6 Makanan yang Dapat Meredakan Sakit Ringan Saat Hamil

Makanan untuk mengobati sakit saat hamil perlu dikonsumsi untuk mengobati rasa sakit tersebut
Sakit kepala merupakan salah satu sakit ringan yang terjadi saat kehamilan

Selama kehamilan, Anda akan merasakan berbagai rasa sakit ringan di sekujur tubuh Anda. Bentuk rasa sakit tersebut bermacam-macam dan mungkin akan mengganggu keseharian Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil tentunya harus melakukan pengobatan.

Masalahnya adalah ketika hamil, seorang ibu tidak boleh sembarangan memilih obat. Sebagai solusinya, ibu hamil bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk meredakan berbagai rasa sakit tersebut. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi sakit ringan saat hamil.

Bayam untuk Ibu Hamil

Sakit kepala saat hamil adalah keluhan yang umum dialami ibu mengandung, terutama pada trimester pertama. Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya dehidrasi, stres, kejang otot, fluktuasi hormon, dan meningkatnya aliran darah.

Jika Anda mengalami migrain serius secara terus menerus, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun jika sakit kepala masih terasa ringan dan bisa diatasi, cobalah untuk mengonsumsi bayam.

Bayam untuk ibu hamil dapat memberikan manfaat karena kandungan mineral magnesium yang sudah terbukti bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah sakit kepala. Semakin pekat warna hijau daun bayam, maka akan semakin kaya kandungan magnesium.

Bayam beku dan bayam yang dimasak memiliki lebih banyak magnesium daripada yang masih segar. Rebus daun bayam sebentar untuk mendapatkan nutrisinya.

Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat apel untuk ibu hamil salah satunya adalah untuk membantu mengatasi sembelit. Sembelit adalah efek samping kehamilan yang cukup lumrah. Cara terbaik untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi makanan yang berserat saat hamil.

Apel adalah contoh makanan yang kaya serat, termasuk pada bagian kulit apel yang punya efek pencahar alami. Sementara itu, serat pada buah bisa membantu pencernaan. Konsumsi apel untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk bayi. Buah ini dipercaya dapat mengurangi risiko anak terkena asma serta alergi.

Alpukat untuk Ibu Hamil

Ambil manfaat alpukat untuk ibu hamil untuk mengatasi kram kaki. Ibu hamil bisa saja mengalami masalah kram kaki terutama pada kehamilan trimester ketiga karena bobot tubuh yang bertambah.

Bayi juga dapat menghambat sirkulasi tubuh, sehingga kontraksi otot akan menimbulkan rasa sakit atau mengakibatkan kejang. Kram kaki sering menjadi tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan nutrisi potasium. Sedangkan, alpukat mengandung potasium, folat, dan lemak sehat yang baik untuk ibu hamil.

Alpukat juga mengandung serat serta berbagai vitamin seperti vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Coba konsumsi alpukat sebagai solusi makanan untuk mengobati sakit saat hamil. 

Lemon untuk Ibu Hamil

Sebanyak 8 dari 10 wanita hamil akan mengalami masalah pencernaan dan sensasi perih dan terbakar di bagian dada/ulu hati karena naiknya asam lambung. Disinilah manfaat lemon untuk ibu hamil dapat berperan.

Lemon untuk ibu hamil dapat berperan sebagai bahan alami yang bisa membantu meredakan mual. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan untuk meredakan sembelit pada ibu hamil.

Konsumsi lemon untuk ibu hamil dapat dilakukan pada pagi hari saat kondisi perut kosong untuk meningkatkan produksi enzim pencernaan yang bisa menetralisir asam lambung. Anda dapat mengonsumsi varian buah ini seperti air lemon atau lemonade.

Yogurt untuk Ibu Hamil

Meningkatnya cairan vagina saat hamil adalah hal yang biasa. Namun jika terjadi infeksi karena jamur, maka Anda harus berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Idealnya, ibu hamil harus mengambil langkah pencegahan dengan cara mengonsumsi yogurt yang kaya akan probiotik. Probiotik atau bakteri baik hidup di bagian pencernaan sekaligus vagina. Jadi, dengan asupan yang cukup, Anda bisa menghindari masalah jamur di bagian kewanitaan.

Jahe untuk Ibu Hamil

Mual dan muntah saat hamil adalah gejala umum, terutama pada trimester pertama karena meningkatnya kadar HCG ibu yang menurun. Makanan untuk mengobati morning sickness yang paling manjur adalah jahe.

Jahe bisa meningkatkan sekresi enzim pencernaan yang dapat menetralisir asam lambung, sekaligus mengandung gingerol yaitu komponen spesial yang memblokir reseptor mual. Jahe juga aman dikonsumsi secara mentah.

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/pregnancy/healthy-eating-in-pregnancy/eat-away-your-pregnancy-aches-and-pains
Diakses pada November 2018

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant
Diakses pada 21 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#benefits
Diakses pada 21 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed