yang dapat memicu rasa gatal pada bayi muncul. Misalnya, hewan peliharaan atau jenis tanaman tertentu. Jika gatal pada bayi tidak kunjung sembuh walaupun setelah menggunakan salep gatal pada bayi atau muncul kondisi kulit lain yang tak biasa, Anda disarankan untuk memeriksakannya ke dokter spesialis anak agar Si Kecil mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.
gatalbayi
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/treatments-for-itching-2633481
Diakses pada 13 Agustus 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a541297/baby-eczema-causes-symptoms-treatments-and-creams
Diakses pada 13 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/best-diaper-rash-creams#3.-Triple-Paste
Diakses pada 13 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 13 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/soothe-baby-eczema#1
Diakses pada 13 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-eczema-questions-answers#1
Diakses pada 13 Agustus 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/eczema-in-children/
Diakses pada 13 Agustus 2020
Medicines for Children. https://www.medicinesforchildren.org.uk/hydrocortisone-topical-eczema
Diakses pada 13 Agustus 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/parents-kids/childhood-conditions/treat-diaper-rash
Diakses pada 13 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait