Resah dan Gelisah? Ini Cara Menenangkan Hati yang Bisa Anda Lakukan

Cara menenangkan diri dapat dilakukan dengan mencari udara segar
Seseorang sedang melakukan meditasi di pinggir danau

Setiap orang pastinya pernah berada dalam keadaan sulit yang menyebabkan perasaan panik, khawatir dan stres berkumpul jadi satu. Biasanya kemunculan perasaan-perasaan tersebut disertai dengan jantung yang berdegup kencang. Dalam hal ini, penerapan cara menenangkan hati adalah kunci untuk mengatasinya.

Cara menenangkan hati

Sejumlah cara ini bisa Anda lakukan ketika kecemasan atau kepanikan sulit dikendalikan dan Anda tidak bisa tenang. Berikut adalah beberapa cara menenangkan hati yang dapat Anda coba supaya bisa tetap tenang meski dalam kondisi sulit.

1. Atur napas

Bernapas adalah cara menenangkan hati nomor satu dan paling efektif untuk mengurangi kepanikan dan kemarahan dengan cepat. Saat Anda cemas atau marah, Anda cenderung bernapas dengan cepat dan pendek.

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda tenang. Salah satunya adalah pernapasan tiga bagian. Penerapan teknik pernapasan ini mengharuskan Anda untuk mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya sambil merilekskan tubuh Anda.

Setelah Anda merasa nyaman dengan pernapasan dalam, Anda dapat mengubah rasio penarikan dan pembuangan napas menjadi 1: 2 atau memperlambat napas.

2. Hindari pikiran yang negatif

Salah satu bagian dari perasan cemas atau marah adalah memiliki pikiran irasional yang selalu tidak masuk akal. Pikiran-pikiran ini sering kali sifatnya negatif. Ketika Anda mengalami hal ini, berhentilah dan cobalah untuk berpikir panjang atas dampaknya sebelum melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Lepaskan penyebab rasa tidak tenang

Cara menenangkan hati lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melampiaskan perasaan Anda kepada hal-hal positif, misalnya dengan berolahraga. Melakukan berbagai aktivitas fisik dapat melepaskan serotonin untuk membantu Anda menjadi tenang dan merasa lebih baik. Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan meditasi atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

4. Visualisasikan diri Anda tenang

Cara yang satu ini mengharuskan Anda untuk berlatih teknik pernapasan yang telah Anda pelajari. Setelah menarik napas dalam-dalam, tutup mata dan bayangkan diri Anda tenang.

Bayangkan tubuh Anda santai dan diri Anda dapat melalui situasi yang menyebabkan stres atau kecemasan dengan tetap tenang dan fokus.

Dengan membuat gambaran mental tentang bagaimana rasanya tetap tenang, Anda dapat merujuk kembali ke visualisasi tersebut ketika Anda cemas.

5. Dengarkan musik

Setiap kali perasaan marah atau cemas meningkat, cobalah pasang headphone ke telinga dan dengarkan musik favorit Anda. Faktanya, mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran.

6. Ubah fokus Anda

Tinggalkan situasi atau penyebab perasaan tidak tenang. Cobalah lihat ke arah lain, keluar dari pemikiran negatif, atau keluar dari ruangan.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya Anda tetap dapat berpikir dengan jernih. Anda tidak disarankan untuk mengambil keputusan saat sedang marah atau cemas.   

7. Rilekskan tubuh

Ketika Anda cemas atau marah, perasaan tersebut bisa membuat setiap otot di tubuh Anda tegang. Berlatih relaksasi otot dapat membantu Anda menenangkan dan memusatkan diri.

Untuk melakukan ini, berbaringlah di lantai dengan tangan berada di samping. Pastikan kaki Anda tidak bersila dan tangan tidak mengepal. Mulailah dari jari kaki Anda dan katakan pada diri Anda untuk melepaskan perasaan negatif tersebut. Perlahan naik ke bagian tubuh hingga sampai pada kepala. Lakukan secara rutin dan berulang.

8. Buatlah tulisan

Ada sebagian orang yang saat marah sampai sulit untuk berbicara. Jika Anda juga mengalaminya, coba ambil jurnal dan tulis pemikiran Anda. Jangan khawatir tentang tata bahasa dan tanda bacanya, cukup tulis saja. Menulis membantu Anda menyingkirkan pikiran negatif.

9. Mencari udara segar

Suhu dan sirkulasi udara di suatu ruangan dapat meningkatkan kecemasan atau kemarahan Anda. Jika Anda merasa ruangan yang Anda tempati panas atau pengap, ini bisa memicu kepanikan dan perasaan tidak tenang.

Cobalah untuk pergi ke luar ruangan dan cari udara segar. Tidak hanya membantu menenangkan Anda, udara segar juga dapat menyingkirkan hambatan yang mengganggu proses berpikir saat cemas atau marah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan hati. Jika cara di atas tidak bisa membuat hati Anda tenang, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan masalah ini kepada psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-calm-down#1
Diakses pada 02 Juni 2020

Psychologicalhealthcare. https://www.psychologicalhealthcare.com.au/blog/keep-calm-pressure/
Diakses pada 02 Juni 2020

Wikihow. https://www.wikihow.com/Be-Calm-in-a-Stressful-Situation
Diakses pada 02 Juni 2020

Artikel Terkait