Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Hati-Hati Divertikulitis

Sakit perut, diare, dan perut kembung adalah gejala divertikulitis yang sering terjadi
Sakit perut sebelah kiri bawah yang datang terus-menerus bisa jadi gejala divertikulitis

Sakit perut adalah gangguan umum yang sering terjadi, tetapi apa yang terjadi bila sakit perut sebelah kiri bawah muncul terus-menerus? Tentu Anda akan merasa khawatir.

Penyebab sakit perut ada macam-macam. Lokasi rasa sakit yang berbeda akan memiliki penyebab yang berbeda. Lalu penyakit apakah yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah?

[[artikel-terkait]]

Sakit perut sebelah kiri bawah dan divertikulitis

Terdapat berbagai penyebab dari kemunculan sakit perut sebelah kiri bawah, tapi salah satunya adalah divertikulitis

Rasa sakit karena divertikulitis biasanya lebih parah di perut bagian kiri dan makin terasa sakit ketika ditekan. Divertikulitis terjadi ketika divertikula atau kantong-kantong kecil yang menonjol pada dinding saluran pencernaan terinfeksi atau mengalami peradangan.

Sebenarnya, divertikula lebih sering terbentuk pada orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas. Divertikula yang robek dapat mengalami infeksi dan peradangan yang pada akhirnya memunculkan divertikulitis.

Divertikula juga lebih sering muncul pada bagian usus besar yang lemah. Umumnya peradangan ini lebih terasa di perut bagian kiri ketimbang perut bagian kanan.

Apa gejala lain dari divertikulitis?

Selain sakit perut sebelah kiri bawah, terdapat juga ciri-ciri lain dari penyakit divertikulitis, seperti demam, rasa mual dan muntah, menggigil, sembelit, diare, pendarahan dari dubur, kembung, tinja yang mengandung darah, dan perut yang terasa lunak.

Meskipun demikian, diare dan perdarahan pada dubur adalah gejala yang tidak terlalu sering dirasakan. Pada kasus tertentu, sakit perut yang dirasakan lebih menonjol pada bagian kanan daripada sakit perut sebelah kiri bawah. Karenanya harus dipastikan dengan pemeriksaan lain oleh dokter.

Faktor risiko divertikulitis

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah yang satu ini dapat semakin meningkat risikonya seiring dengan meningkatnya usia. Selain usia, kurangnya aktivitas fisik dan perilaku merokok juga turut serta menambah kemungkinan mengalami divertikulitis.

Apakah Anda memiliki berat badan yang sangat berlebih? Berhati-hatilah karena peningkatan berat badan yang melebihi berat badan normal mampu meningkatkan kemungkinan terjangkit divertikulitis.

Pola makan atau diet yang tinggi dengan lemak hewani dan rendah serat merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit penyebab sakit perut sebelah kiri bawah ini. 

Anda juga perlu memerhatikan obat-obatan yang dikonsumsi, karena beberapa obat meningkatkan risiko mengalami divertikulitis, seperti obat antiradang, steroid, opioid, dan sebagainya.

Kapan saya harus berkonsultasi ke dokter?

Anda perlu berkonsultasi ke dokter ketika mengalami sakit perut sebelah kiri bawah yang tidak diketahui penyebabnya, serta diiringi dengan demam, diare, atau sembelit. 

Anda juga perlu segera mengunjungi dokter bila perut terasa kaku dan Anda mengalami rasa sakit ketika bergerak, terdapat darah dalam tinja, dan perut membengkak. Penanganan yang cepat dan tepat akan mencegah penyakit yang dialami semakin parah.

Apa yang terjadi jika divertikulitis tidak segera ditangani?

Divertikulitis yang tidak segera diberikan penanganan akan berpotensi menimbulkan komplikasi lain. Anda tidak hanya sekedar merasakan sakit perut sebelah kiri bawah yang parah, tetapi juga gejala dari komplikasi yang dimiliki.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi ketika divertikulitis tidak segera diberikan pengobatan adalah:

  • Terhalangnya usus besar karena adanya jaringan parut yang timbul serta dapat menganggu proses buang air besar.
  • Munculnya kumpulan nanah atau abses pada divertikula.
  • Robeknya divertikula atau dinding usus yang terinfeksi atau meradang dan menyebabkan isi pencernaan tertumpah keluar ke dalam rongga perut dan memicu infeksi serta peradangan (peritonitis).
  • Terbentuknya saluran yang abnormal (fistula) antar organ atau kulit yang umumnya terjadi antar bagian usus besar atau usus besar dan kantung kemih.
  • Timbulnya peradangan atau infeksi yang memproduksi nanah pada jaringan halus di bawah kulit atau bagian dalam tubuh (phlegmon).

Segera konsultasikan ke dokter dan jangan sepelekan sakit perut sebelah kiri bawah yang dialami. Pemeriksaan lebih lanjut mampu membantu untuk mengetahui apa yang mengakibatkan kondisi Anda.

Jangan lupa bahwa sakit perut sebelah bawah kiri tidak hanya bisa diakibatkan oleh divertikulitis saja.

Healthline. https://www.healthline.com/health/diverticulitis
Diakses pada 04 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/phlegmon
Diakses pada 04 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diverticulitis/symptoms-causes/syc-20371758
Diakses pada 04 Juli 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-diverticulitis-symptoms
Diakses pada 04 Juli 2019 

Artikel Terkait

Banner Telemed