Ruam Atau Infeksi Jamur? Ini Cara Mengobati Iritasi pada Kemaluan Bayi Perempuan


Kemaluan bayi harus mendapat perawatan sekaligus perhatian ekstra agar tidak mengalami infeksi. Penyebab paling umum adalah ruam popok dan infeksi jamur. Ini pula yang membedakan cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan.

(0)
11 Apr 2021|Azelia Trifiana
Pastikan kemaluannya bersih setelah mengganti popok agar tak iritasiPastikan kemaluannya bersih setelah mengganti popok agar tak iritasi
Kemaluan bayi harus mendapat perawatan sekaligus perhatian ekstra agar tidak mengalami infeksi. Penyebab paling umum adalah ruam popok dan infeksi jamur. Ini pula yang membedakan cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan.Bukan hanya itu, ada pula kemungkinan terjadinya iritasi karena terlalu lama terpapar urine dan feses. Terlebih, bayi masih terus menerus mengenakan popok sehingga kulitnya menjadi lembap.

Ruam popok vs infeksi jamur

Ciri-ciri utama ruam popok adalah kulit di bokong dan area kelamin menjadi kemerahan. Durasi mengganti popok yang terlalu lama hingga ukuran popok terlalu kecil bisa memicu terjadinya ruam popok.Pada kasus yang juga umum, kulit bayi juga masih sensitif sehingga bisa saja tidak cocok terkena gesekan terus menerus dengan popok.Di sisi lain, ada pula kemungkinan iritasi terjadi karena infeksi jamur. Ternyata, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami hal itu. Terlebih bayi atau anak-anak masih sulit menyampaikan dengan jelas apa yang mereka rasakan di area kelamin, sehingga kedua penyebab iritasi ini kerap disalahartikan.Lebih jauh lagi, infeksi jamur bisa terjadi ketika durasi pemakaian popok terlalu lama. Padahal, area vagina sudah terlalu lembap. Bahkan, infeksi jamur Candida ini juga bisa terjadi saat anak sedang berada di proses potty training.Beberapa hal yang paling mudah menjadi pembeda ruam popok dan infeksi jamur adalah:
  • Tidak membaik setelah diberi krim ruam popok
  • Iritasi terjadi di area depan dan simetris kedua sisinya
  • Iritasi terjadi di area kulit yang saling bersentuhan (paha dalam atau lipatan)
  • Infeksi jamur terlihat berwarna sangat merah dengan benjolan di pinggirnya

Cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan

Ketika akan mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan, prinsipnya semakin sedikit produk kimia yang terkena kulit, tentu semakin baik. Less is more. Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu wangi, termasuk deterjen dan pewangi pakaian.Untuk ruam popok, Anda bisa mengaplikasikan krim yang mengandung zinc untuk meredakan iritasi. Krim semacam ini juga dapat melindungi kulit dari kontak langsung dengan feses atau iritan lainnya.Sementara untuk infeksi jamur pada anak-anak, cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat.Dokter akan meresepkan krim antijamur yang bisa diaplikasikan langsung ke area yang mengalami iritasi.Umumnya, infeksi jamur akan sembuh dalam waktu 2 minggu sejak mulai penanganan. Namun, tetap saja besar kemungkinan kembali terulang.

Mencegah infeksi jamur pada anak-anak

membersihkan kemaluan bayi
Bersihkan area kelamin dengan baik untuk mencegah timbulnya jamur
Terkait infeksi jamur, ada baiknya orangtua paham betul apa langkah pencegahan yang tepat. Salah satunya adalah dengan tidak berlebihan mengonsumsi antibiotik kecuali benar-benar diperlukan.Alasannya karena frekuensi mengonsumsi antibiotik yang tinggi dapat membunuh bakteri baik yang melindungi dari infeksi jamur.Jangan lupakan pula pentingnya selalu mengganti popok setiap 4-6 jam sekali. Menjaga area kelaminnya tetap kering juga krusial demi mencegah infeksi jamur, utamanya di malam hari.Anda juga bisa sesekali memberi jeda agar kulit mereka bernapas di antara waktu pergantian popok. Ketika nanti anak tidak lagi memakai popok, biasanya risiko terkena infeksi jamur pun berkurang.

Catatan dari SehatQ

Baik iritasi karena ruam popok maupun infeksi jamur, jangan pernah memberikan bedak bayi di area kelamin. Bahkan, sangat tidak disarankan menggunakan bedak karena rentan terhirup dan membahayakan paru-paru si kecil.Ada pula mitos penggunaan tepung maizena untuk mengatasi iritasi. Ini juga berbahaya karena bisa terhirup dan menyebabkan iritasi pada paru-paru. Lebih parahnya lagi, tepung ini juga bisa memperburuk ruam popok akibat jamur Candida.Ketimbang mencoba-coba mitos seputar cara mengatasi iritasi kelamin bayi perempuan, ada baiknya bertanya langsung pada ahlinya. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar iritasi pada bayi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiibu dan anakruam popok
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 27 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/toddler-yeast-infection#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 27 Maret 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/yeast-infection.html
Diakses pada 27 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait