Kenali Penyebab Sakit Punggung saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya


Sakit punggung saat hamil muda merupakan hal normal, namun dapat juga mengindikasikan suatu penyakit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung saat hamil muda.

0,0
09 May 2019|Maria Yuniar
Salah satu cara mengatasi sakit punggung saat hamil adalah hindari memutar pinggang saat menolehSakit punggung saat hamil bisa jadi indikasi bahaya
Kehamilan kerap membawa efek tertentu pada kondisi fisik calon ibu, salah satunya adalah sakit punggung saat hamil. Nyeri punggung saat hamil umumnya disebabkan oleh peningkatan produksi hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) oleh plasenta.HCG diproduksi secara simultan dan akan mencapai puncaknya pada usia kehamilan 18-20 minggu, kemudian menurun setelahnya. Jika kondisi ini dirasa mengganggu atau menghambat aktivitas harian, Anda perlu segera menanganinya. 

Penyebab sakit punggung saat hamil

Punggung pegal saat hamil dan terasa nyeri adalah gejala kehamilan yang umum terjadi. Berikut adalah sejumlah penyebab nyeri punggung pada ibu hamil:

1. Perubahan hormon

Saat hamil, tubuh memproduksi hormon relaksin yang memungkinkan ligamen atau jaringan ikat penghubung tulang dan sendi, menjadi longgar. Ini adalah proses alami tubuh untuk mempersiapkan persalinan. Melonggarnya ligamen dan otot yang menopang tulang inilah yang dapat menyebabkan nyeri punggung. 

2. Pertumbuhan janin

Kenaikan berat badan janin disertai rahim yang semakin membesar bisa menekan pembuluh darah dan saraf area panggul dan punggung. Inilah yang kerap menyebabkan sakit punggung pada ibu hamil terutama di usia kehamilan trimester kedua.

3. Berat badan bertambah

Kenaikan berat badan pada wanita hamil bisa menambah beban pada tulang belakang. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada panggul dan punggung, khususnya punggung bagian bawah.Baca juga: 4 Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil dan 7 Cara Mengatasinya

4. Perubahan postur tubuh

Selama masa kehamilan, pusat gravitasi tubuh akan bergeser. Ini menyebabkan postur tubuh, cara berjalan, cara duduk, hingga posisi tidur berubah.Postur tubuh yang salah, baik ketika duduk, berdiri hingga saat tidur bisa memperparah sakit punggung yang dirasakan ibu hamil.

5. Tidak aktif atau jarang berolahraga

Tidak aktif atau jarang berolahraga saat hamil dapat menyebabkan sakit punggung. Hal ini diduga karena jarang berolahraga dapat membuat otot dan sendi di panggul bawah atau punggung menjadi lemah.

6. Stres

Stres diketahui dapat menyebabkan otot-otot punggung tidak rileks sehingga bisa menimbulkan nyeri. Ditambah lagi adanya efek hormon relaksin yang melemaskan persendian dan ligamen sehingga saat stres meningkat, risiko sakit punggung akan semakin tinggi.

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil 

Meski tergolong normal, sakit punggung saat hamil muda yang mengganggu aktivitas Anda perlu ditangani. Berikut adalah berbagai cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang bisa Anda coba:
  • Tekuk lutut dan upayakan punggung dalam posisi lurus ketika mengangkat atau mengambil sesuatu dari lantai.
  • Hindari mengangkat beban berat.
  • Hindari memutar pinggang ketika ingin menoleh atau berbalik arah. Sebaliknya, berpalinglah bersama gerakan kaki.
  • Pakai flat shoes supaya distribusi berat badan merata.
  • Seimbangkan berat antara dua tas saat berbelanja.
  • Pertahankan punggung tetap tegak saat duduk, gunakan alas duduk empuk supaya lebih nyaman.
  • Istirahat cukup.
  • Pijat atau mandi air hangat.
  • Gunakan matras atau kasur yang tepat.
  • Minum paracetamol jika sakit punggung tak kunjung reda. Dengan catatan, dosisnya harus sesuai anjuran dokter.
Selain tips-tips di atas, ada beberapa latihan yang dapat dipraktikkan untuk mendampingi cara mengatasi sakit punggung seperti di atas.

Latihan untuk meredakan sakit punggung saat hamil 

Mengurangi nyeri punggung selama kehamilan juga dapat dilakukan lewat latihan untuk memperkuat otot perut, seperti:
  • Ambil posisi merangkak dengan posisi lutut di bawah pinggul dan tangan di bawah bahu. Pastikan jari-jari tangan menghadap ke depan. Angkat otot perut untuk menjaga punggung tetap lurus.
  • Tarik otot perut dan naikkan punggung ke arah langit-langit (atas).
  • Tahan posisi ini pada daerah panggul selama beberapa detik lalu perlahan kembalilah ke posisi awal.
  • Pastikan punggung selalu kembali ke posisi netral yang lurus, jangan sampai menekuk.
  • Lakukan latihan ini secara perlahan dan ulangi sampai 10 kali repetisi untuk memperkuat otot perut dan punggung.
  • Sebagai catatan, naikkan punggung hanya sejauh yang Anda bisa, jangan berlebihan atau dipaksakan.
  • Anda juga dapat mengikuti kelas yoga pranatal atau aquanatal untuk membentuk otot yang lebih kuat dan untuk mengobati sakit punggung.
Dikutip dari Baby Centre, Anda juga dapat mencegah munculnya sakit punggung pada ibu hamil dengan memerhatikan cara Anda berdiri dan bergerak. Anda dianjurkan untuk berdiri dengan tegak dan tidak terlalu lama di posisi yang sama untuk mengatasinya. Jika Anda adalah pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi, pilih kursi atau tambahkan bantalan yang dapat mendukung posisi tulang belakang Anda. Bergeraklah secara berkala misalnya berjalan kecil ke kamar mandi maupun saat makan siang.Baca juga: Pilihan Olahraga untuk Ibu Hamil Muda dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Situasi darurat dalam kondisi sakit punggung saat hamil 

Pada dasarnya, semua tips dan latihan di atas hanya berfungsi untuk mengurangi nyeri punggung yang terjadi. Segera hubungi tenaga medis jika sakit yang dirasakan tak juga reda atau malah bertambah parah. Atau, apabila nyeri disertai dengan salah satu kondisi berikut:
  • Demam, perdarahan pada vagina, atau rasa sakit ketika berkemih.
  • Nyeri punggung terjadi pada trimester kedua atau ketiga, bisa jadi ini indikasi persalinan dini.
  • Mati rasa pada satu atau kedua kaki, panggul, atau sekitar area kemaluan.
  • Rasa sakit di bagian pinggang (di bawah tulang rusuk).
Sakit punggung saat hamil muda bahaya atau tidak? Sakit punggung saat hamil muda tergolong normal selama tidak mengganggu aktivitas atau disertai kondisi darurat.Jangan ragu untuk mengeluhkan sakit punggung Anda selama kehamilan kepada dokter yang merawat agar segera diberikan penanganan yang tepat.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar nyeri punggung bawah saat hamil, Anda dapat chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
sakit punggungolahraga ibu hamilkehamilan
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/backache-pregnant/
Diakses pada September 2018
National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1595051/ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3306025/
Diakses pada September 2018
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a549312/back-pain-in-pregnancy-natural-remedies
Diakses pada 27 Februari 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait