Resistance Training, Latihan untuk Memperkuat Otot dan Meningkatkan Ketahanan

0,0
07 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Resistance training adalah jenis olahraga yang baik untuk turunkan berat badan.Resistance training adalah jenis olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan fisik.
Ingin memperkuat otot dan meningkatkan stamina tubuh? Resistance training bisa jadi pilihan Anda.Resistance training adalah jenis olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan fisik. Jenis latihan ini juga dikenal dengan sebutan strength training atau weight training.

Apa itu resistance training?

Segala jenis olahraga yang mengharuskan Anda untuk menarik, mendorong, atau bekerja menghadapi resistensi yang diberikan suatu objek dianggap sebagai resistance training.Selama mengikuti resistance training, Anda akan menggerakkan anggota tubuh untuk melawan resistensi yang diberikan oleh berat badan, gravitasi, barbel, karet olahraga (exercise band), hingga berbagai alat olahraga di gym.Resistance training akan menuntut Anda untuk 'melawan' resistensi ini sehingga gerakan-gerakannya dapat terasa sulit dilakukan. Namun, latihan ini bisa membuat kekuatan otot dan ketahanan tubuh meningkat.Fungsi utama dari resistance training adalah menyebabkan kerusakan mikroskopis atau robekan pada sel-sel otot, yang kemudian akan diperbaiki dengan cepat oleh tubuh supaya beregenerasi dan tumbuh lebih kuat.Kerusakan pada otot ini disebut sebagai katabolisme, dan perbaikan serta pertumbuhan jaringan otot itu disebut anabolisme.

Beraneka jenis resistance training yang dapat dicoba

Terdapat banyak jenis resistance training yang dapat dicoba, di antaranya:
  • Berat badan

Ada banyak gerakan resistance training yang menggunakan berat badan Anda sebagai resistensinya, misalnya push-up, sit-up, hingga squat. Jenis resistance training ini dapat dilakukan di mana saja tanpa alat apa pun.
  • Karet resistensi

Pernah melihat video olahraga di mana orang-orang menarik-narik karet? Karet tersebut adalah resistance band atau exercise band.Resistance band dapat memberikan resistensi untuk memperkuat otot Anda. Sebab, saat karet ditarik, akan ada 'perlawanan' yang diberikan sehingga Anda harus menariknya dengan kuat. Hasilnya, otot Anda dapat semakin terlatih.
  • Alat olahraga di gym

Berbagai macam alat olahraga di gym juga dianggap sebagai resistance training. Umumnya, alat olahraga ini dilengkapi dengan kursi dan gagang yang bisa Anda pegang untuk menarik dan mendorong benda berat atau hidrolik.
  • Mengangkat beban berat

Beban berat atau free weight juga masuk dalam golongan resistance training, misalnya menggunakan barbel atau kettlebell. Dengan mengangkat benda berat ini, otot-otot dapat terlatih dan semakin kuat.

Manfaat resistance training yang tidak boleh diremehkan

Sama seperti jenis olahraga lainnya, resistance training memiliki manfaat yang tidak boleh diremehkan. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan ini.
  • Meningkatnya kekuatan dan tonus otot sehingga persendian terhindar dari cedera
  • Menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh sehingga postur tubuh terjaga hingga lanjut usia
  • Berat badan terjaga dan lemak di tubuh terbakar
  • Meredakan atau mencegah penurunan fungsi kognitif pada lansia
  • Meningkatkan stamina tubuh sehingga Anda tidak mudah lelah
  • Mencegah dan mengontrol kondisi medis kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, arthritis, nyeri punggung, depresi, hingga obesitas
  • Mengontrol rasa nyeri pada tubuh
  • Meningkatkan mobilitas tubuh
  • Meningkatkan postur tubuh
  • Menurunkan risiko cedera
  • Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang sehingga risiko osteoporosis dapat diturunkan
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia
  • Meningkatnya harga diri
  • Meningkatnya performa fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Menurut sebuah riset, manfaat resistance training juga bisa meningkatkan kecepatan Anda saat berjalan, menurunkan lemak di perut, dan membantu Anda untuk mengontrol gerakan tubuh.

Catatan dari SehatQ

Pada awalnya, berbagai gerakan resistance training dapat terasa sulit dipraktikkan, terutama jika Anda belum pernah melakukannya. Namun, setelah beberapa minggu, biasanya Anda dapat merasakan perbedaannya.Jika memang Anda ingin menyehatkan tubuh dan meningkatkan kualitas kehidupan seiring bertambahnya usia, cobalah lakukan resistance training secara rutin untuk menikmati manfaatnya.Ingin bertanya seputar kesehatan dengan dokter secara gratis? Jangan ragu untuk langsung bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahragahidup sehat
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-resistance-training-3496094#citation-1
Diakses pada 21 April 2021
Better Health Vic. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/resistance-training-health-benefits
Diakses pada 21 April 2021
eMedicine Health. https://www.emedicinehealth.com/strength_training/article_em.htm
Diakses pada 21 April 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait