Rumah Belajar, Aplikasi Gratis untuk Anak yang Sekolah dari Rumah

Rumah belajar Kemdikbud menyediakan berbagai layanan pembelajaran dari rumah
Aplikasi rumah belajar bisa diakses dari komputer rumah

Perkembangan teknologi membuat orangtua memiliki banyak pilihan dalam mendampingi anak selama belajar di rumah. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah ‘Rumah Belajar’ yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia.

Rumah belajar merupakan portal gratis yang disediakan oleh pemerintah sebagai inovasi pembelajaran di era industri 4.0 alias pembelajaran online yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru. Prinsip rumah belajar adalah memberikan kesempatan pada anak-anak untuk belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Materi pembelajaran yang disediakan dapat digunakan oleh siswa/guru pendidikan anak usia dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Bukan hanya dalam bentuk teks, konten pembelajaran juga tesedia dalam bentuk gambar, animasi, video dan simulasi, serta buku digital.

Untuk mengakses konten ini, Anda dapat mengunduh aplikasi ‘Rumah Belajar’ di telepon pintar. Bagi Anda yang menggunakan laptop atau komputer personal, Anda juga bisa langsung mendatangi situs resmi Rumah Belajar yang dibuat oleh Kemdikbud.

Fitur apa saja yang terdapat di Rumah Belajar?

Ketika Anda masuk ke aplikasi atau situs Rumah Belajar, terdapat konten yang secara garis besar dibagi menjadi fitur utama dan fitur pendukung. Untuk fitur utama, terdapat delapan kelompok konten yang dapat diakses oleh guru maupun siswa, yaitu:

  • Bank soal

Fitur ini berisi kumpulan contoh soal dari SD hingga SMA, bahkan sekolah luar biasa (SLB) A hingga E. Lewat bank soal yang dapat diunduh gratis ini, anak-anak dapat melatih pemahamannya tentang materi pelajaran menjelang ulangan atau ujian.

  • Laboratorium maya

Laboratorium maya dapat digunakan oleh anak-anak maupun guru dalam melakukan percobaan yang biasa dilakukan di lab, namun kali ini dilakukan secara virtual (maya). Di fitur ini terdapat konten untuk mata pelajaran IPA dan matematika untuk siswa SMP dan SMA.

Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di fitur ini dapat diunduh oleh pengguna dengan melakukan login terlebih dahulu.

  • Peta budaya

Fitur pada Rumah Belajar ini menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia. Dengan demikian, anak-anak dapat mengetahui dan menghargai keragaman adat istiadat/budaya yang ada di Nusantara.

  • Wahana jelajah angkasa

Ketika mengakses fitur ini, anak-anak akan diperkenalkan dengan benda-benda angkasa, seperti rasi bintang dan sistem tata surya. Fitur ini juga dapat berinteraksi dengan anak, yakni lewat zoom in dan zoom out untuk memperlihatkan gambaran planet atau kondisi luar angkasa yang lebih rinci.

  • Kelas maya

Fitur kelas maya merupakan kegiatan pembelajaran secara online atau yang belakangan populer disebut sebagai e-learning. Tujuan fitur dalam Rumah Belajar ini ialah memberi kesempatan pada anak-anak untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

Fitur ini juga memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan peserta didik selama jam sekolah maupun di luar jadwal, misalnya saat pandemi Covid-19 ini. Syaratnya, guru dan siswa memiliki koneksi internet dan gawai, seperti komputer/laptop/notebook.

  • Sumber belajar

Pada fitur ini, Rumah Belajar menyediakan berbagai materi pembelajaran dari SD hingga SMA. Materi ini bisa berbentuk teks hingga video.

  • Buku sekolah elektronik

Rumah belajar juga menyediakan buku pelajaran SD hingga Perguruan Tinggi yang bisa diakses secara digital. Hanya saja, fitur ini baru tersedia jika Anda mengakses program ini melalui laptop atau komputer personal dan masuk ke situs Rumah Belajar di Kemdikbud

  • Pengembangan keprofesian berkelanjutan

Fitur dalam Rumah Belajar ini merupakan bentuk pelatihan atau workshop yang dilakukan secara online. Untuk mengikutinya, pengguna harus terlebih dahulu melakukan registrasi akun dan mendaftar ke pelatihan yang diminati serta menentukan lokasi terdekat.

Di luar fitur utama, Rumah Belajar juga menyediakan fitur tambahan, yaitu:

  • Karya guru
  • Karya komunitas
  • Karya bahasa dan sastra

Fitur tambahan memungkinkan guru atau komunitas untuk mengunggah karya terbaiknya dan berbagi informasi atau ilmu dengan komunitas atau orang lain. Namun untuk melakukannya, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun dan login di Rumah Belajar.

Cara mendaftarkan akun di Rumah Belajar

Sebagian besar fitur yang terdapat pada Rumah Belajar bisa diakses tanpa mengharuskan Anda mendaftarkan akun atau login. Namun bila Anda ingin mengunduh konten, memberi komen, atau ikut dalam kelas maya maupun pelatihan, memiliki akun di Rumah Belajar adalah wajib.

Ketika mendaftarkan akun, Anda dapat mengklik menu ‘Daftar’ pada sisi kanan atas situs Rumah Belajar Kemdikbud. Selanjutnya, pilih peran sebagai guru atau siswa, lalu isi biodata sesuai kolom yang disediakan, seperti nama depan dan nama belakang, nomor induk siswa atau nomor KTP, alamat, dan lain-lain.

Anda juga akan diminta untuk membuat username dan password serta mencantumkan alamat e-mail. Username dan password inilah yang akan Anda gunakan untuk login (masuk) di kemudian hari.

Mudah, kan?

Kemdikbud. https://belajar.kemdikbud.go.id/
Diakses pada 18 Juni 2020

Kemdikbud. https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/Home/About
Diakses pada 18 Juni 2020

Artikel Terkait