Ribuan Orang Sudah Lolos Syarat Relawan Vaksin Corona untuk Uji Coba Klinis, Bagaimana Perkembangannya Kini?

(0)
Syarat relawan vaksin corona buatan Sinovac di antaranya dalam kondisi sehat dan berdomisili di BandungUji coba vaksin corona buatan Sinovac fase ketiga sudah dilakukan sejak Agustus lalu
Perkembangan vaksin corona seolah menjadi angin segar yang berhembus di tengah pandemi Covid-19. Tak ayal jika produsen vaksin Covid-19 sempat mengumumkan syarat relawan vaksin corona beberapa waktu lalu untuk melakukan uji coba terhadap produknya.Di Indonesia sendiri, vaksin Sinovac asal Tiongkok sudah memasuki tahap uji coba klinis dan uji coba pada manusia.Uji coba vaksin corona fase III pun sudah mulai dilakukan pada Agustus lalu atas kerja sama Biofarma dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Di mana tempat uji coba vaksin corona di Indonesia dilakukan?

Tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Bio Farma dan Sinovac telah membuka syarat relawan vaksin corona Indonesia untuk uji klinis fase III pada akhir Juli hingga akhir Agustus yang lalu.Uji klinis fase ketiga ini melibatkan jauh lebih banyak orang dengan waktu pengamatan yang juga jauh lebih lama.Mengingat uji klinis vaksin Sinovac (CoronaVac) dilakukan atas kerja sama Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, maka tempat uji coba vaksin corona ini dilakukan di Bandung, Jawa Barat.Itu artinya, peserta uji coba vaksin corona Sinovac harus berdomisili di Bandung dan tidak berencana keluar dari lokasi penelitian sebelum penelitian selesai dilakukan.Ada pun uji klinis vaksin Covid-19 fase III ini dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran, Kampus Universitas Padjadjaran Dipati Ukur, serta 4 puskesmas di Kota Bandung, Jawa Barat.

Syarat relawan vaksin corona untuk uji coba di Indonesia

Syarat relawan vaksin corona adalah dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi Covid-19
Syarat relawan vaksin corona harus dalam kondisi sehat
Mengutip dari laman resmi Universitas Padjajaran, ada beberapa syarat relawan vaksin corona untuk uji coba yang setidaknya telah dipenuhi oleh ribuan orang peserta.Untuk mendapatkan relawan tersebut, tim uji klinis mengaku menghadapi sejumlah kendala.Sebab, ternyata tak sedikit pendaftar yang tidak memenuhi syarat relawan vaksin corona untuk uji coba. Sekitar 10 persen pendaftar yang gagal sebagian besar karena memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.Syarat relawan vaksin corona yang memenuhi kriteria bisa didapat melalui pemeriksaan fisik dan wawancara.Berikut adalah syarat relawan vaksin corona selengkapnya:
  1. Orang dewasa berusia 18-59 tahun yang dinyatakan sehat. Ia juga senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan melakukan jaga jarak fisik maupun sosial selama pandemi Covid-19 berlangsung.
  2. Peserta dinyatakan tidak memiliki riwayat terinfeksi positif Covid-19. Ia juga melakukan rapid test dan swab test gratis untuk mengetahui apakah sedang atau pernah terinfeksi Covid-19 atau tidak.
  3. Kondisi kesehatan peserta yang dibuktikan dengan tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat. Peserta juga tidak memiliki riwayat penyakit asma dan alergi terhadap vaksin.
  4. Peserta tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, epilepsi, atau penyakit gangguan saraf lainnya.
  5. Peserta tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan darah, penyakit infeksi lain dan demam, serta riwayat penyakit gangguan sistem imun.
  6. Suhu tubuh peserta tidak boleh melebih 37,5 derajat Celsius.
  7. Peserta bukan wanita hamil atau berencana hamil selama periode penelitian, serta tidak sedang menyusui.
  8. Peserta tidak sedang mengikuti atau diikutsertakan dalam uji coba vaksin corona lain.
  9. Peserta tidak mendapat imunisasi apa pun dalam waktu satu bulan ke belakang atau akan menerima vaksin dalam waktu satu bulan ke depan.
  10. Peserta berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat, dan tidak berencana pindah dari lokasi penelitian sebelum penelitian selesai dilaksanakan.
  11. Dalam kurun waktu 14 hari sebelum dimulainya penelitian, peserta tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien terinfeksi Covid-19, tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien yang menunjukkan demam atau gejala infeksi saluran pernapasan yang berdomisili di daerah atau komunitas yang terdampak Covid-19.
  12. Memiliki dua atau lebih kasus demam dan atau gejala infeksi saluran pernapasan di daerah lingkup kecil, seperti rumah, kantor, dan sekolah.
Selain itu, syarat relawan vaksin corona juga dilengkapi dengan pemantauan oleh petugas penelitian secara berkala selama penelitian berlangsung, atau sekitar 6 bulan setelah pemberian vaksin corona terakhir.Menurut Ketua Tim Riset Uji Coba Klinis Vaksin Covid-19 Unpad Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr., Sp.A(K), M.M., seluruh relawan vaksin corona dilindungi oleh asuransi kesehatan.

Cara mendaftar relawan vaksin corona untuk uji coba klinis

Orang-orang yang telah memenuhi syarat relawan vaksin corona di atas kemudian melakukan pendaftaran. Pendaftaran sudah dibuka pada 27 Juli hingga 31 Agustus 2020 yang lalu.Cara mendaftar relawan vaksin corona untuk uji klinis fase III ini menghubungi Clinical Research Unit Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Hasan Sadikin, Bandung.Relawan vaksin corona juga dapat menghubungi nomor telepon 022-203-4471 atau mengirim pesan via WhatsApp ke nomor 08112214235.

Perkembangan terkini relawan yang ikut uji coba vaksin Sinovac di Indonesia

Uji coba vaksin corona Sinovac sudah mulai dilakukan pada Agustus yang lalu.Namun, pada proses pelaksanaannya, tidak semua peserta mendapat suntikan vaksin corona.Pasalnya, sebanyak 50% atau sekitar 540 orang mendapat suntikan vaksin, sedangkan sisanya akan mendapat cairan plasebo.Plasebo adalah sejenis obat kosong yang tidak mengandung zat aktif dan tidak dapat memberikan efek apa pun terhadap kesehatan. Selain pil, plasebo bisa berbentuk suntikan.Penentuan pemberian vaksin atau plasebo dilakukan secara acak pada relawan. Menurut Prof Kusnandi, alasan pemberian vaksin dan plasebo ini dilakukan untuk membandingkan tingkat keamanan hingga tingkat imunogenitasnya.
Orang-orang yang memenuhi syarat relawan vaksin corona akan dipantau kondisi kesehatannya sampai tahun depan
Relawan vaksin corona akan disuntikkan vaksin Covid-19 dan obat plasebo
Mengutip dari laman Kompas, proses penyuntikkan vaksin Sinovac sendiri dilakukan secara bergelombang.Untuk gelombang pertama, penyuntikkan vaksin telah dilakukan oleh tim uji klinis vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) kepada 110 relawan pada 11-15 Agustus lalu atau minggu kedua bulan Agustus yang lalu.Kemudian, proses penyuntikan vaksin berikutnya digelar pada minggu ketiga dan keempat bulan Agustus, masing-masing dilakukan pada 114 orang relawan.
orang-orang yang memenuhi syarat relawan vaksin corona sudah menjalani penelitian sejak Agustus
Tidak ditemukan efek samping berarti pada relawan setelah penyuntikkan uji coba vaksin kloter pertama
Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad, Eddy Fadlyana, mengungkapkan bahwa dari kloter pertama penyuntikkan vaksin corona tidak ditemukan efek samping serius pada relawan.Seorang relawan mengaku merasakan efek samping, seperti pusing dan merasa tidak enak badan. Sementara, pada relawan lainnya yang telah disuntikkan vaksin tidak merasakan keluhan apa pun.Gelombang kedua penyuntikkan vaksin corona ini akan dilakukan pada akhir Oktober. Pada kloter kedua, akan ada kurang lebih 150 orang relawan vaksin corona buatan Sinovac yang akan disuntik.Eddy pun menyebutkan bahwa hasil uji coba vaksin corona buatan Sinovac mungkin mulai dapat dilihat pada Oktober.Sementara, orang-orang yang telah memenuhi syarat relawan vaksin corona buatan Sinovac masih akan dilakukan penyuntikkan vaksin dan pemantauan terus dilakukan hingga pekan ketiga bulan Desember dengan total kurang lebih 1.620 orang relawan. 
Perlu dipahami, perkembangan vaksin Covid-19 masih berada dalam masa uji coba vaksin corona.Jadi, pastikan Anda selalu melakukan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat berada di luar rumah, rajin cuci tangan, jaga jarak aman, dan menjaga daya tahan tubuh dengan baik.Jika Anda masih ingin berdiskusi lebih lanjut seputar virus corona, silakan berkonsultasi langsung dengan tim dokter kami.Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut soal perkembangan vaksin corona lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
coronavirusvaksin corona
Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2020/07/disetujui-komite-etik-pendaftaran-peserta-uji-klinis-vaksin-covid-19-dibuka/
Diakses pada 6 Oktober 2020
Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2020/08/uji-klinis-vaksin-covid-19-akan-dilakukan-11-agustus/
Diakses pada 6 Oktober 2020
Web Md. https://www.webmd.com/pain-management/what-is-the-placebo-effect#1
Diakses pada 6 Oktober 2020
World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2020/03/vaccine-covid-19-coronavirus-pandemic-healthcare
Diakses pada 6 Oktober 2020
Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/08/113100465/hasil-uji-vaksin-corona-sinovac-diklaim-aman-tapi-lemah-pada-lansia?page=all
Diakses pada 6 Oktober 2020
Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/21/142444165/perkembangan-terkini-uji-klinis-vaksin-corona-di-bandung?page=all#page2
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait