Saat atau Menjelang Haid Perut Kembung? Ini Penyebabnya!

Perut kembung jelang haid merupakan salah satu gejala PMS
Penyebab perut kembung menjelang haid adalah karena adanya perubahan hormon

Saat menjelang atau sedang masa menstruasi, para wanita mengalami berbagai keluhan menyangkut fisik maupun mental yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu komplain yang mungkin dialami oleh wanita adalah perut kembung saat haid.

Namun, fenomena perut kembung ini tidak hanya terjadi saat menstruasi, tetapi menjelang haid perut kembung juga kerap kali dirasakan oleh beberapa wanita. Apakah perut kembung saat haid atau menjelang datang bulan adalah hal yang normal?

Mengapa para wanita mengalami perut kembung saat atau menjelang haid?

Perut kembung saat haid atau menjelang menstruasi ditandai dengan sensasi berat dan bengkak di bagian perut yang terkadang muncul menjelang atau pada awal mula datang bulan.

Penyebab menjelang haid perut kembung ataupun perut kembung saat haid dipicu oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjelang dan saat menstruasi.

Peningkatan kadar estrogen dalam tubuh berdampak pada reseptor hormon estrogen pada perut dan usus kecil yang akhirnya mengakibatkan penumpukan gas dalam saluran pencernaan dan juga menimbulkan penumpukan air dan garam dalam tubuh.

Kedua hal tersebut berpotensi untuk menimbulkan perut kembung saat haid atau menjelang menstruasi. Namun, tidak hanya karena faktor hormon, pola makan juga bisa berkontribusi dalam menimbulkan perut kembung saat atau menjelang haid.

Permasalahan perut kembung ini sebenarnya merupakan salah satu gejala dari sindrom premenstrual (PMS). Sindrom premenstrual merupakan gejala-gejala yang dirasakan wanita sebelum mengalami menstruasi, salah satunya adalah menjelang haid perut kembung. 

Namun, tidak hanya perut kembung, PMS juga bisa memicu gangguan pencernaan lain, seperti sembelit, dan sebagainya.

Sebuah riset menunjukkan bahwa wanita akan merasakan gangguan perut kembung yang paling parah saat hari pertama menstruasi. 

Apakah ada cara untuk mengatasi perut kembung saat atau menjelang haid?

Perut kembung memang membuat gelisah dan mengesalkan, tetapi terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membantu mengurangi perut kembung yang dialami akibat efek dari menstruasi.

  • Hindari alkohol dan kafein

Bagi para wanita yang sedang atau akan segera menstruasi, hindarilah konsumsi alkohol dan kafein yang mampu membuat menjelang haid perut kembung menjadi makin parah.

Sebaiknya minumlah air mineral atau pilihlah alternatif minuman lain yang lebih rendah kafein, seperti teh ataupun kopi yang telah dikurangi kadar kafeinnya.

  • Kurangi kadar garam yang dikonsumsi ((insert image))

Suka makanan yang asin-asin, seperti keripik? Sebaiknya tahan dulu hasrat Anda untuk melahap makanan yang tinggi garam karena garam dapat meningkatkan jumlah air yang ditumpuk dalam perut dan membuat perut semakin kembung.

Sebaiknya fokuslah pada makanan lain yang lebih sehat, seperti sayur-mayur, kacang-kacangan, dan sebagainya, serta selalu baca tabel nutrisi pada makanan kemasan yang akan dikonsumsi untuk mengecek kadar garam di dalamnya.

  • Turunkan konsumsi karbohidrat yang diproses

Makanan yang terbuat dari tepung putih, gula yang diproses, dan sebagainya adalah beberapa contoh karbohidrat yang diproses. 

Karbohidrat yang diproses mampu meningkatkan kadar insulin dalam darah yang membuat organ ginjal menyimpan semakin banyak garam dalam tubuh yang malah membuat makin banyak air yang disimpan dalam tubuh.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari konsumsi karbohidrat yang diproses bila Anda tidak ingin mengalami perut kembung saat haid atau menjelang datang bulan.

  • Berolahraga secara teratur ((insert image))

Sebuah riset menemukan bahwa berolahraga dapat membantu mengurangi gejala sindrom premenstrual. Anda bisa berolahraga ringan ataupun berat selama beberapa jam dalam seminggu.

  • Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung potasium

Potasium diketahui mampu menurunkan kadar garam dengan meningkatkan produksi urin, karenanya konsumsi makanan yang kaya potasium dapat membantu mengurangi perut kembung menjelang haid.

Makanan tinggi potasium yang bisa Anda konsumsi adalah alpukat, tomat, sayuran berdaun hijau, pisang, ubi, dan sebagainya.

  • Pertimbangkan penggunaan suplemen magnesium ((insert image))

Meskipun riset mengenai efek suplemen magnesium terhadap perut kembung saat haid masih diperdebatkan, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan penggunaan suplemen magnesium untuk mengatasi masalah perut kembung yang dialami.

Anda dapat mengonsumsi kurang lebih 360 mg magnesium per harinya untuk mengurangi perut kembung saat haid ataupun menjelang menstruasi. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen magnesium.

  • Konsumsi makanan yang bersifat diuretik

Selain makanan yang kaya potasium, Anda bisa mengonsumsi makanan yang bersifat diuretik atau meningkatkan produksi urin yang mampu mengurangi penumpukan air dalam tubuh.

Beberapa makanan bersifat diuretik yang bisa dikonsumsi adalah nanas, jahe, timun, asparagus, buah persik, dan bawang putih.

Kapan harus ke dokter?

Apabila saat atau menjelang haid perut kembung yang dialami sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak kunjung membaik meskipun sudah melakukan cara-cara di atas, maka berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/period-bloating
Diakses pada 08 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/gas-before-period
Diakses pada 08 Agustus 2019

Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/ogi/2011/138451/
Diakses pada 08 Agustus 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/water-retention/art-20044983
Diakses pada 08 Agustus 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319579.php
Diakses pada 08 Agustus 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3748549/
Diakses pada 08 Agustus 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pre-menstrual-syndrome/
Diakses pada 08 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/women/pms/supplements-help-with-pms#1
Diakses pada 08 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed