Saat Haid Keluar Gumpalan Darah Seperti Daging, Normalkah?

(0)
07 Oct 2020|Azelia Trifiana
Saat haid keluar gumpalan darah seperti daging adalah hal wajarGumpalan darah seperti daging yang keluar saat haid adalah wajar
Sangatlah wajar saat haid keluar gumpalan darah seperti daging, jadi tak perlu panik. Bentuknya seperti gel yang terdiri dari gumpalan darah, jaringan, dan juga darah yang keluar dari rahim saat haid. Secara tekstur, gumpalan darah ini terlihat seperti selai stroberi.Selama ukuran dan volume gumpalan darah yang keluar tidak terlalu banyak atau hanya sesekali, artinya masih normal. Berbeda dengan gumpalan yang berbahaya di pembuluh darah, gumpalan darah saat haid bukan hal yang perlu dirisaukan.

Ciri gumpalan darah normal saat haid

Untuk membedakan apakah saat haid keluar gumpalan darah seperti daging termasuk normal atau tidak, berikut ciri-cirinya:
  • Berukuran kecil
  • Hanya keluar sesekali terutama di hari-hari awal haid
  • Berwarna merah terang atau gelap
  • Tidak disertai rasa nyeri berlebihan
Namun bilamana keluarnya gumpalan darah saat haid ini terjadi terus menerus dan ukurannya besar, bisa jadi sinyal kondisi medis tertentu. Pantau terus bagaimana jalannya haid. Apabila perdarahan terjadi berlebihan, segera konsultasikan dengan dokter.Perdarahan saat haid dikatakan berlebihan apabila harus mengganti tampon, pembalut, atau menstrual cup setiap kurang dari 2 jam. Artinya, volume darah yang keluar lebih banyak dari seharusnya.

Penyebab keluarnya gumpalan darah saat haid

Gumpalan pada menstruasi adalah hal yang normal
Sebagian besar perempuan di usia produktif akan mengalami peluruhan dinding rahim setiap 28-35 hari sekali. Dalam periode satu bulan, dinding rahim atau endometrium ini akan menjadi lebih tebal sebagai respons atas hormon estrogen. Fungsinya adalah menjadi tempat bertumbuhnya sel telur apabila dibuahi.Namun apabila tidak terjadi pembuahan, maka terjadilah haid. Pada fase ini, dinding rahim akan luruh selama beberapa hari. Substansi yang dikeluarkan juga mengandung darah, lendir, hingga jaringan.Menariknya lagi, tubuh punya mekanisme luar biasa ketika mengeluarkan luruhan dinding rahim ini. Agar substansi yang keluar terkendali, tubuh memproduksi antikoagulan sehingga bentuknya lebih tipis dan bisa keluar dari rahim dan vagina lebih mudah.Meski demikian, ada kalanya aliran darah ini lebih melebihi kemampuan tubuh memproduksi antikoagulan sehingga saat haid keluar gumpalan darah seperti daging. Ini adalah hal yang normal.Lebih jauh lagi, pembentukan gumpalan darah seperti daging ini sering terjadi ketika hari awal haid, antara hari pertama hingga ketiga. Idealnya, haid berlangsung 5-7 hari. Terlebih bagi perempuan dengan heavy flow saat haid, gumpalan darah ini bisa keluar lebih banyak lagi.

Kapan dikatakan berbahaya?

Saat haid keluar gumpalan darah seperti daging juga bisa menandakan kondisi medis tertentu. Faktor hormonal dan fisik akan berpengaruh terhadap hal ini. Beberapa kondisi yang perlu dikonsultasikan dengan dokter adalah:
  • Obstruksi rahim

Ini adalah kondisi penyumbatan rahim yang berakibat tekanan pada dinding rahim cenderung berlebih. Konsekuensinya, gumpalan dan volume darah yang keluar saat haid jauh lebih banyak. Kondisi obstruksi ini juga berpengaruh pada kemampuan rahim berkontraksi dan mengeluarkan luruhan dengan lancar.Obstruksi rahim dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti endometriosis, fibroid, adenomyosis, atau tumor yang berpotensi berkembang menjadi kanker.
  • Fibroid

Umumnya, fibroid rahim bersifat non-kanker. Ini adalah kondisi ketika ada tumor yang tumbuh di dinding rahim. Selain volume darah lebih banyak saat haid, gejala lain yang menyertai adalah nyeri punggung, nyeri saat berhubungan seksual, isu fertilitas, hingga kondisi perut yang menonjol.Perempuan yang berusia di atas 50 tahun lebih rentan memiliki fibroid. Penyebabnya tidak diketahui pasti, namun diduga kuat ada korelasi dengan faktor genetik serta produksi hormon seperti estrogen dan progesteron.
  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika lapisan pembentuk dinding rahim tumbuh di luar rahim. Penderitanya akan merasakan nyeri luar biasa saat haid, mual, muntah,  nyeri panggul, hingga diare. Saat haid pun darah yang keluar cenderung abnormal.
  • Adenomyosis

Adenomyosis terjadi ketika lapisan rongga rahim tumbuh di dalam dinding rahim. Akibatnya, rahim menjadi lebih besar dan tebal. Selain haid dengan volume darah lebih banyak, kondisi ini juga menyebabkan ukuran rahim 2-3 kali lipat lebih besar dari ukuran normal.
  • Ketidakseimbangan hormon

Peran hormon estrogen dan progesteron sangat penting untuk memastikan dinding rahim tumbuh dan menebal sesuai fungsinya. Apabila tidak seimbang, ada kemungkinan saat haid keluar gumpalan darah seperti daging.Beberapa faktor pemicu ketidakseimbangan hormon adalah perimenopause, menopause, stres, hingga bertambah atau berkurangnya berat badan secara drastis.
  • Penyakit Von Willebrand

Penderita penyakit Von Willebrand juga bisa mengalami haid yang lama dengan volume darah lebih banyak. Penyakit ini cukup langka, ditandai juga dengan mudahnya mengalami perdarahan seperti pada gusi atau ketika terluka.Saat haid keluar gumpalan darah seperti daging adalah hal biasa jika ukuran dan frekuensinya masih wajar. Namun apabila disertai keluhan lain serta terjadi terus menerus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk tahu diagnosis pasti.Ada banyak pilihan penanganan yang efektif untuk membantu mengendalikan haid dengan darah berlebih dan mengurangi keluarnya gumpalan darah seperti daging. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar siklus haid dan keluhan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
siklus haidmenstruasikesehatan wanitaorgan intim wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-clots#complications
Diakses pada 21 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322707#:~:text=People%20may%20worry%20if%20they,that%20help%20regulate%20its%20flow.
https://www.verywellhealth.com/why-are-there-blood-clots-in-my-period-2721935
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/why-are-there-blood-clots-in-my-period-2721935
https://www.verywellhealth.com/why-are-there-blood-clots-in-my-period-2721935
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait