Gangguan saluran kemih bukan satu-satunya penyebab sakit pinggang sebelah kanan
Sakit pinggang sebelah kanan tak selamanya disebabkan gangguan pada saluran kemih

Sakit pinggang sebelah kanan terkadang terasa mengganggu atau bahkan menyiksa. Sakit pinggang merupakan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh di bawah rusuk, pada umumnya di bagian belakang atau samping. Kadang juga, penderita merasakan sakit perut sebelah kanan sampai ke pinggang.

Biasanya, sakit pinggang sebelah kanan menandakan adanya gangguan pada bagian tubuh sebelah kanan di sekitar lokasi nyeri. Gangguan tersebut mulai dari yang ringan hingga mengancam nyawa.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Seringkali, gejala sakit pinggang sebelah kanan disebabkan oleh gangguan pada sistem saluran kemih. Namun, selain itu, terdapat juga beberapa penyebab lain dari rasa sakit tersebut.

1. Batu ginjal

Manusia memiliki dua ginjal yang terletak di sebelah kiri dan kanan. Sumbatan batu pada ginjal sebelah kanan akan memicu timbulnya sakit pinggang sebelah kanan.

Biasanya rasa sakit karena batu ginjal sangat hebat terutama saat sebagian batu berpindah menuju ureter atau saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih.

Keluhan sakit pinggang sebelah kanan pada penderita batu ginjal seringkali disertai mual hingga muntah. Selain itu, keluhan juga dapat disertai dengan buang air kecil yang berwarna merah.

2. Infeksi ginjal (pielonefritis)

Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang menyebabkan ginjal membesar dan dapat merusak secara permanen. Penyakit ini dapat mengancam nyawa seseorang.

Gejala infeksi ini salah satunya sakit pinggang sebelah kanan. Keluhan lain yang menyertai biasanya demam sampai 38.9oC, nyeri atau rasa panas saat buang air kecil, hingga urine berwarna keruh dan berbau amis.

3. Radang usus buntu (apendisitis)

Peradangan pada usus buntu atau apendisitis memiliki keluhan rasa sakit di perut kanan.

Rasa sakit pada penderita apendisitis biasanya bertambah seiring berjalannya waktu dan membuat penderita hanya bisa memegangi bagian yang sakit hingga membentuk posisi berbaring meringkuk ke sebelah kanan.

Jika tidak cepat terdeteksi dan ditangani, peradangan ini dapat menyebabkan pecahnya usus buntu dan infeksi yang meluas hingga mengancam nyawa.

4. Cedera otot

Cedera pada bagian pinggang dapat menimbulkan rasa sakit. Cedera ini bisa didapat dari mengangkat benda berat, terpukul, atau jatuh.

Biasanya nyeri otot yang timbul dapat dirasakan saat beraktivitas dan ketika diraba. Beristirahat atau tidak menggerakkan bagian yang sakit akan mengurangi rasa sakit.

Rasa sakit pinggang sebelah kanan karena nyeri otot biasanya akan berkurang dengan sendirinya atau dapat diredakan dengan bantuan obat antinyeri atau kompres dingin.

5. Saraf terjepit

Nyeri saraf dapat terjadi ketika ada gangguan saraf pada tulang belakang. Cedera pada tulang belakang dapat menekan saraf hingga terjepit sehingga menimbulkan rasa sakit yang mungkin bertahan lama.

6. Cacar api (Herpes Zoster)

Pada kulit, penyakit herpes zoster atau cacar api dapat menyebabkan nyeri disertai rasa panas. Penyakit ini memiliki tanda jelas, yaitu luka pada kulit berbentuk lepuhan yang berisi air yang terkadang gatal.

Beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan ternyata ada yang yang mengancam nyawa jika dibiarkan saja. Periksakan diri Anda sebelum terlambat.

Bueschen AJ. Flank Pain. In: Walker HK, Hall WD, Hurst JW, editors. Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. 3rd edition. Boston: Butterworths; 1990. Chapter 182.

Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/1958746-overview

Diakses 14 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-stones#symptoms

https://www.healthline.com/health/pyelonephritis#symptoms

https://www.healthline.com/health/appendicitis#causes

Diakses 14 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed