Mengenal Tingkatan Sabuk Taekwondo dan Filosofinya


Tingkatan sabuk taekwondo dimulai dari sabuk putih. Ternyata, semakin gelap warnanya, semakin tinggi tingkat seorang taekwondoin.

(0)
17 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Taekwondoin dengan sabuk hitam disebut dengan DANTingkatan sabuk taekwondo paling tinggi adalah sabuk hitam dengan 8 strip putih
Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan kepada pemain olahraga taekwondo alias taekwondoin adalah, “Apa warna sabukmu?” Warna sabuk taekwondo ini sendiri memang secara umum mencerminkan teknik atau keahlian yang dimiliki oleh taekwondoin tersebut.Semakin gelap warna sabuk taekwondo, semakin tinggi pula ‘derajatnya’ di dunia seni bela diri asal Korea ini. Namun tahukah Anda, apa filosofi di balik tingkatan sabuk para pemain olahraga taekwondo ini?

Tingkatan sabuk taekwondo dan filosofinya

Tingkatan sabuk taekwondo paling rendah adalah sabuk putih untuk pemula (Geup 10) dan paling tinggi adalah sabuk hitam dengan 8 strip putih (Dan IX). Lebih lengkapnya, berikut ini pembahasan mengenai tingkatan sabuk taekwondo dan filosofinya.
Sabuk taekwondo merah melambangkan matahari yang bersinar

1. Sabuk taekwondo putih

Sabuk putih melambangkan kesucian dan awal atau dasar dari semua warna sehingga digunakan oleh taekwondoin yang baru belajar teknik dasar taekwondo. Dalam tekwondo internasional, sabuk putih disebut juga level Geup 10.

2. Sabuk taekwondo kuning

Filosofi sabuk taekwondo kuning adalah melambangkan bumi sebagai tempat menanam dasar-dasar taekwondo itu sendiri. Saat baru naik dari sabuk putih, taekwondoin akan menerima sabuk kuning polos (Geup 9). Sementara itu ketika akan naik ke urutan sabuk taekwondo selanjutnya, ia akan terlebih dahulu berganti sabuk menjadi kuning strip hijau (Geup 8).

3. Sabuk taekwondo hijau

Hijau dalam filosofi taekwondo adalah melambangkan pepohonan. Pada saat inilah dasar taekwondo mulai ditumbuhkembangkan dalam diri taekwondoin, di antaranya dengan mempelajari jurus taeguk 2.Saat baru naik dari Geup 8, taekwondoin akan mengenakan sabuk hijau polos (Geup 7). Selanjutnya saat akan beralih ke urutan sabuk taekwondo berikutnya, ia akan terlebih dahulu mengenakan sabuk hijau strip biru (Geup 6).

4. Sabuk taekwondo biru

Warna biru pada sabuk taekwondo melambangkan langit yang terbentang luas dan tak terukur tingginya serta menggambarkan bibit (taekwondoin) yang terus tumbuh. Taekwondoin yang telah menyandang sabuk biru memiliki kekuatan, baik fisik maupun mental, yang mulai stabil.Saat baru naik dari Geup 6, taekwondoin akan mengenakan sabuk biru polos (Geup 5). Sementara itu ketika akan beralih ke urutan sabuk taekwondo berikutnya, ia akan terlebih dahulu mengenakan sabuk biru strip merah (Geup 4).

5. Sabuk taekwondo merah

Warna merah pada sabuk taekwondo melambangkan matahari yang bersinar. Artinya, taekwondoin harus mulai belajar untuk mengendalikan kekuatannya agar tidak justru membahayakan orang lai,n mengingat teknik, ilmu, dan kemampuan fisiknya yang terus meningkat.Saat baru naik dari Geup 4, taekwondoin akan mengenakan sabuk merah polos (Geup 3). Lalu sebelum beralih ke urutan sabuk taekwondo berikutnya, ia akan terlebih dahulu mengenakan sabuk merah dengan satu strip hitam (Geup 2) kemudian meningkat lagi ke sabuk merah dengan dua strip hitam (Geup 1).

6. Sabuk taekwondo hitam

Warna hitam pada sabuk taekwondo melambangkan bayangan yang menyelimuti matahari, sekaligus menggambarkan akhir, kedalaman, kematangan dalam berlatih teknik-teknik taekwondo. Dalam tahap ini, seorang taekwondoin harus sudah bisa mengontrol diri dan berpikir untuk menabur kebaikan serta melahirkan generasi taekwondoin baru.Ketika sudah menyandang sabuk hitam, taekwondoin tidak lagi disebut Geup, melainkan DAN. DAN ini sendiri memiliki beberapa tingkatan yang dilambangkan dengan banyaknya strip berwarna putih pada sabuk hitam itu, yakni:
  • DAN I (Il DAN): sabuk hitam polos
  • DAN II (Yi DAN): sabuk hitam dengan 1 strip putih
  • DAN III (Sam DAN): sabuk hitam dengan 2 strip putih
  • DAN IV (Sa DAN): sabuk hitam dengan 3 strip putih
  • DAN V (Oh DAN): sabuk hitam dengan 4 strip putih
  • DAN VI (Yuk DAN): sabuk hitam dengan 5 strip putih
  • DAN VII (Chil DAN): sabuk hitam dengan 6 strip putih
  • DAN VIII (Pal DAN): sabuk hitam dengan 7 strip putih
  • DAN IX (Gu DAN): sabuk hitam dengan 8 strip putih
Dalam tingkatan sabuk taekwondo, pemilik DAN I sampai DAN V disebut sebagai Yudanja (Master), sedangkan DAN VI sampai DAN IX disebut sebagai Kudanja (Grand Master).Setelah DAN IX masih ada level DAN X. Gelar ini tercermin bukan dalam sabuk taekwondo, melainkan berbentuk sertifikat yang dikeluarkan oleh Kukkiwon sebagai organisasi yang menerbitkan Sertifikat DAN.Menurut Kukiwon, Dan X hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pengembangan taekwondo di dunia, seperti Haeng Ung Lee (pendiri Asosiasi Taekwondo Amerika) dan Un Yong Kim (mantan presiden Federasi Taekwondo Dunia).
olahragatips olahragahidup sehat
Universitas Negeri Semarang. http://blog.unnes.ac.id/mokho/teknik-dasar-taekwondo/
Diakses pada 6 Maret 2021
Binus University. https://student-activity.binus.ac.id/taekwondo/2019/05/filosofi-tingkatan-sabuk-dalam-taekwondo/
Diakses pada 6 Maret 2021
Universitas Sebelas Maret. https://taekwondo.uns.ac.id/2018/08/05/tingkatan-sabuk-dalam-taekwondo/
Diakses pada 6 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait