Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil Muda, Ini Penyebabnya


Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda bisa disebabkan oleh konstipasi hingga keguguran. Cara mengatasinya adalah dengan antibiotik, kuret, hingga dengan cara alami.

(0)
09 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda bisa disebabkan oleh infeksiSakit perut sebelah kiri saat hamil muda biasa terjadi saat trimester pertama
Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang normal hingga berbahaya.Namun, penyebab kram perut salah satunya juga bisa mengindikasikan adanya gangguan kehamilan yang membahayakan.Maka dari itu, ibu hamil harus mengetahui lebih jauh soal perut sakit saat hamil ini agar bisa melakukan langkah penanganan yang tepat.

Penyebab sakit perut sebelah kiri saat hamil muda

Saat hamil muda, ada beberapa kondisi yang bisa memicu munculnya sakit perut sebelah kiri. Sakit perut saat hamil, termasuk sakit perut sebelah kiri saat hamil 3 bulan dan sakit perut sebelah kiri saat hamil 4 bulan merupakan hal yang lumrah.Pada dasarnya, keluhan ibu hamil ini terjadi akibat janin yang berkembang semakin besar di dalam rahim. Hal ini menyebabkan otot, pembuluh darah, dan sendi pun tertekan sehingga menimbulkan nyeri.Inilah penyebab kram perut saat hamil muda di bagian kiri:

1. Gejala awal kehamilan

Gejala awal kehamilan juga menyebabkan sakit perut
Gejala awal kehamilan juga menyebabkan sakit perut
Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda adalah hal normal selama tidak disertai gejala yang parah. Jenis nyeri yang Anda rasakan akibat gejala awal kehamilan biasanya tidak berbeda jauh dari nyeri haid.Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda akan diikuti kembung dan disertai dengan tanda-tanda awal kehamilan yang lain, seperti:
  • Muncul banyak jerawat
  • Badan terasa lemas dan lelah
  • Mood swings
  • Ngidam makanan tertentu
  • Nyeri otot
  • Nyeri pada payudara
  • Kenaikan berat badan

2. Efek pembesaran perut

Perut membesar menyebabkan sakit perut saat hamil
Perut membesar menyebabkan sakit perut saat hamil
Selama tiga bulan atau 12 minggu pertama kehamilan, Anda juga bisa mengalami sakit perut akibat efek ukuran perut yang terus membesar. Sebab, saat proses ini terjadi, ligamen yang tadinya menempel lekat dan kencang, perlahan-lahan jadi melebar.Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda yang muncul karena kondisi ini biasanya tidaklah parah dan akan hilang dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup, serta menyesuaikan posisi tubuh saat duduk dan tidur.

3. Konstipasi

Sakit perut sebelah kiri saat hamil bisa disebabkan sembelit
Sakit perut sebelah kiri saat hamil bisa disebabkan sembelit
Konstipasi alias susah buang air besar adalah masalah kehamilan yang sangat sering terjadi. Saat susah BAB, biasanya Anda akan mengalami sakit yang terasa seperti kram di perut kiri bagian bawah.

4. Infeksi saluran kemih

penyebab sakit perut sebelah kiri adalah ISK
Adanya infeksi bakteri pada saluran kemih menyebabkan sakit perut sebelah kiri saat hamil
Infeksi saluran kemih juga bisa memicu sakit perut sebelah kiri pada ibu hamil, terutama di bagian kiri bawah.Selain sakit perut, infeksi ini biasanya juga disertai dengan gejala lain, seperti jadi sering buang air kecil dan terasa nyeri saat melakukannya.Beberapa ibu hamil juga mengalami demam dan bahkan melihat darah di urine yang keluar. Rasa sakit akibat infeksi ini juga bisa terasa meluas di kedua sisi perut bagian bawah.

5. Kehamilan ektopik

Kehamilan di luar kandungan ditandai dengan sakit perut sebelah kiri
Kehamilan di luar kandungan ditandai dengan sakit perut sebelah kiri
Kehamilan ektopik terjadi saat sel telur yang sudah dibuahi, justru menempel di bagian luar rahim, seperti di tuba falopi. Kehamilan seperti ini tidak bisa dilanjutkan. Janin harus dikeluarkan menggunakan obat atau prosedur medis lainya.Kehamilan ektopik ini dapat menyebabkan pembuahan terjadi di bagian leher rahim, ovarium, hingga rongga perut. Perempuan yang mengalami perubahan pada bagian tuba falopi pascapembedahan juga berisiko mengalami kehamilan ektopik. Hal ini pun dipaparkan pada riset dari National Center for Biotechnology Information.Kehamilan ektopik umumnya terjadi pada usia 4-12 minggu kehamilan. Selain perut sebelah kiri sakit saat hamil muda, ada beberapa gejala lain yang dapat menyertai kondisi ini, seperti:
  • Perdarahan
  • Nyeri di ujung bahu
  • Sakit saat buang air besar maupun kecil

6. Keguguran

Sakit perut sebelah kiri yang tak tertahankan merupakan tanda keguguran
Sakit perut sebelah kiri yang tak tertahankan merupakan tanda keguguran
Apabila perut sebelah kiri sakit saat hamil muda yang dirasakan cukup parah dan disertai dengan kram serta perdarahan, maka ada kemungkinan Anda mengalami keguguranKondisi biasanya terjadi sebelum usia kehamilan memasuki 24 minggu.Kondisi yang sama juga bisa menadakan ancaman keguguran. Saat risiko ini muncul, kehamilan masih bisa terus berjalan selama penanganan dilakukan sesegera mungkin.

7. Orgasme

Orgasme menyebabkan kontraksi sehingga sakit perut sebelah kiri
Orgasme menyebabkan kontraksi sehingga sakit perut sebelah kiri
Saat berhubungan seks, orgasme pun juga mampu menyebabkan perut sebelah kiri sakit saat hamil muda. Orgasme ini mampu menyebabkan uterus pun mengalami kontraksi.

Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri saat hamil muda

Minum air putih membantu mengurangi sakit perut sebelah kiri
Minum air putih membantu mengurangi sakit perut sebelah kiri
Penyebab sakit perut sebelah kiri saat hamil mudah bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, penanganannya pun harus disesuaikan dengan kondisi yang memicunya.Pada penyebab yang lebih berat seperti kehamilan ektopik, infeksi saluran kemih, hingga keguguran, Anda perlu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Penanganan bisa berbentuk pemberian antibiotik hingga kuret.Untuk kondisi yang masih tergolong normal, seperti gejala awal kehamilan, konstipasi, dan membesarnya perut juga tetap harus diatasi. Sebab, kram perut saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.Untuk membantu mengatasinya, beberapa langkah di bawah ini bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.
  • Makan dalam porsi lebih kecil, tapi lebih sering
  • Olahraga secara teratur, dengan menyesuaikan jenisnya berdasarkan kondisi kehamilan
  • Memperbanyak konsumsi serat alami dari sayur, buah, dan biji-bijian
  • Memperbanyak minum air putih
  • Tidak menahan buang air kecil, segera ke toilet begitu terasa ingin buang air
  • Beristirahat dengan cukup
  • Bila akibat berhubungan seks, cobalah untuk memijat punggung perlahan-lahan dan lembut.

Kapan kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter?

Segera ke dokter jika sakit perut sebelah kiri tak tertahankan disertai pusing
Meski tak semua penyebab sakit perut sebelah kiri saat hamil mudah berbahaya bagi ibu maupun bayi, Anda tetap perlu memperhatikan gejala yang menandakan gangguan serius.Segera periksakan ke dokter apabila perut sebelah kiri sakit saat hamil muda yang dirasakan disertai dengan beberapa kondisi di bawah ini:

Catatan dari SehatQ

Sakit perut sebelah kiri saat hamil muda tentu harus diatasi segera. Selain mengurangi rasa tidak nyaman, hal ini berguna untuk menghindari adanya risiko gangguan kehamilan tertentu.Jika Anda mengalami perut sebelah kiri sakit saat hamil muda, segera temui dokter kandungan terdekat atau tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilantrimester pertama kehamilanmasalah kehamilanhamilkehamilankeguguranibu hamilkehamilan ektopik
WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-discomforts-causes#8-21
Diakses pada 14 Oktober 2020
American Preganancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/abdominal-pain-during-pregnancy-7304
Diakses pada 14 Oktober 2020
Healthline Parenthood. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-symptoms-week-1
Diakses pada 14 Oktober 2020
Patient. https://patient.info/signs-symptoms/left-lower-quadrant-pain/causes-in-pregnancy
Diakses pada 14 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/stomach-pain-abdominal-cramp-pregnant/
Diakses pada 14 Oktober 2020
Tommys. https://www.tommys.org/pregnancy-information/symptom-checker/stomach-abdominal-pain-or-cramps-pregnancy
Diakses pada 14 Oktober 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/aches-pains/pregnancy-abdominal-pain/
Diakses pada 14 Oktober 2020
National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK539860/
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait