logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Kenali Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Cara Mengobatinya

open-summary

Sakit pinggang sebelah kiri disebabkan oleh penyakit ginjal seperti infeksi atau batu ginjal. Biasanya, sakit pinggang karena gangguan ginjal akan disertai mual, muntah, sakit saat buang air kecil, hingga ada darah saat buang air kecil.


close-summary

22 Agt 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri adalah penyakit ginjal, gangguan pankreas, hingga kolitis ulseratif

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh penyakit ginjal hingga kelainan sendi

Table of Content

  • Penyebab sakit pinggang sebelah kiri
  • Cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri
  • Kapan sakit pinggang sebelah kiri harus diperiksakan ke dokter?

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh kondisi umum seperti gangguan pada sendi atau otot. Namun, kondisi ini juga bisa dipicu oleh penyakit-penyakit pada organ dalam seperti ginjal dan pankreas. Sakit pinggang sebelah kiri umum dialami oleh orang yang punya riwayat penyakit ginjal, meski biasanya rasa nyeri tersebut juga akan disertai oleh gejala lain.

Advertisement

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri adalah sakit ginjal
Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh gangguan ginjal

Berikut adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu diwaspadai:

1. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Rasa sakit yang muncul akibat kondisi ini bisa terasa intens ataupun tumpul, berbeda dengan nyeri pinggang akibat gangguan otot yang biasanya terasa tajam.

Sakit pinggang sebelah kiri yang disebabkan oleh ginjal juga akan tersebut bertambah buruk saat ditekan atau saat penderita bergerak.  

Selain rasa sakit, gejala lain yang biasanya muncul pada kondisi ini antara lain mual atau muntah, merinding, demam, sakit perut, frekuensi buang air kecil yang meningkat, urine yang berbau atau keruh, adanya nanah atau darah saat buang air kecil, dan sakit atau rasa panas saat buang air kecil.

2. Batu ginjal

Selain infeksi ginjal, sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi indikasi dari batu ginjal. Sakit pinggang sebelah kiri dirasakan saat batu yang berada pada ginjal sebelah kiri goyang atau bergerak melalui saluran dari ginjal ke kandung kemih (ureter).

Saat mengalami batu ginjal, penderita tidak hanya merasakan sakit pinggang sebelah kiri tetapi juga rasa sakit saat buang air kecil, rasa sakit di perut, ataupun rasa sakit di testis pada pria.

Gejala lain yang dialami adalah mual atau muntah, rasa sakit saat buang air kecil, kesulitan untuk buang air kecil, berkeringat, adanya darah di urine, dan infeksi saluran kemih.

3. Kolitis ulseratif

Kolitis ulseratif adalah penyakit di usus besar yang juga bisa memunculkan rasa sakit di salah satu sisi pinggang, seperti sakit pinggang sebelah kiri. Penyakit ini dapat memicu buang air besar berdarah atau bahkan bernanah, diare, penurunan berat badan, dan rasa sakit di anus.

Gejala lainnya adalah adanya keinginan yang tiba-tiba untuk buang air besar, demam, merasa lelah, dan pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak.

4. Fibroid rahim

Fibroid rahim adalah kondisi pertumbuhan tumor pada dinding rahim yang sering juga disebut sebagai mioma uteri. Pada penyakit fibroid, selain merasakan sakit pinggang sebelah kiri, penderita juga akan mengalami menstruasi yang abnormal, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan frekuensi buang air kecil yang meningkat. 

5. Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan jaringan yang serupa dengan dinding rahim di bagian luar uterus. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang sebelah kiri. Rasa sakit yang diakibatkan oleh endometriosis biasanya menusuk dan tidak teratur serta diiringi dengan rasa sakit saat menstruasi, lelah, dan rasa sakit di perut.

6. Kehamilan

Kehamilan dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri karena bayi yang berkembang dalam tubuh sang ibu. Rasa sakit pada pinggang bisa terasa tajam ataupun tumpul. Munculnya rasa sakit akibat kehamilan dapat ditangani dengan olahraga, istirahat, terapi, dan peregangan.

7. Pankreatitis

Gangguan organ lain yang dapat ditandai dengan gejala sakit pinggang sebelah kiri adalah pankreatitis. Rasa sakit tersebut berasal dari perut bagian atas yang menjalar ke bagian pinggang.

Rasa sakit yang dirasakan karena pankreatitis atau peradangan pada pankreas umumnya terasa tumpul dan bertambah parah saat makan, terutama saat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.

Gejala lain yang dapat dialami adalah demam, penurunan berat badan, mual atau muntah, dan denyut nadi yang cepat.

8. Disfungsi sendi sakroiliaka (sakroiliitis)

Disfungsi sendi sakroiliaka atau sakroiliitis juga bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri.

Di dalam tubuh terdapat dua sendi sakroiliaka, masing-masing terletak di sisi tulang belakang yang terhubungan dengan bagian atas panggul.

Saat persendian ini mengalami peradangan, dunia medis mengenalnya dengan sebutan sakroiliitis. Jika sakit pinggang sebelah kiri yang Anda alami terjadi akibat sakroiliitis, maka rasa sakitnya dapat semakin terasa jika sedang:

  • Berdiri
  • Menaikki tangga
  • Berlari
  • Mengangkat beban berat
  • Mengambil langkah besar.

9. Sciatica

Sciatica atau linu panggul adalah rasa nyeri yang terjadi akibat saraf skiatik tertekan. Ternyata, kondisi medis ini juga bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

Umumnya, sciatica hanya berdampak pada satu sisi saja, jadi tidak heran kalau kondisi medis ini dapat menyebabkan sakit pinggan bagian kiri.

Rasa nyerinya dapat semakin parah jika sang penderita batuk, bersin, atau duduk untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Perlu Diketahui

Cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disembuhkan dengan minum obat
Sakit pinggang sebelah kiri bisa disembuhkan dengan minum obat

Cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri dapat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, nyeri pinggang biasanya merupakan gangguan jangka pendek sementara dalam kasus lainnya bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Jika Anda mengetahui penyebab nyeri pinggang yang Anda rasakan dan penyebabnya tidak parah, maka Anda dapat melakukan beberapa perawatan sakit pinggang di rumah sebagai bantuan pertama.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit pinggang sebelah kiri meliputi:

1. Istirahat yang cukup

Saat mengalami sakit pinggang, pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari melakukan hal-hal yang dapat membuat pinggang terasa semakin sakit seperti menekuk pinggang atau memberikan banyak tekanan di area pinggang.

Jangan berolahraga dengan intensitas yang berat. Hentikan aktivitas jika membuat sakit pinggang semakin terpicu. Anda juga disarankan untuk tidak mengangkat beban yang berat atau duduk dalam waktu yang lama.

Saat tidur, hindari untuk berbaring di sisi pinggang yang sedang terasa sakit. Ini dapat membebani pinggang dan memperparah kondisi sakit yang Anda rasakan.

2. Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Rasa sakit pinggang sebelah kiri dapat diredakan dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Jenis obat-obatan ini biasanya mengandung acetaminophen atau paracetamol, ibuprofen dan naproxen sodium yang bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan saat sakit pinggang.

Obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan atau memperparah nyeri pinggang sebelah kiri. Pastikan untuk mengikuti anjuran pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

3. Kompres dingin

Penggunaan kompres dingin juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pinggang sebelah kiri. Anda bisa membuat kompres dingin dengan membungkus es atau sekantong sayuran beku dengan handuk lalu letakkan di area yang sakit.

Jangan meletakkan es atau sayuran beku secara langsung tanpa pembungkus ke permukaan kulit. Ini dapat menyebabkan luka yang malah menambah rasa sakit.

4. Kompres panas

Selain kompres dingin, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat diatasi dengan menggunakan kompres panas yang bermanfaat untuk membuat otot lebih rileks serta meningkatkan aliran darah.

Anda dapat menggunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air panas, atau menggunakan bantalan panas. Selain itu, mandi berendam dengan air panas atau menggunakan pancuran juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membuat otot lebih rileks.

Pastikan suhu kompres atau air yang Anda gunakan tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan luka bakar di permukaan kulit.

5. Lakukan peregangan dengan hati-hati

Terakhir, hal yang dapat Anda lakukan untuk melenturkan otot dan meredakan sakit pinggang sebelah kiri adalah dengan peregangan otot. Lakukan peregangan tubuh dengan hati-hati dan lembut, terutama jika penyebab sakit pinggang Anda adalah ketegangan otot atau saraf terjepit. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan olahraga yang cocok untuk sakit pinggang. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Kapan sakit pinggang sebelah kiri harus diperiksakan ke dokter?

Sakit pinggang sebelah kiri harus diperiksakan ke dokter jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang, atau terdapat pembengkakan, kemerahan, dan terasa hangat di sekitar sendi. Anda juga perlu ke dokter jika mengalami nyeri pinggang di malam hari atau saat sedang beristirahat.

Anda akan perlu meminta bantuan medis sesegera mungkin saat mengalami hal berikut ini:

  • Sakit pinggang datang tiba-tiba.
  • Nyeri pinggang dipicu oleh jatuh atau cedera lain.
  • Sendi terlihat cacat atau mengalami perubahan bentuk atau berdarah.
  • Ada bunyi letupan atau patahan di sendi saat cedera.
  • Rasa sakit yang intens atau sangat kuat dan tidak tertahankan hingga kesulitan melakukan aktivitasi sehari-hari
  • Nyeri pinnggang disertai kekakuan pada pinggul
  • Tidak dapat meletakkan beban apapun di pinggang 
  • Tidak bisa menggerakkan kaki atau pinggang.

Baca Juga

  • 4 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan pada Manusia
  • Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!
  • Sering Dialami Lansia, Kenali Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Berikut

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar sakit pinggang sebelah kiri, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

masalah tulangnyeri sendisakit pinggang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved