Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terapi mengonsumsi madu sebelum berhubungan seks terbukti meningkatkan kesuburan
Mengonsumsi madu setiap hari berguna untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam menyuburkan kandungan

Mustahil jika masalah kesuburan tidak menjadi perhatian pasangan yang telah menikah dan ingin memiliki keturunan. Apabila dua garis pada alat tes kehamilan tidak kunjung terlihat, segala upaya boleh saja dicoba, termasuk mencoba mengonsumsi madu penyubur kandungan, cara alami yang efektif.

Tapi sebelumnya, perlu digarisbawahi bahwa diet dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat berkontribusi pada 69% kesuburan suami dan istri. Tentu saja selain madu penyubur kandungan, ada banyak cara alami lain untuk menyuburkan kandungan.

Tak hanya kandungan atau dari pihak istri saja yang akan dibahas kali ini. It takes two to tango. Artinya, kedua belah pihak baik suami maupun istri sama-sama perlu berusaha untuk dapat memiliki keturunan.

Madu penyubur kandungan

Pertama-tama, kita bahas dulu tentang madu penyubur kandungan. Bukan rahasia lagi bahwa kandungan madu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun apakah benar bahawa madu dapat menjadi penyubur kandungan?

Rasa penasaran yang sama menggerakkan para peneliti dari Sohag University di Mesir untuk melakukan riset selama dua bulan penuh.

Responden mereka adalah 99 pasangan yang mengalami masalah asthenozoospermia. Ini adalah kondisi kelainan sperma yang tidak bergerak atau berenang lambat ke arah sel telur.

Madu yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran madu lebah dan royal jelly khas Mesir. Satu kelompok diminta mengonsumsi madu dan royal jelly.

Sementara kelompok lainnya menjalani prosedur standar inseminasi intrauterine (IUI). Ini adalah teknik inseminasi buatan dengan meletakkan sperma di dalam rahim atau leher rahim ketika ovarium menghasilkan sel telur sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan.

Total ada 533 siklus yang diteliti dari seluruh responden. Hasilnya, ada 23 kehamilan dari kelompok yang menjajal madu penyubur kandungan, dan 7 kandungan dari kelompok yang menjalani prosedur inseminasi intrauterine.
Perbedaan ini perlu mendapatkan perhatian bahwa madu penyubur kandungan cukup efektif mengatasi masalah pasangan yang bermasalah dengan motilitas sperma.

Seakan mendukung hasil penelitian dari Mesir tersebut, Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition juga menemukan fakta bahwa terapi mengonsumsi bee pollen dan royal jelly sebelum berhubungan seksual terbukti meningkatkan kesuburan pasangan.

Namun tentu saja bagaimana madu penyubur kandungan bekerja bisa berbeda bagi setiap pasangan. Tapi terlepas dari itu, ada banyak sekali manfaat mengonsumsi madu bagi kesehatan tubuh, bahkan manfaat madu untuk wajah juga sayang untuk dilewatkan.

Cara agar cepat mendapatkan keturunan

Selain madu penyubur kesuburan, ada banyak cara lain yang bisa diupayakan agar bisa mendapatkan keturunan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mencapai berat badan ideal

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesuburan seseorang adalah berat badan, baik itu kekurangan atau kelebihan berat badan.

Seorang perempuan yang mengalami obesitas atau kelebihan lemak tersimpan dalam tubuh akan berpengaruh pada siklus menstruasi yang berantakan. Sebaliknya, terlalu kurus pun akan mengganggu proses mendapatkan keturunan.

2. Hitung masa subur

Ada banyak aplikasi kalkulator masa subur yang bisa membantu menghitung kapan masa ovulasi tiba. Umumnya, masa ovulasi ini terjadi pada hari ke-10 hingga ke-14 setelah hari pertama menstruasi. Perhitungkan momen ini untuk berhubungan seksual sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan.

Menurut salah satu influencer dunia parenting di Instagram @elizabeth.zenifer, dokter kandungannya menyebut hari ke-12, 14, 16, dan 18 sesudah menstruasi adalah masa paling subur, terlepas dari lama atau singkatnya siklus menstruasi seseorang.

3. Aktif berolahraga

Pilih olahraga yang paling Anda suka dan lakukan dengan rutin. Suka menjadi syarat utama karena dengan demikian Anda tidak merasa terpaksa untuk melakukannya. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan berolahraga karena justru dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang.

4. Konsumsi makanan antioksidan

Tentu tak hanya sang istri saja yang harus mengupayakan agar kandungan semakin subur. Sang suami juga perlu mengonsumsi makanan antioksidan untuk meningkatkan kesuburannya.

Beberapa jenis makanan antioksidan yang terbukti meningkatkan kesehatan sperma di antaranya daging merah, kepiting, buah-buahan seperti jeruk, kiwi, semangka dan tomat, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

5. Konsumsi makanan kaya serat

Serat dapat mengendalikan kelebihan hormon dan menjaga kadar gula dalam tubuh tetap seimbang. Artinya, makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran dapat memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan. Beberapa jenis makanan dengan serat tinggi dapat menghilangkan kelebihan hormon estrogen dalam tubuh.

6. Kurangi alkohol dan merokok

Konsumsi alkohol dan rokok dapat berpengaruh terhadap kesuburan pria dan wanita. Merokok juga berdampak signifikan bagi kualitas, motilitas, dan bentuk sperma seorang pria.

Tak hanya itu, perempuan yang terus menerus terpapar asap rokok bisa berdampak buruk bagi kesehatannya akibat thirdhand smoke. Thirdhand smoke adalah sisa nikotin dari asap rokok yang tertinggal di permukaan meja, kursi atau benda lainnya.

7. Hindari stres

Tanpa disadari, stres juga berpengaruh pada kesuburan seseorang. Ketika stres seseorang meningkat, kemungkinan hamil pun menurun karena ada perubahan hormon saat merasa stres.

Sumber terjadinya stres bisa beragam. Mulai dari stres akibat pekerjaan, kecemasan akan hal tertentu, hingga depresi bisa berpengaruh terhadap subur tidaknya seseorang.

Tidak terkecuali rasa stres yang mungkin muncul ketika merasa harus mendapatkan hasil tes kehamilan positif setiap bulannya. Hal ini membuat Anda berada dalam kondisi tertekan sepanjang waktu. Jadi, jangan ragu untuk mencari pertolongan atau bercerita kepada pasangan jika ada hal yang mengganjal.

8. Kurangi konsumsi kopi

Selalu memulai hari dengan secangkir kopi? Ada baiknya mencari alternatif yang lebih sehat karena kafein ternyata dapat berpengaruh buruk terhadap kesuburan wanita.

Menurut sebuah penelitian, seorang perempuan yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kafein setiap harinya perlu waktu 9,5 bulan lebih lama untuk bisa hamil.

Beberapa cara di atas dipercaya dapat membantu mendapatkan keturunan, dalam kaitannya dengan meningkatkan kesuburan wanita dan kualitas sperma pria. Tentunya, komunikasi dengan pasangan juga tak kalah penting dalam mengupayakan memiliki keturunan ini.

Ketika nanti berita baik yang ditunggu benar-benar menjadi kenyataan, selalu jaga kesehatan kehamilan Anda dengan mengonsumsi makanan penguat kandungan demi sang ibu dan janin yang dikandungnya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant#section12
Diakses 23 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18222449
Diakses 23 September 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/tips-to-increase-fertility-for-men-1959906
Diakses 23 September 2019

Wiley Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1439-0396.2010.01054.x
Diakses 23 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed