Tidak Perlu Batal, Sakit Gigi saat Puasa Bisa Diobati dengan Cara Ini


Sakit gigi saat puasa tentu sangat tidak nyaman. Untungnya, ada sejumlah cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan tanpa harus membatalkan puasa.

(0)
27 Apr 2021|Rhandy Verizarie
sakit gigi saat puasaSakit gigi saat puasa bisa diatasi tanpa harus membatalkan puasa
Sakit gigi saat puasa tentu menimbulkan ketidaknyamanan, bukan? Anda pun jadi bingung bagaimana cara mengatasinya. Pasalnya, selama berpuasa kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum, termasuk minum obat sakit gigi.Jangan khawatir. Walaupun tidak bisa minum obat, ada sejumlah cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang bisa dilakukan. Apa sajakah cara mengobati sakit gigi ketika puasa tersebut? Berikut informasinya.

Penyebab sakit gigi saat puasa

Sakit gigi memang bisa terjadi kapan saja, tidak terkecuali saat berpuasa. Sama seperti sakit gigi pada umumnya, penyebab sakit gigi saat puasa adalah sejumlah kondisi tertentu pada gigi, seperti gigi sensitif atau gigi berlubang.Ketika berpuasa, mulut kita akan menjadi lebih kering. Hal ini karena produksi air liur berkurang akibat aktivitas mengunyah makanan yang terhenti untuk sementara. Pada orang yang memiliki gigi sensitif, berkurangnya kadar air liur membuat gigi mereka tidak terlindungi secara maksimal hingga akhirnya berpotensi munculnya gejala sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa

Mengingat saat puasa Anda tidak boleh makan dan minum, sementara sakit gigi sudah tidak tertahankan, Beberapa cara meredakan sakit gigi saat puasa berikut ini mungkin bisa jadi solusinya, yaitu:

1. Kompres es batu

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang pertama adalah dengan kompres es batu. Es batu berfungsi untuk meredakan nyeri pada gigi dengan cara mempersempit pembuluh darah untuk sementara.Tidak hanya  itu, kompres es batu juga dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan yang mungkin menyertai sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi ketika puasa dengan kompres es batu adalah:
  • Bungkus es batu dalam handuk atau kain bersih
  • Tempelkan pada area pipi yang menjadi lokasi gigi yang sakit
  • Tahan selama kurang lebih 20 menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai rasa nyeri hilang

2. Mengoleskan minyak cengkeh

Anda juga bisa mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit sebagai cara meredakan sakit gigi saat puasa.Menurut penelitian tahun 2015 dalam Libyan Journal of Medicine, cengkeh memiliki kandungan zat yang dapat mengatasi peradangan (inflamasi). Seperti yang kita tahu, peradangan juga merupakan salah satu pemicu sakit gigi.Cara menggunakan minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi sangat mudah, yaitu:
  • Tuangkan minyak cengkeh secukupnya pada kapas atau cotton bud. 
  • Oleskan pada gigi yang sakit
  • Lakukan sebanyak beberapa kali setiap hari sampai sakit gigi sembuh
Selain mengoleskannya ke gigi, Anda juga bisa mencampurkan minyak cengkeh ke segelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan air tersebut.

3. Menempelkan kantung teh peppermint

Cara mengobati sakit gigi saat puasa selanjutnya adalah dengan menempelkan kantung teh peppermint.Daun teh peppermint disebut-sebut juga efektif meredakan nyeri pada gigi, termasuk pada kasus gusi berdarah. Langkah-langkah menggunakan kantung teh peppermint untuk meredakan nyeri gigi adalah sebagai berikut:
  • Dinginkan kantung teh peppermint terlebih dahulu
  • Tempelkan kantung teh pada gigi yang sakit selama beberapa menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari

4. Mengoleskan ekstrak vanila

Ekstrak vanila dapat dijadikan cara mengatasi nyeri gigi saat puasa karena di dalamnya mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri.Cara menggunakan ekstrak vanilla untuk mengatasi sakit gigi yakni sebagai berikut:
  • Tuangkan ekstrak vanila secukupnya pada kapas atau cotton bud
  • Oleskan pada gigi yang sakit secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari

5. Berkumur air garam

Berkumur air garam menjadi cara mengatasi sakit gigi lainnya yang dapat Anda coba. Garam mengandung zat-zat yang menurut penelitian tahun 2016 ampuh meredakan peradangan pada mulut dan gigi, sebagaimana dilansir dari PLoS One.Begini cara berkumur air garam untuk menghilangkan sakit gigi:
  • Siapkan ½ sendok teh garam
  • Larutkan dalam segelas air hangat
  • Berkumur dengan kepala menengadah ke atas selama beberapa detik
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari
Namun, berkumur saat puasa harus berhati-hati agar jangan sampai air masuk ke tenggorokan. Hal ini bisa-bisa malah membatalkan puasa Anda. 

6. Berkumur hidrogen peroksida

Selain air garam, hidrogen peroksida juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi, membasmi bakteri penyebab sakit gigi, hingga mengobati gusi berdarah.Cara berkumur dengan hidrogen peroksida sama seperti air garam, yaitu:
  • Campurkan hidrogen peroksida secukupnya dengan segelas air putih hangat
  • Berkumur dengan air tersebut selama beberapa detik
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai sakit gigi mereda

7. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Saat nyeri pada gigi sudah tidak tertahankan, Anda bisa membaringkan tubuh sejenak dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh.Tempatkan kepala di atas bantal untuk membuatnya lebih tinggi ketimbang tubuh. Cara ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah di area kepala. Pasalnya, aliran darah di kepala yang terhambat akan memperparah gejala nyeri.

Catatan dari SehatQ

Bagaimana, Anda tetap bisa mengatasi sakit gigi saat puasa, bukan? Namun, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter apabila cara-cara di atas tidak cukup efektif meredakan nyeri gigi yang dialami.Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui fitur chat dokter online di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play. 
tips puasakesehatan gigisakit gigi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#other-natural-remedies Diakses pada 22 April 2021Libyan Journal of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4558274/ Diakses pada 22 April 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133#9-remedies Diakses pada 22 April 2021Plos One Journal. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0159843 Diakses pada 22 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait