Ramuan Jamu Asam Urat yang Ampuh dan Bisa Anda Coba

(0)
12 Sep 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jamu asam urat bisa dibuat dengan kayu manis dan kapulaga.Anda bisa membuat jamu asam urat sendiri di rumah.
Rasa senut-senut yang terasa saat asam urat kambuh biasanya mampu diredakan dengan konsumsi obat. Namun di Indonesia, ada beberapa tanaman herbal yang biasa diolah menjadi jamu asam urat dan juga dipercaya memiliki efek menyembuhkan.Asam urat terjadi ketika kandungan uric acid di dalam darah melebihi batas normal. Ketika kadar asam urik ini naik, jempol kaki akan bengkak yang diikuti rasa sakit di persendian bagian tertentu, seperti kaki, tumit, lutut, dan siku.Rasa sakit akibat asam urat biasanya terjadi pada malam hari dan memuncak dalam 12-14 jam kemudian. Meski rasa sakit ini bisa hilang sendiri kurang lebih dalam 2 minggu, tapi Anda bisa mencoba mengurangi intensitas nyerinya dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi jamu.

Jenis jamu asam urat dan cara membuatnya

Selain kayu manis, seledri juga bisa diolah jadi jamu asam urat.
Meski dipercaya secara turun-temurun, khasiat tanaman herbal yang digunakan dalam jamu asam urat belum pernah terbukti secara medis. Oleh karena itu, Anda tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum jamu ini, apalagi bila memiliki penyakit lain.Berikut ini beberapa jenis jamu asam urat yang dipercaya dapat meringankan gejala penyakit tersebut.

1. Jamu kayu manis

Seperti dilansir situs Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian RI, kayu manis diyakini bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Jadi, gejala seperti rasa nyeri di persendian Anda akan berkurang dengan mengonsumsi jamu kayu manis.Untuk membuat jamu asam urat ini, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah:
  • 1 ibu jari kayu manis
  • 5 gram biji pala
  • 5 butir kapulaga
  • 5 butir cengkeh
  • 10 butir merica
  • 15 gram jahe merah
Semua bahan tersebut kemudian direbus dengan 1.500 ml air hingga tersisa 500 ml saja. Jamu asam urat tersebut kemudian disaring lagi dan ditambahkan 200 ml susu cair. Selanjutnya, jamu siap dikonsumsi.Resep jamu asam urat lainnya dari bahan kayu manis adalah dengan menambahkan 4 lembar daun coscr bebek. Bahan-bahan ini direbus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Air rebusan kemudian disaring dan diminum.

2. Jamu seledri, daun sendok, dan cabe jawa

Masih menurut jurnal Litbang Kemenkes RI, tanaman herbal lainnya yang dapat dijadikan jamu asam urat ialah seledri, cabe jawa, dan daun sendok.Seledri (Avium graveolens) memiliki kandungan kimia flavonoid yang telah terbukti dapat menurunkan kadar asam urat dalam penelitian pada mencit (tikus kecil) sebagai hewan uji.Sementara itu, daun sendok (Plantago major) terbukti secara medis dapat bertindak sebagai inhibitor xanthine oxidase yang berperan dalam proses pembentukan asam urat.Terakhir, cabe jawa (Piper retrofractum) memiliki efek analgesik yang dapat digunakan dalam pengobatan hiperurisemia (asam urat).Untuk membuat jamu asam urat ini, bahan yang harus Anda siapkan adalah:
  • 5 gram cabe jawa
  • 3 gram seledri
  • 3 gram daun sendok
Ketiga bahan ini kemudian direbus bersama 400 ml air. Bila Anda menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat, rebuslah selama 15 menit. Setelah volume rebusan berkurang setengahnya, matikan api dan saring jamu asam urat, lalu langsung minum dalam keadaan hangat.

3. Jamu daun salam

Air rebusan daun salam juga kerap dianggap sebagai jamu asam urat yang ampuh mengurangi nyeri pada gejala kenaikan uric acid. Daun salam mengandung tanin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri yang mampu memperbanyak produksi urine (memberikan efek diuretik), sehingga menurunkan kadar asam urat darah.Anda cukup merebus daun salam dengan air mendidih selama 30 menit agar sari daun salam keluar ke air rebusan tersebut. Untuk merasakan manfaatnya, Anda harus menyesuaikan dosis minum jamu asam urat ini dengan berat badan, yakni 5 gram (ml)/kg berat badan.

Pengobatan asam urat dengan cara medis

Ibuprofen bisa digunakan untuk atasi nyeri akibat asam urat.
Jika minum jamu asam urat tidak membantu mengurangi rasa nyeri akibat naiknya kadar uric acid di dalam darah, hentikan penggunaannya dan periksakan kondisi Anda ke dokter. Secara medis, obat asam urat yang dapat mengatasi masalah Anda ialah:
  • Obat antiperadangan nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, dan celecoxib
  • Colchine, yang biasanya diberikan pada pasien asam urat dengan alergi NSAID
  • Probenecid, untuk memicu keluarnya urine sehingga kadar asam urat di dalam darah berkurang
  • Allupurinol dan febuxostat, untuk mengurangi kadar uric acid di dalam darah sekaligus mencegah asam
  • urat kambuh. Obat ini tidak boleh diminum saat terasa nyeri akibat asam urat
Sampaikan pada dokter jika Anda ingin minum jamu asam urat bersamaan dengan obat yang diresepkan dokter. Selalu ikuti anjuran dokter, termasuk makanan yang harus Anda hindari, agar asam urat tidak kambuh lagi.
asam uratherbaljamu
Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperuricemia
Diakses pada 30 Agustus 2020
Kementerian Pertanian RI. http://www.litbang.pertanian.go.id/tahukah-anda/35/
Diakses pada 30 Agustus 2020
Kementerian Kesehatan RI. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/toi/article/view/535/739
Diakses pada 30 Agustus 2020
Universitas Negeri Lampung. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/1045/840
Diakses pada 30 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait