logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Bisa Disebabkan 9 Penyakit Ini

open-summary

Sakit tenggorokan sebelah kiri menandakan adanya beragam penyakit yang "menghantui" bagian kerongkongan. Mengenal penyebabnya bisa membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik di pusat kesehatan.


close-summary

5 Jun 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sakit tenggorokan sebelah kiri memiliki penyebab berbeda dari sakit tenggorokan umum.

Sakit tenggorokan sebelah kiri bisa disebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Table of Content

  • Sakit tenggorokan sebelah kiri, apa penyebabnya?
  • Kapan harus ke dokter?

Sakit tenggorokan sebelah kiri menandakan adanya beragam penyakit yang "menghantui" satu sisi di bagian kerongkongan.

Advertisement

Berbeda dari sakit tenggorokan umum yang biasanya disebabkan oleh alergi, flu, dan pilek, sakit tenggorokan sebelah kiri ternyata bisa diakibatkan oleh berbagai macam kondisi medis lain yang perlu didiagnosis dokter.

Mengenal beragam penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri, dapat membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit.

Sakit tenggorokan sebelah kiri, apa penyebabnya?

Sakit tenggorokan yang terasa di sebelah kiri dapat disebabkan beragam penyakit, mulai dari infeksi gigi hingga sariawan. Biasanya, sakit tenggorokan di satu sisi ini ditemani gejala sakit di telinga.

Kenalilah beragam penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri, guna mendapatkan perawatan terbaik saat datang ke rumah sakit.

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening yang paling dekat ke tenggorokan, terletak di sisi kiri dan kanan leher. Saat mengalami pembengkakan, sakit tenggorokan sebelah kiri atau kanan bisa terjadi.

Kelenjar getah bening yang bengkak dapat diakibatkan oleh banyak penyakit, mulai dari yang ringan seperti pilek atau flu, hingga yang serius seperti HIV dan kanker.

Apakah pembengkakan kelenjar getah bening selalu disebabkan oleh kanker? Tentu saja tidak. Masih ada penyebab kelenjar getah bening membengkak lain, yang harus diketahui.

Menurut medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri, pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa terjadi akibat infeksi.

"Penyebab paling umum kelenjar getah bening yang membengkak atau terasa nyeri adalah infeksi yang ada di sekitar kelenjar getah bening itu," paparnya.

Kelenjar getah bening sendiri berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh. Saat bereaksi terhadap penyakit, kelenjar tersebut akan membengkak dan terasa sakit.

"Penyebab lain yang jarang terjadi adalah kanker dan penyakit autoimun," pungkasnya.

2. Masuknya ingus ke belakang hidung

Masuknya ingus atau lendir ke bagian belakang hidung atau postnasal drip bisa membuat Anda merasakan sakit tenggorokan di sebelah kiri.

Terutama jika Anda sedang mengalami alergi, hingus yang diproduksi pun semakin banyak. Saat hingus tidak dikeluarkan dari hidung, bisa saja ia mengalir ke belakang hidung dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Kondisi ini bisa mengiritasi tenggorokan, tidak heran kalau sakit tenggorokan sebelah kiri terjadi.

3. Radang amandel

Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan sebelah kiri

Radang amandel atau tonsilitis juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri, terutama jika amandel sebelah kiri Anda yang mengalami tonsilitis. Biasanya, radang amandel disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

4. Abses peritonsiler

Abses peritonsiler terjadi saat nanah berkumpul di belakang salah satu amandel. Jika abses peritonsiler terjadi di belakang amandel sebelah kiri, maka sakit tenggorokan sebelah kiri pun bisa terjadi.

Abses peritonsiler memiliki beberapa gejala yang perlu diwaspadai, mulai dari demam, lelah, sulit berbicara, hingga bau napas yang tidak sedap.

Abses peritonsiler membutuhkan perawatan medis segera. Sebab, dokter harus mengambil nanah yang ada di belakang amandel Anda secepatnya.

5. Sariawan

Siapa bilang sariawan hanya bisa muncul di bibir? Nyatanya, sakit tenggorokan sebelah kiri juga bisa disebabkan sariawan yang muncul di bawah lidah maupun di belakang tenggorokan.

Walau luka yang diakibatkan sariawan berukuran kecil, rasa nyerinya terkadang tidak bisa ditolerir.
Umumnya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Jika Anda tak tahan lagi dengan rasa perihnya, mengonsusmi obat topical benzocaine dapat mengatasinya. Tapi berkonsultasilah dulu pada dokter!

6. Cedera tenggorokan

Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan sebelah kiri

Cedera di tenggorokan juga bisa menyebabkan rasa sakit tenggorokan di bagian kiri. Biasanya, makanan asam dan pedas, makanan dengan ujung yang tajam, atau prosedur memasukkan intubasi endotrakeal ke dalam tenggorok, dapat mengakibatkan cedera tenggorokan.

7. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri. Kondisi ini membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika Anda mengidap GERD dan tidur dalam kondisi berbaring miring, bisa saja asam lambung itu “terperangkap” di satu sisi tenggorokan. Itulah sebabnya GERD bisa menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri.

8. Abses gigi

Saat abses gigi menyerang, muncul lah nanah di bagian akar gigi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar hingga ke rahang dan telinga.

Abses gigi juga mampu menyebabkan kelenjar getah bening membengkak di tenggorokan, yang akhirnya menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri atau kanan.

9. Laringitis

Laringitis mengacu pada laring atau kotak suara yang ada di bagian depan faring. Laringitis disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebihan, iritasi, dan infeksi virus.

Di dalam kotak suara, terdapat dua pita suara yang akan terbuka dan tertutup saat Anda berbicara. Ketika salah satu pita suara itu bengkak, maka sakit tenggorokan sebelah kiri atau kanan pun bisa terjadi.

Kapan harus ke dokter?

Umumnya, sakit tenggorokan diakibatkan oleh infeksi virus seperti flu atau pilek. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit tenggorokan sebelah kiri bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih serius.

Jika gejala-gejala di bawah ini terjadi pada Anda, jangan buang waktu dan segera datang ke dokter:

  • Demam tinggi
  • Sulit bernapas
  • Tidak bisa menelan makanan atau cairan
  • Rasa nyeri yang tak bisa ditolerir
  • Suara yang berubah
  • Detak jantung cepat
  • Munculnya reaksi alergi

Jika sakit tenggorokan sebelah kiri atau kanan tidak hilang dalam beberapa hari, sudah saatnya Anda mempersiapkan diri untuk datang ke dokter dan menjelaskan segala gejala yang dirasakan.

Baca Juga

  • Sederet Obat Diare Ampuh dari Bahan Alami dan Resep Dokter untuk Meringankan Gejala
  • 6 Penyebab Kuping Sakit Sebelah Kiri, Bagaimana Mengatasinya?
  • Azotemia adalah Tingginya Nitrogen Urea Darah, Apa Penyebabnya?

Dokter akan mencari penyebab dari sakit tenggorokan sebelah kiri yang Anda rasakan. Dengan begitu, pengobatan terbaik bisa dijalankan.

Advertisement

penyakitsakit tenggorokaninfeksi tenggorokan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved