Sakit Kepala Sebelah Kambuh, Atasi dengan Obat Migrain Alami Ini

Peppermint merupakan salah satu bahan alami pereda sakit kepala sebelah.
Daun peppermint dapat meringankan migrain

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang berisiko menghambat aktivitas. Meski hanya menyerang setengah atau sebagian kepala, migrain dapat diikuti oleh berbagai gejala lainnya. Mulai dari mual, muntah, hingga merasa sensitif terhadap suara dan cahaya.

Untuk mengatasinya, beberapa orang mungkin akan memilih untuk membeli dan meminum obat pereda sakit kepala. Namun, mengobatinya dengan obat migrain alami juga dapat menjadi cara lain untuk meredakannya.

Sederet obat migrain alami yang bisa Anda coba

Migrain dapat diredakan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah obat migrain alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Minum air jahe hangat

Jahe merupakan obat migrain alami yang dapat Anda coba terapkan di rumah. Hasil penelitian menyebutkan bahwa minum teh seduhan jahe bubuk dapat mengurangi tingkat keparahan migrain.

Setelah minum air jahe hangat, selanjutnya Anda dapat mengonsumsi obat migrain sumatripan untuk menghilangkan gejala sakit kepala sebelah.

2. Menghirup minyak lavender

Minyak esensial lavender adalah salah satu obat migrain alami lainnya yang dapat Anda coba.

Menurut sebuah penelitian dari jurnal European Neurology, orang yang menghirup aroma minyak lavender saat migrain menjadi lebih cepat sembuh dibandingkan orang yang menggunakan plasebo (obat kosong/tanpa zat aktif).

Minyak lavender juga memiliki efek yang menenangkan dan menyeimbangkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Dengan begitu, migrain akibat stres pun dapat hilang.

Anda bisa menggunakan minyak lavender dengan cara dihirup atau dioleskan ke kulit. Namun, sebelum mengoleskannya ke kulit, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak esensial. Cara memeriksa alergi, yakni dengan mengoleskan minyak esensial ke area pergelangan tangan bagian dalam.

3. Mengoleskan minyak peppermint

Obat migrain alami berikutnya adalah minyak peppermint. Kandungan mentol di dalam peppermint dapat meredakan gejala migrain yang kambuh.

Hasil studi juga menyebutkan bahwa mengoleskan minyak peppermint di area pelipis dan dahi cenderung lebih efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan mual daripada menggunakan obat kosong.

4. Coba pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat berfungsi sebagai obat migrain alami yang ampuh. Langkah ini dapat membantu mengurangi ketegangan yang terjadi di area kepala dan melancarkan peredaran darah.

5. Lakukan akupresur

Akupresur adalah terapi pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menekan titik-titik tubuh tertentu menggunakan jari untuk meredakan rasa sakit. Cara ini dianggap dapat berfungsi sebagai obat migrain alami.

Pada sebuah penelitian, dikatakan bahwa akupresur efektif dalam mengatasi sakit kepala kronis. Kemudian, pada penelitian lainnya diungkapkan bahwa akupresur dapat membantu meredakan mual dan muntah sebagai salah satu gejala penyerta migrain. 

6. Terapkan yoga

Obat migrain alami satu ini mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Ya, gerakan yoga yang melibatkan pernapasan, meditasi, dan ketepatan postur tubuh dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Hasil studi menyebutkan bahwa yoga dapat mengurangi frekuensi, durasi, dan intensitas gejala migrain. Yoga juga disinyalir dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan di area kepala yang terserang migrain serta dapat melancarkan peredaran darah.

Meski belum ada penelitian lanjutan yang dapat membuktikan yoga mampu menyembuhkan migrain, tetapi yoga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.  

7. Makan makanan yang kaya akan magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mudah terserang sakit kepala dan migrain.

Beberapa jenis makanan kaya magnesium yang bisa Anda makan, di antaranya almond, selai kacang, kacang mete, susu, telur, oatmeal, biji wijen, dan biji bunga matahari.

Anda bisa pula mengonsumsi suplemen magnesium oksida. Penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium oksida dapat membantu mencegah migrain.

Selain itu, minum suplemen yang mengandung magnesium juga dapat mencegah migrain yang muncul akibat kram perut saat menstruasi alias premenstrual syndrome (PMS).

8. Konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3

Peradangan mungkin saja dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Untuk mengurangi efek peradangan dalam tubuh, makanlah makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.

Penelitian tentang migrain yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research menunjukkan bahwa orang yang jarang makan lemak omega-3 akan mengalami migrain lebih sering dibandingkan yang rutin memakan sumber lemak omega-3.

Makanan dengan sumber asam lemak omega-3 yang dapat dijadikan sebagai obat migrain alami adalah berbagai jenis ikan (ikan tuna, ikan makarel, ikan sarden), telur, bayam, dan lainnya.

Kendati demikian, Anda perlu ingat untuk berhati-hati dalam menggunakan beberapa bahan alami untuk obat migrain di atas. Jika Anda mengalami alergi, segera hentikan penggunaannya.

Konsultasikan dengan dokter apabila gejala penyakit tak kunjung hilang meski telah menggunakan obat migrain alami. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab migrain Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-ways-to-reduce-migraines
Diakses pada 25 November 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/headache-migraine/treatment/home-remedies-for-headaches-and-migraines
Diakses pada 25 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23657930
Diakses pada 25 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20456191
Diakses pada 25 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23415783
Diakses pada 25 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746941/
Diakses pada 25 November 2019

Neurological Sciences. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10072-012-1069-y
Diakses pada 25 November 2019

European Neurology. https://www.karger.com/Article/Abstract/335249
Diakses pada 25 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed