Ragam Manfaat Sabun Susu Kambing dan Kelebihannya Dibanding Sabun Biasa

(0)
08 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sabun susu kambing mengandung nutrisi yang berpotensi bermanfaat untuk kulit, termasuk kolesterolSabun susu kambing mengandung nutrisi yang berpotensi bermanfaat untuk kulit, termasuk kolesterol
Demi mengurangi paparan zat yang keras terhadap kulit, banyak orang mulai beralih pada produk perawatan tubuh dari bahan alami. Misalnya, dalam memilih sabun mandi untuk merawat kulit, beberapa orang menjatuhkan harapannya terhadap sabun susu kambing. Apa kelebihan sabun susu kambing dibandingkan susu biasa?

Sabun susu kambing, apa bedanya dengan sabun biasa?

Sesuai dengan namanya, sabun susu kambing adalah sabun yang berasal dari dari susu kambing. Sabun susu kambing dibuat dengan proses pembuatan sabun biasa, yakni saponifikasi, di mana proses tersebut menggabungkan asam dengan basa yang disebut lindi (lye).Lindi pada sabun biasa dibuat dengan mencampurkan air dengan natrium hidroksida. Sementara itu, pada pembuatan sabun susu kambing, air tersebut digantikan dengan susu kambing. Penggunaan susu kambing ini akan menghasilkan konsistensi yang lebih creamy karena kandungan lemaknya.Susu kambing sendiri mengandung lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Lemak jenuh akan membuat busa sabun lebih banyak dan lemak tak jenuh akan membuat sabun susu kambing memberikan efek yang lebih melembapkan.
Minyak sehat lain, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, terkadang juga ditambahkan dalam sabun susu kambing untuk memperkaya nutrisinya.

Kandungan dalam sabun susu kambing

Sabun susu kambing mengantongi beberapa kandungan kunci untuk kulit sehat. Kandungan tersebut dapat berupa:

1. Asam lemak dan kolesterol

Susu kambing pada dasarnya kaya dengan asam lemak dan kolesterol. Keduanya menyusun sebagian besar membran kulit kita. Kekurangan komponen penyusun kulit tersebut akan berisiko memunculkan kulit kering dan iritasi.

2. Vitamin A

Susu kambing juga menjadi sumber vitamin A yang baik. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan telah populer sebagai kandungan anti-penuaan.

3. Selenium

Selain vitamin A dan asam lemak, susu kambing turut mengandung selenium, jenis mineral yang juga dilaporkan membantu menyehatkan membran kulit. Bahkan, selenium dilaporkan membantu meredakan gejala masalah kulit psoriasis, seperti kulit kering dan bersisik.Walau susu kambing kaya nutrisi, produk sabunnya mungkin akan memiliki kadar nutrisi yang berbeda. Nutrisi dalam sabun susu kambing bergantung pada banyaknya susu kambing yang dicampurkan dalam proses pembuatannya. Riset terkait efektivitas sabun susu kambing juga cenderung masih sedikit.

Manfaat susu kambing untuk kulit nan sehat

Sabun susu kambing menawarkan beberapa manfaat untuk kulit sehat, misalnya:

1. Berpotensi untuk melembapkan kulit kering

Kulit kering dapat terjadi karena rendahnya kadar air pada kulit. Hal ini juga bisa disebabkan karena kadar lipid di kulit terlalu rendah. Padahal, lapisan lipid tersebut membantu memperlambat hilangnya kelembapan dari kulit.Penderita eksim dan psoriasis yang kerap mengalami kulit kering sebagai gejalanya, seringkali memiliki kadar lipid yang rendah. Lipid tersebut termasuk ceramide, kolesterol, dan asam lemak.Sabun susu kambing yang tinggi dengan kolesterol dan asam lemak berpotensi untuk menggantikan lemak di kulit, sehingga diharapkan bisa mempertahankan kelembapannya. Sabun susu kambing juga tergolong sebagai sabun yang gentle, tidak seperti sabun berbahan keras yang bisa merusak kelembapan alami kulit.

2. Lembut untuk kulit

Kebanyakan sabun bisa mengandung surfaktan yang ‘keras’ untuk kulit, sehingga berisiko merusak kelembapan dan minyak alaminya. Sabun susu kambing yang kaya dengan lemak membantu membersihkan kulit dengan lembut tanpa merusak minyak alaminya.
Wanita sedang mandi
Sabun susu kambing membantu membersihkan kulit dengan lembut

3. Berpotensi untuk mengeksfoliasi kulit

Sabun susu kambing mengandung asam laktat yang terkenal sebagai eksfoliator, yang membantu pergantian sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Asam laktat termasuk pada golongan asam alfa-hidroksi atau AHA yang telah terbukti membantu menyingkirkan sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih muda.Hanya saja, penting untuk diingat bahwa kadar asam laktat dalam sabun susu kambing belum diketahui dengan pasti. Riset lanjutan diperlukan untuk menguatkan khasiat sabun susu kambing dengan proses eksfoliasi.

4. Berpotensi untuk mencegah jerawat

Kandungan asam laktat dalam sabun susu kambing juga berpotensi untuk mengontrol jerawat. Sebagai eksfoliator, asam laktat dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih. Efek melembapkan sabun susu kambing juga berpotensi untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit.Walau menjanjikan, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba produk sabun susu kambing. Sebab, penanganan jerawat pada masing-masing individu dapat berbeda.

Catatan dari SehatQ

Sabun susu kambing memiliki sejumlah potensi manfaat kesehatan karena sifatnya yang lebih lembut dibandingkan sabun biasa. Sabun susu kambing juga mengandung asam lemak dan asam laktat yang berpotensi untuk menjaga kulit tetap sehat, lembap, dan cerah.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/goat-milk-soap-benefits
Diakses pada 24 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26032934
Diakses pada 24 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait