Rutin Lakukan Creambath Rambut, Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapat


Creambath rambut adalah salah satu perawatan kecantikan favorit para wanita di hampir semua salon kecantikan. Creambath rambut bertujuan untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut serta umum dilakukan setelah satu minggu melakukan aktivitas yang padat.

(0)
Creambath rambut bertujuan untuk menyegarkan kulit kepala dan rambutCreambath rambut jadi perawatan kecantikan favorit para wanita di hampir semua salon kecantikan
Creambath rambut adalah salah satu perawatan kecantikan favorit para wanita di hampir semua salon kecantikan. Sebagai perawatan rambut yang cukup populer, tentu ada berbagai manfaat creambath rambut yang bisa kamu dapat. Creambath rambut bertujuan untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut. Biasanya, perawatan kecantikan rambut ini dilakukan setelah satu minggu melakukan aktivitas yang padat.Yuk, kenali lebih jauh mengenai creambath rambut, manfaatnya untuk kesehatan rambut, dan perbedaannya dengan perawatan rambut yang populer lainnya.

Apa itu creambath rambut? 

Creambath sudah dikenal sejak lama dibandingkan jenis perawatan rambut lainnya, seperti hair mask dan hair spaCreambath rambut adalah perawatan rambut dan kulit kepala menggunakan krim khusus. Biasanya perawatan rambut ini disertai dengan pijatan yang bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari krim creambath ke rambut dan kulit kepala. Krim khusus untuk creambath rambut umumnya terbuat dari campuran bahan kimia dan ekstrak bahan alami, seperti aneka buah-buahan, sayuran, hingga cokelat. Setiap jenis krim memiliki kandungan yang berbeda sehingga manfaat creambath rambut yang didapat pun tentu akan berbeda. Berbagai jenis krim kandungan creambath rambut dapat membantu menjaga kelembapan rambut, mengatasi rambut patah, menguatkan batang rambut agar tidak mudah bercabang, hingga membuat rambut tampak lebih bercahaya. 

Apa manfaat creambath rambut?

Setiap jenis perawatan kecantikan tentu memberikan manfaat tertentu, tak terkecuali creambath rambut. Adapun berbagai manfaat creambath rambut yang bisa didapat, antara lain: 

1. Memberi efek relaksasi

Salah satu manfaat creambath rambut yang paling dicari oleh banyak orang adalah efek relaksasi yang didapat dari pijatan. Ya, pijatan atau massage kulit kepala tidak hanya bertujuan agar krim dapat menutrisi rambut dengan maksimal, melainkan juga bertujuan sebagai efek relaksasi. Stres akibat rutinitas sehari-hari dapat menyebabkan otot-otot di area kepala, leher, hingga bahu bisa menjadi kaku atau tegang. Nah, kamu bisa meringankan stres dan membuat otot-otot area tersebut menjadi lebih rileks dengan melakukan creambath rambut. Selain itu, manfaat pijatan saat creambath rambut juga dapat melancarkan peredaran darah di area kepala, leher, dan bahu. 

2. Mengatasi masalah rambut tertentu

Mengatasi masalah rambut adalah manfaat creambath rambut yang utama
Rambut kering, kasar, rontok, hingga bercabang umum dialami perempuan
Manfaat creambath rambut berikutnya adalah mengatasi masalah rambut tertentu. Ada berbagai masalah rambut yang mungkin Anda alami. Mulai dari rambut kering, rambut rontok, rambut kasar, hingga rambut bercabang. Oleh karena itu, pilihlah jenis krim creambath sesuai dengan masalah rambut yang Anda alami. Jika melakukan creambath di salon, Anda bisa berkonsultasi dengan terapis kecantikan terlebih dahulu untuk mendapatkan krim creambath yang tepat. 

3. Memperkuat helaian rambut

Creambath rambut membuat rambut lebih sehat dan kuat
Helaian rambut yang kuat pertanda rambut sehat
Memperkuat helaian rambut juga menjadi manfaat creambath rambut lainnya. Hal ini karena krim creambath mengandung berbagai nutrisi yang dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat. Saat helaian rambut kuat, Anda pun dapat terhindar dari masalah rambut rontok

4. Menghaluskan rambut

Manfaat creambath rambut adalah bisa menghaluskan rambut
Rambut yang halus dan lembut bisa mencegah kerusakan rambut
Manfaat creambath rambut juga dapat menghaluskan rambut. Helaian dan tekstur rambut yang lembut bisa mencegah rambut dari kerusakan.

5. Menutrisi rambut

Polusi udara serta penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer dan alat pelurus rambut, bisa berisiko membuat rambut jadi kering dan rusak. Dengan creambath, rambut akan lebih sehat karena mendapat nutrisi lebih banyak.

Bagaimana proses creambath di salon kecantikan?

Creambath rambut biasanya dilakukan di salon kecantikan. Banyak orang memilih melakukan creambath di salon guna mendapat sensasi pijatan kulit kepala yang maksimal. Adapun proses creambath di salon kecantikan adalah rambut kamu akan dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian, sang terapis akan mengoleskan krim creambath sesuai pilihan dan masalah rambut yang Anda alami secara merata dari helaian rambut sampai ke kulit kepala. Selanjutnya, sang terapis akan memijat lembut kulit kepala guna melancarkan peredaran darah sekaligus membuat nutrisi pada krim menyerap ke helaian rambut dengan sempurna. Selesai mengoleskan krim, rambut akan diuap selama beberapa menit menggunakan mesin atau handuk yang dibasahi oleh air hangat. Ketika rambut diuap, bagian tubuh lainnya, seperti bahu, punggung belakang, lengan, hingga jari-jari tangan akan dipijat agar terasa lebih rileks. Jika proses penguapan rambut sudah selesai, rambut akan dicuci kembali dan dikeringkan menggunakan hair dryer. Proses creambath di salon kecantikan akan semakin lengkap karena sang terapis biasanya akan memberikan vitamin rambut atau hair tonic agar rambut kamu semakin sehat, kuat, lembut, dan berkilau.Umumnya, Anda tidak perlu keramas setelah minimum 3-5 hari creambath rambut. Baca Juga: Rekomendasi Hair Tonic Terbaik 2020

Bolehkah cara creambath rambut di rumah dilakukan? 

Cara creambath rambut di rumah sama seperti di salon kecantikan
Oleskan krim creambath ke seluruh helaian rambut sampai kulit kepala
Meski umum dilakukan di salon kecantikan, creambath di rumah juga dapat dilakukan, lho. Saat ini sudah banyak produk creambath rambut yang dijual di toko ataupun supermarket. Cara creambath sendiri di rumah bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang dengan merawat rambut.Secara umum, creambath di salon dan cara creambath rambut di rumah sama saja. Cara creambath rambut sendiri di rumah adalah sebagai berikut. 
  1. Cuci rambut menggunakan sampo seperti biasa. Jika sudah selesai, basuh rambut menggunakan handuk terlebih dahulu. 
  2. Saat rambut dalam kondisi basah, oleskan krim creambath ke seluruh helaian rambut hingga kulit kepala. 
  3. Selanjutnya, mulai pijat seluruh area kulit kepala selama beberapa menit agar nutrisi krim dapat menyerap ke dalam kulit kepala dan rambut secara sempurna. 
  4. Jepit rambut, lalu rambut akan diuapi (baik dengan mesin maupun membungkus rambut yang sudah dibasahi dengan handuk hangat) untuk membuka pori-pori kulit kepala. Dengan ini, nutrisi dalam krim dapat terserap maksimal ke dalam kulit kepala. 
  5. Diamkan selama 10 menit. Sambil menunggu, area tubuh lainnya, seperti leher hingga tangan, dapat dipijat guna melancarkan sirkulasi darah. 
  6. Setelah 10 menit, gerai rambut yang sudah diuap, lalu bilas menggunakan sampo dan air biasa atau air hangat, bila perlu.
Temukan berbagai produk vitamin rambut di toko online SehatQ

Seberapa sering boleh melakukan creambath rambut?

Pada dasarnya, belum ada rekomendasi pasti mengenai seberapa sering harus melakukan creambath rambut. Idealnya, Anda dapat melakukan creambath rambut setiap 15 hari sekali atau 1 bulan sekali. Namun, orang yang sering bekerja atau berkegiatan di bawah terik sinar matahari diperbolehkan untuk melakukan creambath 2-3 kali dalam sebulan.

Apa perbedaan creambath dan hair spa?

Sebenarnya, perawatan rambut creambath hanya ada di Indonesia. Di negara lain, creambath rambut dikenal dengan hair spaMeski tampak serupa, ada perbedaan creambath dan hair spa yang cukup signifikan, lho. Perbedaan creambath dan hair spa terletak pada prosesnya. Pada proses hair spa, krim rambut yang diberikan juga akan ditambahi vitamin atau serum guna menutrisi rambut sampai ke akarnya. Selain itu, tidak banyak pijatan yang diberikan pada hair spa. Proses penguapan rambut pun biasanya tidak ada untuk hair spaKalaupun ada, penguapan rambut akan menggunakan handuk tipis dan bersih yang telah dibasahi oleh air hangat, bukan mesin. Jenis perawatan hair spa cocok buat kamu yang memiliki rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, serta rambut rusak yang kerap terpapar dengan zat kimia dari penggunaan alat atau perawatan rambut tertentu.

Apa perbedaan creambath dan masker rambut (hair mask)?

Buat kamu yang memiliki rambut rusak, masker rambut atau hair mask mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk dilakukan. Perbedaan creambath dan masker rambut terletak pada prosesnya. Setelah rambut dicuci menggunakan sampo, krim masker rambut akan dioleskan pada ujung-ujung rambut. Biasanya, krim masker rambut mengandung bahan-bahan alami yang baik untuk rambut rusak, seperti ginseng.Pijatan pada kulit kepala serta penguapan rambut juga menjadi perbedaan creambath dan masker rambut. Sebab pada masker rambut, proses pemijatan dan penguapan rambut tidak ada. Memijat kulit kepala dan menguapi rambut bisa berisiko membuat rambut semakin rusak. Bagi Anda yang kerap mewarnai rambut atau sering melakukan pelurusan atau pengeritingan rambut, tak ada salahnya untuk rutin melakukan masker rambut 2 kali dalam sebulan. Creambath rambut menjadi jenis perawatan rambut dan kulit kepala yang cukup populer. Anda bisa melakukan creambath di salon kecantikan atau di rumah. Pastikan Anda menggunakan krim creambath berdasarkan masalah rambut yang Anda alami. Dengan ini, rambut sehat, indah, dan berkilau yang Anda inginkan pun dapat tercapai. Jika ingin tahu lebih lanjut seputar berbagai perawatan rambut dan mana yang lebih sehat untuk rambut kamu, yuk konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut rontokrambut kering
Indo Indian. https://www.indoindians.com/creambath-is-indonesian-version-of-hair-spa/
Diakses pada 10 Maret 2020
Republika. https://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/03/07/mj9ijl-creambath-hair-spa-masker-rambut-mana-yang-pas
Diakses pada 10 Maret 2020
Wolipop Detik. https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-2218276/manfaat-creambath-lembabkan-rambut-hingga-lancarkan-peredaran-darah
Diakses pada 10 Maret 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/hair-spa#how-many-times-a-month-should-you-get-a-hair-spa-done
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait