Retinoid, Penangkal Kerutan yang Terbuat dari Komponen Vitamin A

(0)
01 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Retinoid merupakan turunan vitamin A yang dikenal ampuh atasi kerutanRetinoid merupakan turunan vitamin A yang dikenal ampuh atasi kerutan
Kerutan merupakan salah satu momok bagi banyak orang. Untuk memerangi atau mencegah terbentuknya kerutan, beragam produk skincare pun banyak diburu. Salah satu kandungan yang patut dicoba untuk mengurangi kerutan adalah retinoid, yang diturunkan dari vitamin A. Retinoid pun ada beragam jenisnya, dengan kekuatan yang berbeda pula. Ketahui lebih jauh mengenai retinoid di artikel ini.

Apa itu retinoid?

Retinoid adalah kelompok turunan vitamin A yang menjadi kandungan dalam berbagai produk perawatan kulit. Bahan ini bekerja dengan menetralkan radikal bebas di kulit yang sering menjadi ‘perusak’ kolagen. Tak hanya itu, retinoid pun membantu merangsang produksi kolagen, sehingga memiliki kemampuan untuk mengatasi kerutan agar tampak lebih muda.Retinoid pertama kali disetujui penggunaanya untuk jerawat pada tahun 1971. Sejak saat itu, retinoid sangat digandrungi skincare junkie karena diyakini membantu mengatasi banyak masalah kulit – terutama kerutan.Ada beragam jenis retinoid yang digunakan untuk mengatasi kerutan dan masalah kulit lain. Beberapa produk bahkan dijual secara bebas. Namun, untuk retinoid dengan kekuatan yang lebih ‘super’, Anda harus mendapatkannya dari dokter.

Manfaat retinoid untuk kulit dan kecantikan, tak hanya untuk kerutan saja

Retinoid diyakini memiliki manfaat untuk mengatasi banyak masalah kulit. Beberapa manfaat retinoid, termasuk:

1. Mengurangi kerutan

Manfaat retinoid yang paling paten adalah mengurangi penampakan kerutan. Tretinoin, yang hanya didapatkan dari resep dokter, merupakan jenis retinoid pertama yang disetujui untuk mengatasi kerutan di kulit.Tretinoin bekerja dengan merangsang produksi kolagen serta mengontrol pembuluh darah baru di kulit – agar kulit terlihat cerah. Retinoid juga membantu mengurangi penampakan bintik usia, mengurangi bintik prakanker, dan mencegah kerusakan berlanjut akibat sinar ultraviolet.Walau terlihat ‘ajaib’, tretinoin membutuhkan ketelatenan yang tinggi dengan durasi efektivitas yang cukup lama, yakni 3-6 bulan. Hasil terbaik bisa dinikmati setelah 6-12 bulan pemakaian.

2. Memerangi jerawat

Retinoid dilaporkan membantu mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan sedang hingga berat. Turunan vitamin A ini membantu membuka penyumbatan pori-pori kulit, sehingga kandungan dalam produk lain bisa bekerja lebih optimal.Retinoid juga membantu melawan jerawat dengan mencegah agar sel kulit mati tak menyumbat pori-pori. Kandungan ini juga diyakini membantu mengurangi pembentukan bekas jerawat.

3. Meredakan psoriasis

Selain untuk jerawat dan kerutan, retinoid juga dilaporkan membantu mengatasi psoriasis. Psoriasis merupakan masalah kulit kronis yang ditandai dengan kulit terlihat bersisik dan kemerahan. Dokter biasanya memberikan krim retinoid yang dikombinasikan dengan steroid.

4. Mengatasi kutil

Manfaat menakjubkan lain dari retinoid adalah kemampuannya untuk atasi kutil. Dokter mungkin akan meresepkan retinoid apabila treatment lain tidak efektif menangani kondisi kulit ini.Retinoid bekerja dengan mengganggu pertumbuhan sel kutil di kulit. Bahan ini berpotensi paling efektif untuk menangani kutil datar yang tumbuh di bagian punggung tanganRetinoid juga memiliki potensi untuk memperbaiki tekstur kulit, tingkat hidrasi kulit, rona kulit, hingga pigmentasi secara keseluruhan.

Jenis retinoid yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang diungkapkan di atas, retinoid memiliki beberapa jenis yang level kekuatannya berbeda. Jenis retinoid, termasuk:
  • Retinyl palmitate: Merupakan jenis retinoid yang kekuatannya paling rendah. Retinyl palmitate mungkin bisa dipertimbangkan apabila Anda memiliki kulit sensitif atau kering.
  • Retinaldehyde: Merupakan jenis retinoid yang sedikit lebih kuat dibandingkan retinyl palmitate.
  • Retinol: Jenis retinoid ini bisa ditemukan dalam produk perawatan kulit yang dijual bebas.
  • Tretinoin: Merupakan jenis retinoid yang cukup ampuh dan tersedia hanya dari resep dokter.
  • Tazarotene: Merupakan jenis retinoid yang paling powerful, dan tersedia hanya dari resep dokter.

Tips menggunakan retinoid untuk meminimalkan efek sampingnya

Layaknya kandungan skincare lain, retinoid juga memiliki potensi efek samping. Beberapa efek samping tersebut termasuk kekeringan dan iritasi pada kulit, terutama pada pemakaian pertama. Turunan vitamin A ini juga berisiko menimbulkan sunburn pada kulit, sehingga penggunaan sunscreen akan diwajibkan dokter.Untuk meminimalkan efek samping dari retinoid, tips berikut ini bisa diterapkan dalam aplikasinya:
  • Lakukan tes patch kulit sebelum menerapkan produk baru, termasuk produk dengan retinoid sebagai kandungan aktifnya
  • Perkenalkan hanya satu produk baru pada kulit dan tunggu dua hingga tiga minggu, sebelum menambahkan produk baru lain ke ritual skincare Anda.
  • Untuk penggunaan awal, retinoid bisa diaplikasikan sekali dalam dua hari. Setelah dua minggu, barulah Anda bisa menyesuaikan penggunanya
  • Mulailah dengan konsentrasi retinoid yang lebih rendah terlebih dahulu
  • Kenakan tabir surya setiap hari

Catatan dari SehatQ

Retinoid adalah turunan vitamin A yang menjadi kandungan dalam produk perawatan kulit. Kandungan ini paling populer untuk mengatasi kerutan. Namun, retinoid juga memiliki efek positif untuk mengatasi jerawat, psoriasis, bahkan kutil.
perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/retinoids-for-wrinkles
Diakses pada 19 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/psoriasis
Diakses pada 19 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/retinoid-gel-and-cream-treatments
Diakses pada 19 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait