Resep Masakan Ikan Sehat: Salmon Panggang dengan Mie dan Bayam

Salah satu contoh resep masakan ikan yang menyehatkan adalah salmon panggang dengan bayam
Ilustrasi salmon panggang bersama mie dan bayam

Reputasi ikan sebagai makanan yang sehat tentu tidak diragukan lagi. Jika Anda ingin mengonsumsi ikan tanpa rasa bosan, Anda perlu mengetahui ragam resep masakan ikan yang sehat dan menarik.

Salah satu resep masakan ikan yang masuk dalam kategori tersebut adalah salmon panggang dengan mie dan bayam ini. Selain lezat dan enak dipandang, masakan ikan ini juga sangat menyehatkan karena nutrisi dari salmon dan bayam yang melimpah

Resep masakan ikan sehat: salmon panggang dengan mie dan bayam

Berikut adalah bahan yang dibutuhkan sekaligus cara membuat hidangan salmon panggang dengan mie dan bayam 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram mie telor
  • 400 gram ikan salmon segar
  • 2 sendok teh minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang besar (prei)
  • 1/3 cangkir tepung serbaguna
  • 400 ml susu
  • 1 sendok teh adas kering
  • Lada hitam dan garam secukupnya
  • 2 sendok makan mustard
  • 2 genggam bayam.

Cara membuat:

  • Sambil memasak mie, panaskan oven 180 derajat celcius
  • Tumis daun bawang besar dan bawang putih hingga harum
  • Tambahkan tepung serbaguna, aduk hingga tepung sedikit kecoklatan, lalu masukan susu secara perlahan
  • Setelah mendidih, kecilkan api dan aduk terus sampai mengental sekitar 10 menit
  • Masukan adas, garam, lada, dan mustard
  • Setelah itu, tambahkan bayam, mie yang sudah matang, dan salmon. Lalu, aduk hingga semua tercampur rata dan matikan api
  • Masukan campuran tersebut ke dalam loyang yang sudah disemprotkan minyak sayur
  • Kemudian panggang selama kurang lebih 20 menit
  • Sajikan dengan sedikit perasan jeruk lemon.

Sajian salmon panggang dengan mie ini mengandung 280 kalori, 10 gram lemak, 20 gram protein, 29 gram karbohidrat, dan ragam nutrisi lain yang diberikan oleh salmon dan bayam.

Manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan

Setiap ikan tentu memiliki kandungan gizinya masing-masing. Meski begitu, ikan umumnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang hampir sama. Berikut adalah manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan Anda:

1. Memberikan nutrisi penting untuk tubuh

Ikan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Mulai dari protein yang berkualitas tinggi hingga asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak.

Ikan yang disarankan dan dipercaya kaya akan nutrisi adalah jenis ikan berlemak, seperti ikan tuna, sarden, makarel, dan salmon.

Jenis ikan ini kaya akan asam omega-3 yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, membantu perkembangan dan pertumbuhan, menjaga fungsi otak dan tubuh, serta dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena beragam penyakit.

2. Membantu proses tumbuh kembang anak

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan merupakan nutrisi yang penting saat proses tumbuh kembang anak.

Ikan juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang berperan dalam perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, konsumsi ikan sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui.

Jika Anda takut dengan kandungan merkuri yang mungkin terdapat di dalam beberapa jenis ikan, konsumsilah ikan yang rendah kadar merkurinya. Jenis ikan yang bisa menjadi pilihan Anda adalah sarden dan salmon. Pastikan Anda mengonsumsi ikan tersebut tidak lebih dari 300 gram per minggu. 

3. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin D

Selain kaya akan asam lemak omega-3, ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Salah satu jenis ikan yang kaya akan vitamin D adalah ikan salmon.

Sekitar 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak setidaknya bisa memenuhi sekitar 110 persen kebutuhan harian vitamin D yang disarankan untuk Anda.

Tak hanya kaya akan vitamin D, salmon juga mengandung vitamin A, vitamin B, kalium, magnesium, zinc, selenium, dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Selain salmon, minyak ikan kod juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Minyak ikan ini bahkan bisa memenuhi lebih dari 200 persen dari asupan vitamin D harian yang disarankan.

Selain tiga manfaat di atas, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi ikan. Misalnya seperti membantu menurunkan risiko penyakit autoimun, meningkatkan kualitas tidur, mencegah serta mengatasi depresi, menurunkan risiko serangan jantung, hingga mencegah stroke.

Mengonsumsi ikan dapat memberikan beragam manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Jadi, cobalah untuk menyertakan resep masakan ikan ke dalam menu harian Anda. Atau setidaknya, cobalah untuk mengonsumsi ikan sekali atau dua kali seminggu.

Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/11-health-benefits-of-fish#section1
Diakses pada 21 April

Verywell Fit
https://www.verywellfit.com/salmon-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4106641#salmon-nutrition-facts
Diakses pada 21 April

Everyday Health
https://www.everydayhealth.com/recipes/salmon-and-spinach-noodle-bake/
Diakses pada 21 April

Artikel Terkait